Grup Diskusi

Ada pertanyaan dari informasi di Catatan Bunda? Bisa ditanyakan langsung di Grup

Buku Groningen Mom’s Journal, Perjuangan Keluarga Mencapai Impian

Kali ini, kami tertarik untuk membahas sedikit mengenai buku Groningen Mom’s Journal. Entah mengapa, buku yang mengisahkan perjalanan seseorang di negara lain sangat menarik untuk kami. Dengan demikian, kami bisa berimajinasi untuk keliling dunia. Walaupun pada kenyataannya, kami belum pernah menginjakkan kaki secara langsung di negara tempat penulis berada. Pepatah buku merupakan jendela dunia memang benar adanya.

Kisah yang ada di dalam buku ini sungguh menarik. Bagaimana perjuangan seorang wanita yang ingin mewujudkan mimpi yang sudah terpendam sejak lama. Mimpi untuk melanjutkan kuliah di luar negeri. Akan tetapi, perjalanan hidup memilihkan jalur yang tidak sesuai perkiraan awalnya.

Penulis ingin menyampaikan pesan yang sangat kuat. Khususnya kepada para wanita untuk bisa melanjutkan pendidikan meskipun tantangan yang menghadang sangatlah besar.

Seperti apa kisah perjalanan penulis di dalam buku Groningen Mom’s Journal? Mari kita ikuti kisah selengkapnya pada ulasan sederhana kali ini. Selamat menikmati 😀

review Buku Groningen Mom's Journal - catatan bunda

Profil Singkat Buku Groningen Mom’s Journal

Buku ini bergenre non-fiksi. Di dalamnya ada unsur inspirasi dan motivasi yang sangat berharga untuk para pembacanya. Bagaimana dengan anda, termasuk penggemar buku fiksi atau non-fiksi? 😀

Mari kita mengenal lebih dekat tentang buku yang satu ini. Berikut informasi detail bukunya.

Judul Buku: Groningen Mom’s Journal

Penulis: Monika Oktora

Editor: Aninta Mamoedi

Penerbit: PT Elex Media Komputindo

Tahun Terbit: 2017

Jumlah halaman: 248

Anda bisa membeli bukunya di toko buku terdekat. Jika tidak, anda bisa browsing untuk mencari informasi buku ini di internet. Setelah itu, membelinya melalui toko online. Anda tinggal menunggu buku pesanan untuk diantarkan sampai ke rumah.

Review Buku Groningen Mom’s Journal

Ya, buku ini menceritakan perjalanan keluarga penulis saat mengenyam pendidikan S2 di Groningen, Belanda. Rangkaian ceritanya dirangkum dengan sangat menarik di buku yang kali ini kami bahas. Ada 5 tema besar yang disampaikan oleh penulis.

Tema besar yang pertama ialah tentang persiapan. Untuk hidup di negara lain selama menjalani masa perkuliahan tentu banyak yang harus disiapkan.

Dimulai dari bagaimana pesimisnya sang penulis untuk belajar di luar negeri. Seperti yang banyak dialami oleh para wanita. Banyak yang memiliki cita-cita tinggi ketika masih muda. Akan tetapi, jalan hidupnya tiba-tiba berubah setelah menikah dan dikaruniai anak.

Semuanya berubah setelah satu informasi penting yang datang menghampirinya:

Dear Monika Pury Oktora, 

After reviewing your application, the Admissions Board has decided that given your educational background you are unconditionally admitted to the 2014/2015 academic year of the Master of Science (MSc) programme in Medical Pharmaceutical Sciences. Congratulations!

-dikutip dari Buku Groningen Mom’s Journal halaman 11-

Perjalanan panjang penulis sekeluarga dimulai dari email di atas. Akhirnya, impian untuk meneruskan kuliah keluar negeri mulai menampakkan titik terang. Perjuangan yang sebenarnya baru akan dimulai.

Perannya sebagai ibu tidak akan hilang. Ditambah lagi dengan peran barunya sebagai mahasiswa asing di negeri Belanda. Konflik seperti inilah yang diceritakan oleh Monika Oktora di dalam bukunya. Semuanya disajikan dengan gaya bahasa yang ringan dan tidak terkesan menggurui.

perjuangan ibu yang merangkap menjadi mahasiswi di belanda - catatan bunda

Kehidupan sehari-harinya ialah sebagai ibu rumah tangga dengan satu orang anak. Setelah anaknya mulai besar, muncul kembali keinginan untuk kuliah S2 keluar negeri. Tentunya ada ketakutan tersendiri saat akan memulai petualangan yang baru. Apalagi, untuk kuliah keluar negeri bukanlah suatu hal yang mudah dari segi biaya, persiapan fisik hingga mental.

Akan tetapi, buku ini memberikan motivasi yang baik bagi para pembaca. Terlebih para wanita yang berada dalam posisi yang mirip seperti penulis. Ingin melanjutkan pendidikan keluar negeri, tetapi sudah memiliki tanggungjawab lain sebagai istri dan ibu. Apakah hal itu mungkin?

Monika Oktora mengisahkan bagaimana perjuangannya memilih kampus. Setelah mendapatkan kampus yang dituju, tahap selanjutnya ialah mendapatkan sumber beasiswa. Beliau mendapat beasiswa dari mana? Jika penasaran, sudah seharusnya anda memiliki buku yang satu ini 😀

Pada tema besar yang kedua, perjalanan keluarga kecil ini berlanjut. Ke mana lagi jika bukan fase kehidupan keluarga selama di Belanda. Tantangan yang lebih sulit sudah menanti keluarga penulis.

