Free Update

Nikmati update cerita Catatan Bunda langsung di smartphone Anda. GRATIS ^_^

Cantigi Camp Bandung, Tempat Outbond Seru untuk Anak hingga Dewasa

Pada akhir tahun 2018, kami sekeluarga tahu juga yang namanya Cantigi Camp Bandung. Sebelumnya? Hampir tidak pernah mendengar nama tersebut. Ada kejadian apa sampai kami mengenal nama tempat Cantigi Camp Bandung?

Jadi, di sekolah Mirza selalu diadakan kegiatan rutin setiap tahun. Kegiatan tersebut berbentuk Family Gathering. Artinya, seluruh orangtua murid TK diajak ikut serta dalam sebuah aktivitas tematik yang ditentukan pihak sekolah. Setiap tahun bentuk aktivitasnya berbeda.

Jika anda mengikuti Blog Catatan Bunda, kami pernah sharing tentang cerita jalan-jalan ke Taman Safari Bogor. Masih ingat? Sudah membaca ceritanya? Jika belum, silakan nikmati dahulu ya pengalaman singkat kami sekeluarga di sana πŸ˜€

Nah, petualangan ke Taman Safari Bogor menjadi tema family gathering dari pihak sekolah Mirza untuk tahun 2017. Walaupun hanya satu hari saja, tetapi perjalanan kami sekeluarga di Taman Safari sangat berkesan. Bagaimana dengan tahun 2018? Pada tahun 2018, pihak sekolah sudah mempersiapkan tema yang berbeda. Kali ini, sekolah mengajak para murid beserta orangtua untuk ikut family gathering di Cantigi Camp Bandung.

Di mana lokasi Cantigi Camp Bandung? Kegiatan apa saja yang dilakukan di lokasi tersebut? Seperti apa petualangan kami sekeluarga? Simak terus ya untuk mendapatkan cerita lengkapnya. Selamat mengikuti πŸ˜€

family gathering sekolah anak - bermain flying fox di cantigi camp bandung - catatan bunda

persiapan berangkat di bus wisata menuju cantigi camp bandung - catatan bunda

Wisata Outbond Keluarga di Cantigi Camp Bandung

Tema family gathering tahun 2018 memang dibuat berbeda dibandingkan tahun 2017. Selesai wisata ke Taman Safari Bogor, memang dilakukan evaluasi. Muncul berbagai usulan dari para orangtua murid. Dari aneka usulan, semuanya ditampung dan dipelajari oleh pihak sekolah.

Setelah dilakukan pembahasan, akhirnya muncul keputusan baru. Tahun 2018, acara Family Gathering diadakan di lokasi yang relatif lebih dekat. Dengan jarak lebih dekat, anak-anak beserta para orangtua tidak terlalu lelah berada di perjalanan. Ditambah masih banyak pertimbangan lainnya.

Saat persiapan, kami menyambut baik rencana ini. Panitia dan para guru selalu berkoordinasi dengan para orangtua murid. Termasuk menjelaskan kegiatan apa saja yang akan dilakukan. Memang tidak dijelaskan secara detail pada awalnya. Panitia hanya menyampaikan bahwa anak-anak akan melakukan aktivitas outbond saat berada di Cantigi Camp Bandung.

Mirza sangat menggemari aktivitas fisik tersebut. Tidak hanya suka, secara natural, aktivitas fisik semacam ini memang sangat dibutuhkan oleh fisik Mirza. Bagi anak-anak TK, kegiatan bermain sambil belajar akan sangat diminati. Apalagi jika dimainkan bersama dengan teman-teman sekolah. Mereka akan jauh lebih bersemangat.

Demikian halnya dengan Mirza. Sudah sejak lama dia sangat menunggu-nunggu momen tersebut. Bolak-balik dia bertanya, β€œkapan waktunya jalan-jalan sama teman-teman?”

bermain menangkap kelinci di cantigi camp bandung - catatan bunda

perkenalan dengan para pemandu outbond di cantigi camp bandung - catatan bunda

Sebelum berangkat, panitia mendata para peserta dahulu. Persiapan dilakukan jauh hari sebelum waktu keberangkatan. Diantaranya ialah mendata siapa saja anggota keluarga yang ikut mendampingi anak saat pergi menuju Cantigi Camp Bandung. Selain itu, panitia akan mempersiapkan jumlah makanan sesuai dengan jumlah peserta yang mendaftar. Tidak hanya itu, panitia juga mempersiapkan desain kaos yang unik untuk seluruh peserta yang hadir.

Rombongan akan berangkat menggunakan bus pariwisata. Jadi, tidak ada yang menggunakan mobil pribadi. Tujuannya jelas, yaitu untuk semakin merekatkan hubungan antaranak di luar sekolah. Tidak hanya anak, kedekatan dan keakraban orangtua murid yang satu dengan yang lain akan semakin terjalin.

