Free Update

Nikmati update cerita Catatan Bunda langsung di smartphone Anda. GRATIS ^_^

Cara Beli Tiket Murah Meski Tidak Sedang Promo, Bagaimana Tipsnya?

Cara beli tiket murah, bagaimana tipsnya?

Beberapa tahun yang lalu kita bisa dengan mudah menemukan tiket promo berharga sangat murah. Saking murahnya, dengan budget kurang dari Rp 200.000 seseorang bahkan bisa dapat tiket pesawat murah pulang pergi Medan-Jakarta dengan menggunakan pesawat sekelas Citilink. Dan kurang dari Rp 400.000 untuk rute Jakarta-Bali dengan menggunakan Air Asia.

Namun, cerita tersebut sudah lama berlalu. Sejak Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menetapkan aturan batas terendah penawaran tiket pesawat, sangat sulit untuk mendapatkan tiket di bawah Rp 800.000 bahkan saat promo sekalipun, rasanya hampir mustahil untuk mendapatkan tiket Jakarta-Bali dengan harga Rp 700.000.

Dan setelah masyarakat semakin banyak bepergian dengan menggunakan pesawat. Secara otomatis, maskapai penerbangan jadi makin jarang memberikan promo. Karena tanpa promo sekalipun, masyarakat sudah berbondong-bondong membeli tiket untuk bepergian karena dianggap lebih menyenangkan, cukup murah, pelayanan yang memuaskan, hingga waktu tempuh yang lebih singkat dibandingkan dengan transportasi lainnya.

Lalu, masih adakah cara beli tiket murah untuk bepergian ke berbagai destinasi? Simak informasi lengkapnya di bawah ini ya. Semoga memberi manfaat bagi para pembaca sekalian.

panduan dan tips cara beli tiket murah untuk traveling - catatan bunda

Tips Cara Beli Tiket Murah dengan Mudah dan Nyaman

Promo tiket pesawat tidak lagi sesering dulu yang bisa sangat murah. Namun, bukan berarti kita tidak bisa membeli tiket dengan harga murah. Apakah ada tips cara mudah beli tiket murah?

Dengan mengikuti beberapa tips cara mudah beli tiket murah meski tidak sedang promo berikut ini, kamu bisa berhemat setiap kali melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat. Saat bepergian, porsi biaya untuk tiket pulang pergi bisa menjadi unsur biaya terbesar dari keseluruhan biaya yang dikeluarkan.

Oleh sebab itu, tidak heran banyak traveler atau penumpang yang sangat memperhatikan biaya tiket. Ketika harga tiketnya bisa ditekan, maka porsi biaya traveling tidak akan terlalu membengkak. Selain tiket, beberapa unsur biaya yang patut diperhatikan ialah biaya akomodasi (penginapan), wisata kuliner di tempat tujuan, dan unsur biaya lainnya.

Seperti yang kami alami saat liburan ke kampung halaman bulan September yang lalu. Selama satu minggu berlibur bersama keluarga, kami wisata kuliner ke banyak sekali tempat makan enak. Salah satunya ialah berburu mie kopyok Semarang, salah satu kuliner khas kota Semarang.

Apa saja cara mudah beli tiket murah? Berikut ini tipsnya untuk anda. Selamat menyimak.

Beli di toko online

Jika sebelumnya kita lebih akrab dan terbiasa membeli tiket melalui travel agent offline atau online travel agent (OTA). Saat ini, toko online pun tidak mau ketinggalan. Salah satu toko online populer yang juga menjual tiket pesawat, tiket kereta api, serta tiket bus, adalah Bukalapak.

Mengapa saya merekomendasikan kamu untuk beli tiket di toko online, khususnya Bukalapak?

Bagi yang sudah terbiasa berbelanja online pasti tahu kalau olshop seperti Bukalapak sering menawarkan promo. Tidak hanya untuk berbagai produk yang mereka juga, melainkan juga untuk tiket pesawat. Anda bisa memanfaatkan toko ini sebagai salah satu cara beli tiket murah untuk keperluan traveling anda.

Cara mendapatkan diskon atau promo tiket di Bukalapak sebenarnya cukup mudah. Anda bisa menggunakan langkah ini sebagai cara beli tiket murah. Langkah-langkah untuk memeriksanya adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi atau situs Bukalapak kemudian ketikan “promo tiket pesawat” di Kolom pencarian. Sejenak, Bukalapak akan menampilkan banyak sekali pilihan promo menarik termasuk tiket pesawat;
  • Jika tak ingin mengecek setiap hari. Kamu bisa berlangganan newsletter agar sewaktu-waktu jika ada promo, kamu akan dikabarkan melalui email;
  • Cara lain adalah dengan mengikuti (follow) akun sosial media mereka. Mulai dari Instagram, Facebook, Twitter, hingga Google Plus. Apa untungnya? Biasanya, toko online Bukalapak kerap mem-publish promo-promo menarik yang mereka tawarkan melalui sosial media tersebut;
  • Sebelum beli tiket, biasa kan mengecek halaman promo. Untuk olshop Bukalapak, halaman promo berada di Bukalapak.com/promo

Pastikan Kamu Tahu Waktu Terbaik untuk Bepergian

Traveling atau jalan-jalan merupakan kegiatan yang tidak dilakukan setiap saat. Ada periode tertentu dimana seseorang bisa melakukan aktivitas tersebut. Kecuali jika anda memang memiliki mata pencaharian sebagai traveler ya. Itu berbeda kasus lagi namanya 😀

Asyiknya, kita bisa merencanakan untuk traveling dari jauh-jauh hari. Perencanaan bahkan bisa dijalankan beberapa minggu, bulan, bahkan beberapa tahun sebelum hari H. Satu cara beli tiket murah yang bisa anda lakukan ialah dengan membeli tiket jauh sebelum waktu keberangkatan. Biasanya, anda masih bisa mendapat harga tiket yang terjangkau.

