Free Update

Nikmati update cerita Catatan Bunda langsung di smartphone Anda. GRATIS ^_^

Bird and Bromelia Pavilion, Liburan Seru Keluarga Bersama Aneka Satwa

Main ke Bird and Bromelia Pavilion menjadi pilihan keluarga saat kami merayakan ulang tahun pernikahan akhir November lalu. Sama seperti tahun sebelumnya, kami mengajak anak-anak untuk jalan-jalan saat ulang tahun pernikahan. Tahun lalu, bermain di Kidzoona Paskal Bandung menjadi pilihan kami. Tidak terasa ya, sudah setahun lebih Catatan Bunda menemani para pembaca setia.

Tahun ini, kami mencari tempat wisata lain yang tidak kalah menariknya. Pilihan kami masih jatuh di kota Bandung saja. Banyak obyek wisata Bandung yang belum sempat dijelajahi bersama keluarga. Akhirnya pilihan kami jatuh ke Bird and Bromelia Pavilion.

Melihat gambaran informasi yang kami temukan, anak-anak pasti suka. Oleh sebab itu, tanpa pikir panjang, kami langsung ngacir menuju lokasi obyek wisata tersebut. Seperti apa cerita selengkapnya saat berpetualang di tempat wisata ini? Ikuti kisah perjalanannya di sini yaa. Selamat mengikuti 😀

liburan keluarga di bird and bromelia pavilion bandung - catatan bunda

Wisata Bandung yang Ramah Anak

Dari pagi hari kami sudah bersiap-siap. Mengapa? Karena saat itu hari libur, bertepatan dengan peringatan Maulid Nabi. Jadi, kami mau berangkat pagi-pagi saja untuk menuju ke Bird and Bromelia Pavilion.

Pilihan kami jatuh ke sini bukan tanpa sebab. Saat jalan-jalan, kami mencari tempat wisata yang nyaman. Akan tetapi, tidak hanya sekedar nyaman yang menjadi titik perhatian. Saat menikmati tempat wisata tersebut, apakah anak-anak juga nyaman dan mendapat nilai tambah?

Oleh sebab itu, kami banyak diskusi saat mau membawa anak-anak pergi keluar. Pertimbangan seperti ini yang selalu kami diskusikan. Apakah tempat tujuan wisatanya ramah untuk anak? Adakah nilai edukasi tertentu yang bisa diajarkan kepada anak?

Demikian juga saat kami mau wisata ke Bird and Bromelia Pavilion. Saat mencari-cari informasi, melihat beberapa foto dan review, kami merasa cocok dengan tempat yang satu ini. Akhirnya, kami putuskan untuk jalan-jalan ke sini. Banyak hal yang bisa dieksplorasi bersama anak-anak saat berkeliling nantinya.

interaksi dengan burung kakatua di bird and bromelia pavilion bandung - catatan bunda

jalan-jalan bersama anak di bird and bromelia pavilion bandung - catatan bunda

Lokasi Bird and Bromelia Pavilion

Sudah menjadi rahasia umum, saat tanggal merah di Bandung akan menjadi hari yang sangat padat. Banyak warga lokal maupun para turis yang jalan-jalan di berbagai tujuan. Oleh sebab itu, jalanan biasanya akan macet. Apalagi jika sudah siang hari, tingkat kemacetannya akan lebih meningkat.

Faktor tersebut yang membuat kami berangkat lebih awal. Anak-anak dipersiapkan sarapan pagi di rumah, mandi pagi, sambil mengerjakan aktivitas lainnya. Begitu semuanya siap, kami langsung berangkat. Kami start dari rumah kurang lebih pukul 08.30 WIB.

Kami belum pernah bermain ke sini. Dari penelusuran awal, kami hanya tahu bahwa lokasi obyek wisata ini terletak di daerah Dago. Oleh sebab itu, kami menggunakan bantuan aplikasi Waze untuk menunjukkan arah ke lokasi Bird and Bromelia Pavilion.

Di manakah alamat lengkap Bird and Bromelia Pavilion?

Anda bisa menemukan tempat wisata ini di Jalan Akaza Utama No. 9, Mekarwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat 40391.