Kami mendaftarkan seluruh anggota keluarga. Mirza otomatis ikut serta karena merupakan salah satu murid di sekolah. Mirza tidak sendirian. Ayah, mama, beserta adiknya juga kami daftarkan untuk ikut hadir pada acara outbond keluarga di Cantigi Camp Bandung.

Kondisi tiap keluarga tidak sama. Ada yang seluruh anggota keluarganya ikut. Ada pula anak yang hanya didampingi oleh mamanya saja. Selain itu, ada anak yang hanya bisa didampingi oleh neneknya.

Tiba juga di hari keberangkatan. Kami semua berkumpul di tempat yang sudah ditentukan, yaitu di halaman GOR Citra Arena jalan Cikutra Bandung. Seluruh kendaraan pribadi tidak ada yang dibawa. Semua peserta akan berangkat naik bus. Jadi, kami berangkat dari rumah diantarkan oleh adik bungsu yang kebetulan tinggal bersama di rumah.

Tiba di GOR Citra Arena, kami sudah melihat deretan bus pariwisata. Semuanya sudah siap dan menunggu kedatangan para murid beserta anggota keluarga yang mendampingi. Setiba di halaman parkir, kami disuguhi sarapan pagi dari salah satu orangtua murid. Beliau mempersiapkan pesanan makanan untuk sarapan pagi dari orangtua yang lain. Bekal tersebut dibagikan ketika para orangtua mulai berdatangan ke lokasi parkir bus pariwisata.

tempat outbond seru untuk anak di cantigi camp bandung - catatan bunda

wahana ketangkasan anak di cantigi camp bandung - catatan bunda

family gathering sekolah anak - arena bermain di cantigi camp bandung - catatan bunda

Jumlah bus yang digunakan lumayan banyak. Total ada 4 atau 5 buah bus. Ukuran busnya kecil saja, tidak perlu menggunakan bus ukuran besar. Hal ini disebabkan untuk memudahkan bus saat akan memasuki lokasi Cantigi Camp Bandung. Baik saat parkir bus maupun saat persiapan untuk pulang nantinya.

Begitu peserta lengkap, bus siap untuk berangkat. Perjalanan menuju lokasi Cantigi Camp sangat menyenangkan. Para orangtua bisa bersantai menikmati perjalanan. Sementara anak-anak bisa ngobrol santai bersama teman-teman yang ada di dalam satu bus.

Perjalanan menuju lokasi memerlukan waktu kurang lebih 1 jam hingga 1,5 jam. Sangat singkat jika dibandingkan dengan perjalanan keluar kota. Persiapan yang harus kami lakukan di rumah juga tidak terburu-buru. Anak masih bisa minum susu, makan dan mandi dengan nyaman. Sementara itu, kami sebagai orangtua mempersiapkan barang bawaan dan baju ganti. Semua senang dan bahagia.

Aneka Wahana Outbond di Cantigi Camp

Sebenarnya ada apa saja di Cantigi Camp? Arena ini ternyata sudah sangat terkenal. Apalagi di kalangan sekolah-sekolah yang ada di Bandung dan sekitarnya. Buktinya, ketika rombongan bus wisata sekolah kami tiba, sudah ada bus lain yang parkir di lahan parkir Cantigi Camp.

Berlanjut saat masuk ke dalam area, kami bisa melihat semakin jelas. Banyak sekali anak dari sekolah lain yang sedang menikmati permainan di dalam Cantigi Camp. Jadi, memang kami saja yang kurang gaul. Mainnya masih kurang jauh. Padahal lokasinya masih berada di Bandung dan sekitarnya.

Anak-anak langsung bersiap untuk bermain. Sebelum itu, barang bawaan diserahkan kepada orangtua dan guru tiap anak. Anak dibagi menjadi ke beberapa kelompok kecil. Tujuannya ialah untuk memudahkan pengawasan saat anak bermain mengelilingi Cantigi Camp. Di samping itu, saat bermain di satu wahana, anak-anak tidak perlu terlalu lama mengantri.

Area Cantigi Camp Bandung sangat luas. Ada banyak sekali permainan dan wahana di dalamnya. Lahan yang sangat luas dan hijau sangat nyaman bagi para pengunjung. Mirip sekali kenyamanannya seperti saat kami jalan-jalan keliling Taman Lalu Lintas Bandung.

permainan seru untuk orangtua di cantigi camp bandung - catatan bunda

persiapan untuk bermain flying fox bersama teman sekolah di cantigi camp bandung - catatan bunda

Pada kesempatan itu, anak-anak mencoba berbagai jenis permainan di area outbond. Semuanya dibantu oleh kakak pembimbing yang bertugas di Cantigi Camp. Faktor keamanan dan kenyamanan selalu menjadi perhatian para penyelenggara di area outbond.