Tidak selamanya harga tiket pada saat long weekend atau waktu waktu libur lebih mahal dibandingkan hari-hari biasa. Bahkan tidak jarang, maskapai penerbangan justru menawarkan promo pada saat ada long weekend. Jadi pastikan, punya kalender yang bisa memberikan informasi mengenai ketersediaan waktu waktu libur seperti long weekend.

Misalnya ketika kami mau ada acara kumpul keluarga di Duri beberapa bulan yang lalu. Kami meminta jadwal pasti dari kakak mengenai tanggal acara. Mengapa harus jadwal pasti? Karena dengan mengetahui jadwalnya, kami bisa menggunakannya sebagai salah satu cara beli tiket murah.

Saat jadwal acara yang pasti sudah di tangan, kami bisa membeli jauh-jauh hari sebelumnya. Alhamdulillah saat itu kami mendapat harga tiket yang jauh lebih bersahabat di kantong. Bepergian pun bisa lebih tenang dan nyaman.

cara beli tiket murah walaupun sedang tidak promo - catatan bunda

Biasakan Diri Mengecek Harga Tiket Secara Berkala

Mengapa kita perlu mengecek harga tiket secara berkala? Keuntungannya adalah, kita bisa jadi tahu Berapa harga terendah tiket pesawat rute tertentu. Jadi jika sewaktu-waktu kamu menemukan tiket pesawat berharga murah, tanpa ragu-ragu kamu pun bisa membelinya.

Sebagai contoh, tahun depan kami merencanakan untuk pulang kampung ke Pekanbaru. Pilihan moda transportasi yang cepat ialah menggunakan tiket pesawat. Seperti bisa diduga, tiket pesawat untuk pulang kampung akan melambung tinggi harganya. Oleh sebab itu, cara beli tiket murah yang kami lakukan ialah melakukan pengecekan tiket secara manual.

Selama beberapa hari, kami memantau pergerakan harga tiket pesawat yang tersedia. Ketika itu pula, kami gelisah untuk menentukan kapan waktu yang tepat untuk membeli. Akan tetapi, semakin kami menunda untuk membeli tiket, harga tiket akan cenderung bertambah mahal.

Dari beberapa hari pemantauan harga, ada satu waktu ketika tiba-tiba harga tiket menjadi murah. Saat itu pula kami tidak membuang waktu. Tiket pesawat pulang pergi langsung kami beli untuk sekeluarga.

Setelah tiket berada di tangan, kami coba iseng mengecek tiket pesawat untuk mudik. Ketika dicek, kami sangat kaget. Harga tiket pesawat sudah melambung lebih tinggi. Bisa melambung 20% hingga 50%, bahkan bisa lebih. Untung saja kami mengambil keputusan dengan cepat untuk membeli tiket pulang pergi.

Jadi, tips dari kami, segera belilah tiket saat kesempatan itu muncul. Seperti yang kami alami sebagai cara beli tiket murah untuk mudik saat lebaran tahun depan. Selama beberapa hari kami memantau harga secara manual. Ketika ada satu hari tiket terlihat turun, kami tidak mau ketinggalan. Biasanya kesempatannya singkat. Bisa dalam satu hari saja, atau bahkan dalam beberapa jam.

Ingatlah Momen-Momen Penting di Mana Toko Online Memberikan Promo

Tips berikutnya sebagai cara beli tiket murah ialah dengan mengingat momen khusus. Toko online kerap menawarkan promo menarik dengan diskon besar-besaran. Seperti misalnya pada saat harbolnas yang jatuh pada tanggal 12 bulan 12 di setiap tahunnya. Lalu ada juga moment pesta diskon yang dulunya selalu diadakan pada tanggal 11 bulan 11. Namun, untuk tahun ini dan mungkin tahun depan jatuh pada tanggal 10 bulan 10.

Dengan mengingat momen seperti ini, kita bisa terhindar dari tiket pesawat dengan harga yang mahal. Tentu saja, dalam prosesnya akan memerlukan perjuangan tersendiri. Kita akan berjibaku dengan para calon penumpang lain yang berburu tiket dalam waktu bersamaan. Akan tetapi, saat berhasil mendapatkan tiket, disitulah akan muncul rasa kepuasan tersendiri. Saat bepergian pun akan semakin berkesan.

Demikian beberapa tips dan cara beli tiket murah. Semoga dengan tips ini, anda bisa lebih fleksibel dan mudah saat akan bepergian ke berbagai tujuan. Sampai jumpa di cerita petualangan kami selanjutnya 😀

(Visited 70 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ada Pertanyaan?

Channel Youtube

Copyright 2017 - Catatan Bunda