Perjalanan dari rumah pagi itu sangat lancar. Kami tidak terjebak macet di tengah jalan. Masih banyak warga yang asyik di rumah masing-masing. Jalanan menuju lokasi memang curam. Mobil akan dibawa ke jalanan yang sangat menanjak. Makin ke atas, udara semakin sejuk. Pendingin udara pun tidak perlu kami nyalakan karena udara pagi yang masih sejuk.

Saat perjalanan, kami melewati satu tempat wisata Bandung yang lain. Namanya Dago Dream Park. Siapa yang sudah pernah mengunjungi obyek wisata tersebut? Kami lihat, ada banyak mobil dan motor yang antri untuk masuk. Arus kunjungannya sudah dimulai nih. Maklum, saat itu hari libur (tanggal merah). Tentu banyak yang jalan-jalan keluar rumah. Kami pun meneruskan perjalanan menuju Bird and Bromelia Pavilion.

cemilan untuk anak di day and night eatery di bird and bromelia pavilion bandung - catatan bunda

wisata kuliner di bird and bromelia pavilion bandung - catatan bunda

Kulineran Sebelum Jalan-Jalan

Tidak lama kemudian, kami sekeluarga tiba di lokasi. Tempatnya sangat sejuk. Sekelilingnya dipenuhi oleh pepohonan besar. Suasana sejuk dan segar sangat terasa.

Kami pun mulai berjalan menuju pintu masuk. Menjelang masuk, tiba-tiba kakak Mirza berkata, “Ma, kepala kakak pusing.”

Mendengar keluhan tersebut, kami langsung berhenti. Tujuan kami tidak langsung masuk ke Bird and Bromelia Pavilion. Akan tetapi, kami coba mencari tempat istirahat sekaligus tempat makan. Alhamdulillah, di depan pintu masuk disediakan beberapa café untuk tempat nongkrong. Kami mampir sejenak di situ untuk meredakan rasa sakit kepala Mirza yang tiba-tiba muncul.

Day and Nite Eatery nama tempat makannya. Saat itu sudah mulai beroperasi walaupun masih pagi. Kami pun langsung duduk dan memesan beberapa jenis cemilan. Tidak lupa memesan teh manis panas untuk Mirza. Mudah-mudahan dengan meminum yang hangat, rasa sakit kepalanya bisa mereda.

Pilihan menu makanan di Day and Nite Eatery ada banyak. Mulai dari hidangan pembuka, hidangan utama, minuman dan hidangan penutup semuanya ada. Idealnya memang jalan-jalan dulu baru istirahat sambil wisata kuliner. Pilihan kulinerannya pun bisa banyak. Apakah kulineran di dalam obyek wisata atau makan siang bersama keluarga di tempat yang lain.

Akan tetapi, kenyataan berbeda dari harapan. Kami pun menikmati sebaliknya. Wisata kuliner dahulu, setelah itu baru jalan-jalan keliling Bird and Bromelia Pavilion.

Pilihan makanannya ada apa saja?

Pada menu hidangan pembuka ada banyak jenisnya. Beberapa diantaranya ialah ketan bakar, martabak telor, tahu goreng cabe garam, tempe mendoan, tahu penyet, perkedel jagung, singkong goreng, ubi goreng, jagung rebus atau bakar, dan cireng bumbu rujak. Menu hidangan pembuka bisa anda nikmati dengan harga yang terjangkau. Cukup siapkan anggaran mulai Rp 12.500 hingga Rp 35.000 per porsi.

Bagaimana dengan hidangan utama di Day and Nite Eatery?

Pilihan menu utama tidak kalah banyak. Ada nasi timbel, nasi tungku, aneka olahan ikan gurame, nasi tutug oncom, dan nasi kampung. Di samping itu, masih ada aneka olahan ayam seperti ayam sambel hejo, ayam kremes, dan ayam penyet. Pilihan menu lainnya ada iga bakar penyet, soto Bandung, buntut bakar, sop buntut, sapi lada hitam, nasi ayam Hainan, sapo tahu, dan lain-lain.

Menu nusantara lainnya juga ada. Contohnya mie tek-tek, mie kocok, nasi goreng, kwetiau goreng dan kwetiau kuah. Siapkan dana antara Rp 30.000 hingga Rp 70.000 per porsi untuk memesan menu utama.