Beberapa jenis permainan yang tersedia di Cantigi Camp Bandung diantaranya ialah:

  • Fun games;
  • High impact activities;
  • Rope element;
  • Fun camp;
  • Hill walking;
  • Menangkap belut;
  • Menangkap ikan mas;
  • Lompat ban;
  • Menyeberangi jembatan;
  • Flying fox;
  • Arena camping;
  • Memberi makan kelinci;
  • Mengisi pipa air bocor;
  • Simulasi naik rakit di sungai kecil;
  • Dan lain-lain.

Anak-anak mengikuti semua permainan yang disiapkan oleh kakak pembimbing. Sementara saya dan suami berbagi tugas. Saya mendampingi si bungsu dan bercengkrama dengan ibu-ibu orangtua murid yang lain. Sementara ayah mengikuti Mirza ke manapun perginya. Sambil mengikuti, ayah akan merekam segala aktivitas outbond yang dilakukan Mirza.

Anda pun bisa menikmati urutan aktivitas outbond yang dilakukan Mirza bersama teman-temannya. Berikut ini sajian videonya. Selamat menyaksikan πŸ˜€

Tidak hanya anak-anak yang bersenang-senang di Cantigi Camp Bandung. Akan tetapi, para orangtua pun disediakan beberapa permainan seru. Sambil menunggu anak-anak, bosan rasanya jika diam saja tanpa diimbangi mengerjakan kegiatan yang seru.

Panitia pun menyiapkan aneka perlombaan untuk ayah dan ibunda para murid. Perlombaan yang berlangsung tidak kalah serunya. Semuanya ikut bersenang-senang, tidak sedikit yang sampai berteriak-teriak saat mengikuti perlombaan.

Ketika menjelang sholat Dzuhur, anak-anak mulai selesai bermain. Maka dimulailah tugas orangtua sebenarnya. Yaitu untuk memandikan anak yang basah kuyup, penuh lumpur dan kotor. Berhubung jumlah kamar mandi yang terbatas di Cantigi Camp, kami harus antri dan bergantian untuk memandikan anak-anak.

Selesai mandi, anak-anak makan siang dengan menu yang sudah disiapkan pihak sekolah. Sambil menikmati makanan, Mirza bisa duduk tenang sambil beristirahat.

Sebuah pengalaman baru bagi Mirza. Bermain di area outbond yang berat secara fisik. Akan tetapi, sangat baik dan dibutuhkan bagi kekuatan otot tubuhnya. Bentuk kegiatan di satu tujuan wisata akan berbeda dari tempat yang lain. Menikmati liburan di Cantigi Camp Bandung tentu akan berbeda saat jalan-jalan menjelajahi Museum Gedung Sate.

Alamat Lengkap Cantigi Camp Bandung

Di mana sih alamat lengkap dari Cantigi Camp? Letaknya memang tidak berada di pusat kota. Area wisata ini berada di kaki Gunung Manglayang. Jadi, ketika berada di lokasi, udara sejuk akan sangat terasa.

Kita bisa menemukan Cantigi Camp pada alamat berikut ini:

Jalan Raya Cileunyi RT 01 / RW 02, Manjah Beureum, Cileunyi Kulon, Kecamatan Cileunyi, Bandung 40622.

Jalanan tidak terlalu lebar, tetapi masih memadai jika anda ingin membawa mobil pribadi. Rute akan terasa lebih menantang bila anda beserta rombongan menggunakan bus wisata. Tips sederhana dari kami, gunakan bus wisata ukuran kecil saja saat menuju ke lokasi Cantigi Camp.

Hari sudah siang dan hampir menjelang sore hari. Rombongan pun mulai bersiap-siap untuk pulang kembali. Berakhir sudah petualangan singkat Mirza beserta teman-temannya di Cantigi Camp. Lokasi ini sangat tepat untuk dijadikan tempat bersenang-senang di alam. Anak-anak bisa bermain sambil belajar, mengasah kemampuan kerjasama dengan teman, melakukan kegiatan fisik, dan mengenal alam.

Demikian sharing cerita singkat perjalanan kami di Cantigi Camp Bandung. Terimakasih banyak sudah berkenan menyimak kisahnya hingga akhir. Semoga anda bisa menikmati dan mendapatkan manfaatnya. Sampai jumpa pada kisah petualangan kami lainnya πŸ˜€

(Visited 75 times, 2 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ada Pertanyaan?

Channel Youtube

Copyright 2017 - Catatan Bunda