Kehidupan di Belanda tentu jauh berbeda dengan kehidupan di Indonesia. Mulai dari perbedaan cuaca, perbedaan musim, sistem transportasi umum, dan berbagai perbedaan lainnya. Semuanya dikisahkan dengan detail oleh penulis. Tidak hanya itu masalah yang dihadapi. Saat pindah ke Belanda, tentu suami beserta anaknya ikut mendampingi. Dengan demikian, sang suami harus ikut beradaptasi.

cerita perjuangan keluarga saat berada di belanda - catatan bunda

Pekerjaannya di Indonesia otomatis harus ditinggalkan. Lalu, bagaimana kisah selanjutnya? Apakah sang suami berhasil mendapatkan pekerjaan baru di Belanda? Atau full menjadi bapak rumah tangga selama mendampingi istrinya kuliah di Belanda? Cerita lengkapnya bisa anda temukan dan nikmati di dalam buku Groningen Mom’s Journal.

Tema besar yang ketiga tidak kalah menarik. Pada bagian ini, penulis membahas aneka detail yang unik dari Kota Groningen. Mulai dari seni bergaul dengan warga di Groningen, kisah tentang culture shock saat di Belanda, bagaimana penulis merespon perbedaan budaya tersebut. Seperti apa tempat wisata yang ada di Belanda? Apa saja yang unik di sana? Dan masih banyak kisah menarik lainnya yang sayang jika anda lewatkan.

Termasuk cerita menarik tentang kebiasaan orang Belanda. Tepatnya ialah kebiasaan untuk menjadwalkan agenda. Ada cerita menarik yang disampaikan penulis mengenai hal tersebut. Seperti apa bedanya orang Belanda dengan Indonesia dalam hal kebiasaan yang satu ini.

Tema besar cerita yang keempat bisa anda temukan mulai di halaman 179. Bagian ini, penulis menceritakan hal-hal menarik seputar anaknya. Hidup di Belanda tentu jauh berbeda dengan hidup di Indonesia. Bagaimana perbedaan tersebut mempengaruhi anaknya.

Penulis juga menceritakan bagaimana caranya bersama suami untuk menentukan pendidikan yang tepat untuk anaknya selama di Belanda. Sistem pendidikan anak di Belanda tentu memiliki perbedaan dengan yang ada di Indonesia.

Tidak hanya itu, prinsip untuk menyekolahkan anak pada usia dini pun pasti ada perbedaan. Tiap keluarga memiliki kondisi yang berbeda. Tiap orangtua memiliki pandangannya masing-masing. Bagaimana penulis dan suaminya mengatasi hal tersebut sudah dijelaskan juga di dalam bukunya.

Cerita menarik lainnya datang dari olahraga berenang. Ada hal yang unik tentang olahraga air yang satu ini, khususnya di negara Belanda. Seperti apa cerita lengkapnya? Sebaiknya anda langsung cuss saja beli buku Groningen Mom’s Journal supaya tidak makin penasaran 😀

Bagian terakhir dalam buku ini, kita disuguhi pandangan penulis tentang inti dari buku Groningen Mom’s Journal. Apakah itu? Bagaimana rasanya menjadi seorang mahasiswi dengan merangkap menjadi seorang ibu sekaligus? Apakah kondisi tersebut mungkin untuk dijalankan? Bagaimana caranya? Banyak pelajaran menarik yang bisa kita dapatkan dari bagian akhir di buku beliau.

kisah inspiratif keluarga yang patut dibaca di Buku Groningen Mom's Journal - catatan bunda

Apakah Layak untuk Dibaca?

Menurut review sederhana kami, buku Groningen Mom’s Journal sangat kami rekomendasikan untuk dibaca. Banyak pelajaran berharga yang bisa didapatkan oleh pembaca. Sharing pengalaman dari penulis pun tidak tanggung-tanggung. Perjalanan hidupnya selama di Belanda dikupas tuntas di dalam buku ini.

Bagi teman-teman yang ingin kuliah keluar negeri, buku ini sangat layak untuk dinikmati. Penulis membagikan proses yang dilakukannya dari mencari universitas yang dituju hingga perjuangannya mendapatkan beasiswa. Pertanyaan apa saja yang biasa ditanyakan saat wawancara beasiswa? Tentunya informasi seperti ini akan sangat dibutuhkan bagi anda yang sedang berjuang untuk melanjutkan kuliah ke luar negeri, khususnya Belanda.

Bagi para ayah atau suami, banyak pesan berharga yang bisa anda temukan di buku Groningen Mom’s Journal. Bagaimana pentingnya peran seorang suami dan ayah dalam fase kehidupan seperti ini? Jadi, pastikan anda membaca buku ini secara lengkap untuk bisa menangkap pesan yang disampaikan oleh penulis.

Demikian ulasan sederhana dari Catatan Bunda mengenai buku Groningen Mom’s Journal. Semoga cerita singkat ini memberi manfaat bagi para pembaca sekalian. Enaknya, kami mengulas buku apa lagi ya? Ada usulankah dari teman-teman? Ditunggu usulannya di kolom komentar atau grup Telegram ya 😀

Terimakasih banyak sudah menyimak ulasan singkat dari kami sampai selesai. Sampai jumpa di cerita keluarga kami berikutnya. Stay tune terus di Blog Catatan Bunda ya. Selamat berburu dan menikmati bukunya 😀

 

(Visited 12 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Grup Diskusi

Channel Youtube

Copyright 2017 - Catatan Bunda