Sementara untuk hidangan penutup disediakan prata, pisang bakar, pisang goreng, colenak, roti bakar, es cendol, dan es tjampolay. Harga menu penutup berkisar antara Rp 15.000 hingga Rp 25.000 per porsi.

Pagi itu, kami tidak pesan menu utama. Rencananya, kami baru menikmati makan besar saat makan siang saja. Selesai jalan-jalan di lokasi, barulah kami akan pergi mencari makan. Jadi, saat itu kami hanya pesan cemilan ringan saja.

Sambil menunggu, kami melihat sekeliling. Ternyata, sudah ada burung cantik yang bisa dilihat. Kami membawa anak-anak untuk melihatnya. Kandangnya sangat besar. Anak-anak sangat senang bisa melihat burung tersebut. Mereka bisa melihat burung yang terbang ke sana kemari, berbunyi sangat cantik. Burung yang warna-warni juga menjadi daya tarik bagi anak-anak.

Tempe mendoan, sosis bakar, kentang goreng menjadi pilihan ngemil pagi saat itu. Minumannya pun hanya teh manis hangat saja. Cukup untuk mengisi perut dan memulihkan kakak Mirza yang sedang sakit kepala.

Alhamdulillah, setelah makan dan minum secukupnya, rasa sakit yang dirasakan Mirza mulai reda dan menghilang. Selesai menikmati cemilan, kami siap untuk menjelajah Bird and Bromelia Pavilion.

burung macaw di bird and bromelia pavilion bandung - catatan bunda

memberi makan burung di bird and bromelia pavilion bandung - catatan bunda

Harga Tiket Masuk Bird and Bromelia Pavilion

Sebelum masuk, kami harus membeli tiket masuknya. Berapa harga tiket masuk ke Bird and Bromelia Pavilion? Ada dua jenis harga tiket. Pertama ialah tiket untuk hari biasa (weekday) dan kedua ialah tiket untuk hari libur (weekend). Harganya juga berbeda.

Untuk hari biasa, tiket masuknya sebesar Rp 35.000 per orang. Sedangkan saat hari libur atau akhir pekan, tiket masuknya lebih tinggi, yaitu Rp 50.000 per orang. Pengunjung bisa membeli di loket tiket yang sudah disediakan tepat di pintu masuk.

Asyiknya, ada pilihan lain untuk membeli tiket yang jauh lebih mudah. Bagaimana caranya? Saat itu, kami memesan tiket masuk Bird and Bromelia Pavilion melalui aplikasi Traveloka. Ya, anda semua pasti sudah sangat familiar dengan Traveloka.

Anda bisa jelajahi saja aplikasi Traveloka. Lalu pilih atraksi wisata di Kota Bandung. Salah satunya akan muncul obyek wisata yang satu ini. Ikuti saja langkah-langkah yang sudah ditentukan oleh pihak Traveloka. Kami tidak pikir panjang lagi. Tiket masuk sudah berhasil kami beli sebelum tiba di lokasi.

Lebih seru lagi, harga tiketnya jauh lebih murah saat order melalui Traveloka. Asyik banget, ya? Jika membeli lewat loket on the spot, anda perlu membayar Rp 35.000 per orang saat hari biasa. Akan tetapi, saat itu kami memesannya lewat Traveloka. Kami dikenakan tarif masuk sebesar Rp 31.500 per orang. Lebih murah, belinya mudah dan praktis 😀

Saat tiba di loket, kami tinggal menunjukkan e-ticket yang kami terima lewat email. Petugas mengecek dan melakukan konfirmasi. Setelah itu, kami diberi tanda terima dan diperbolehkan untuk masuk ke dalam lokasi Bird and Bromelia Pavilion.

memberi makan burung merpati di bird and bromelia pavilion bandung - catatan bunda

Daya Tarik Bird and Bromelia Pavilion

Anak-anak sudah tidak sabar lagi untuk menjelajahi Bird and Bromelia Pavilion. Begitu masuk, kami sudah disambut oleh burung yang lucu-lucu. Sebetulnya, tempat wisata seperti apa sih Bird and Bromelia Pavilion Bandung?

Obyek wisata ini menghadirkan lebih dari 300 spesies burung. Semua pengunjung, mulai dari anak hingga orang dewasa bisa merasakan wisata edukasi dan interaksi secara langsung saat keliling di lokasi.

Mulai dari pintu masuk, kami sudah melihat burung merpati yang asyik jalan-jalan. Bukan terbang, lho ya. Mereka asyik jalan berkerumun di dalam. Mirip melihat ayam yang jalan bersama-sama di dalam rombongannya 😀

Tidak jauh dari pintu masuk, ada berbagai jenis burung macaw dan kakatua. Saat itu, ada satu orang petugas yang sedang berjaga di kawasan tersebut. Beliau berkata pada kami, bahwa burung-burung ini boleh diberi makan secara langsung oleh pengunjung.

mendengar penjelasan ayah mengenai aneka satwa di bird and bromelia pavilion bandung - catatan bunda

Mendengar hal tersebut, kami langsung tanya bisa dapat darimana makanan burungnya? Ternyata makanan burung bisa dibeli di loket masuk. Saya langsung berbalik arah bersama kakak Mirza untuk membeli paket makanan burung. Harga satu paket pakan burung bisa didapat hanya dengan Rp 5.000 per bungkus. Isinya ada beberapa jenis pakan. Ada yang berupa biji-bijian, ada jagung, dan beberapa jenis pakan lainnya.

Kami langsung mendekat ke burung macaw untuk memberi makan. Anak-anak pun senang sekali bisa berinteraksi langsung dengan burung-burung tersebut. Petugas ikut membantu mendampingi saat itu. Dari situ kami mendapat info bahwa ada burung yang masih belum terbiasa dan takut-takut. Seperti misalnya takut pada topi, takut dielus, dan lain sebagainya.

Jalan lagi ke bagian lain, kami bisa melihat burung yang lain. Serunya lagi, tidak hanya burung saja yang ada di kawasan obyek wisata keluarga yang satu ini. Ada banyak binatang lain seperti kura-kura, kelinci, ayam, dan bebek juga lho. Wah, cocok banget deh jalan-jalan ke sini sambil membawa anak-anak.

Pengunjung diberbolehkan untuk interaksi langsung dengan kelinci. Kakak dan adik masuk ke kandang dan memberi makan kelinci dengan wortel. Selesai memberi makan kelinci, anak-anak keluar dan jalan ke bagian yang lain.

review bird and bromelia pavilion bandung - catatan bunda

Sambil berhenti di tempat terbuka, kami lihat ada kerumunan burung merpati. Tanpa pikir panjang, kami langsung menebarkan pakan burung yang masih kami miliki. Burung-burung tersebut bereaksi dengan mengerubungi kami sekeluarga. Kakak dan adik gembira sekali sampai berteriak-teriak.

Sedang asyik berkeliling, tiba-tiba cuaca berubah. Hujan langsung turun dengan deras. Kami pun berteduh sebentar. Sambil menanti reda, anak-anak bisa melihat kandang berbagai burung dan unggas di tempat berteduh tersebut. Kakak dan adik sibuk mendengarkan penjelasan ayah di depan kandang berbagai satwa lucu tersebut.

Hujan siang itu ternyata lumayan lama. Jadi, kami terpaksa menerobos hujan supaya tidak terjebak terlalu lama. Sambil mengikuti rute yang tersedia, kami tiba di toko souvenir. Banyak souvenir asli yang bisa anda temui di sini. Jika tertarik, anda bisa membeli saja beberapa jenis yang anda sukai.

toko souvenir di bird and bromelia pavilion bandung - catatan bunda

Toko souvenir ini menjadi pemberhentian terakhir saat jalan-jalan di taman burung yang lucu ini. Selesai dari toko souvenir, kami tiba di pintu keluar.

Secara keseluruhan, tempat wisata ini sangat baik untuk wisata bersama keluarga. Apalagi bagi anak-anak. Konsep edukasi di sini sangat berguna bagi anak-anak. Sambil jalan-jalan, kami bisa bercerita berbagai hal seputar dunia burung dan satwa lainnya. Banyak ilmu baru dan menarik yang didapatkan oleh anak-anak.

Sampai di sini dulu cerita dan petualangan jalan-jalan di Bird and Bromelia Pavilion. Selamat liburan dan wisata keliling kota Bandung. Sampai jumpa di kisah keluarga kami berikutnya 😀

(Visited 2 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ada Pertanyaan?

Channel Youtube

Copyright 2017 - Catatan Bunda