Belajar Aneka Hewan di Lautan, Aktivitas Asyik Bersama Anak di Rumah

Kali ini, kami menjelajah dan belajar aneka hewan di lautan. Selama di rumah saja, tentunya para bunda mencari berbagai kegiatan supaya bisa mengatasi rasa bosan anak. Mulai dari berkreasi membuat karya, bermain, baca buku, bercerita sepertinya semua sudah dilalui. Benar atau betul, ibu-ibu? 😀

Sampai akhirnya saya ingat kalau pernah menyimpan satu buah link tentang informasi laut dalam yang menarik. Website ini bisa dijadikan materi aktivitas yang menarik untuk dilakukan bersama anak-anak.

Walaupun informasi dari website ini sudah saya terima sekitar 2 tahun yang lalu. Akan tetapi, belum punya kesempatan untuk melihat dan belajar aneka hewan di lautan bersama dengan anak-anak. Pada akhirnya, saya akan mengulas bagaimana informasi ini menjadi sangat menarik dan bermanfaat untuk anak.

Belajar Aneka Hewan di Lautan - catatan bunda 2020

Belajar Aneka Hewan di Lautan

Ada hewan dan tumbuhan apa saja di laut?

Jawaban umum pasti berbagai jenis ikan, udang, kepiting, kura-kura, rumput laut, coral dan cumi-cumi.

Lalu, bagaimana jika kita melihat laut lebih dalam? Ada apa saja di dalamnya? Semakin lama kami belajar aneka hewan di lautan, saya dan anak-anak tenggelam dalam keseruan melihat aneka macam ciptaan Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Ayo kita mulai, dari laut dangkal ketemu apa saja?

Mulai dari kedalaman 0-100 meter banyak hewan laut yang kita kenal. Termasuk si bintang film Nemo (Clown Fish) dan temannya Dory (Blue Tang) juga muncul hehehe.

Warna laut bergradasi dari biru terang hingga gelap. Hal ini disebabkan daya tembus cahaya matahari ke dalam lautan. Semakin dalam laut, maka cahaya matahari tidak bisa menembusnya.

Cloud Hosting Indonesia

Kita bisa mendapatkan beraneka macam satwa laut untuk tiap kedalaman laut yang berbeda. Mulai kedalaman 200 meter pun, hewan-hewan aneh sudah mulai bisa kita temukan.

Belajar Aneka Hewan di Lautan aktivitas anak seru di rumah - catatan bunda 2020

Menambah Informasi dan Perbendaharaan Kosa Kata

Awalnya saya skeptis saat mau mulai menelusuri informasi di website ini. Saya berpikir, anak-anak hanya melihat-lihat jenis hewan dan tumbuhan laut saja. Akan tetapi, ternyata lebih dari itu.

Keseruan belajar aneka hewan di lautan dimulai dengan keterbatasan pengetahuan saya tentang laut dalam. Hal tersebut memaksa saya harus membuka beberapa tab di browser untuk terjemahan dan mencari informasi tambahan lainnya.

Mulai dari saya yang melakukan, sampai akhirnya Mirza sendiri yang mengoperasikan dan memanfaatkan fitur google translate dan browsing informasi tanpa bantuan saya lagi.

Karena kegiatan belajar yang berulang ini, akhirnya Mirza mulai mahir mengetik. Selain itu, menambah kosa kata bahasa Inggris dan juga mendengarkan pelafalan yang benar.

Belajar kehidupan di Lautan dalam dan kehidupannya - catatan bunda 2020

Belajar Aneka Hewan di Lautan Sambil Visualisasi Ukuran Asli Satwa

Ketika menemukan keterangan ukuran hewan tertentu, saya berinisiatif untuk memakai meteran. Sebagai contoh, Japanese Spider Crab adalah kepiting terbesar yang diketahui dengan rentang kaki maksimum 3,8 meter.

Maka kami mulai mengukur bersama Mirza. Saya memegang salah satu ujungnya dan Mirza menarik meteran tersebut sampai angka menunjukkan 380 cm atau sama dengan 3,8 meter.

Dengan cara sederhana tersebut, Mirza jadi punya bayangan seberapa besar ukuran nyata dari hewan tersebut. Kakinya saja sepanjang itu, bagaimana kalau hewan tersebut berada langsung di hadapannya.

aktivitas anak sekolah untuk Belajar di rumah saja - catatan bunda 2020

Praktek Belajar yang Menyenangkan

Aktivitas belajar aneka hewan di lautan ini sangat menarik bagi saya dan anak-anak. Setiap menemukan hal menarik, Mirza mulai membaca bilangan kedalaman laut yang tercantum di layar.

Contohnya:

Telescope Octopus ditemukan pada kedalaman 2011 meters (dibaca: dua ribu sebelas meter).

Saya sangat terbantu ketika Mirza berminat untuk membaca aneka bilangan ini. Seperti materi pelajaran yang sedang dipraktekkan di sekolah. Dengan aktivitas seperti ini, Mirza bisa mempraktekkan pelajaran sekolah dengan cara yang menyenangkan.

Beberapa fakta menarik yang kami temukan dari laut dalam:

  1. Kedalaman 332 meter adalah penyelaman terdalam yang pernah dilakukan manusia. Ditetapkan oleh Ahmed Gabr pada 2014.
  2. Bentuk makhluk laut lucu menggemaskan yang nanti bisa ditemukan seperti Sea Angels dan Dumbo Octopus.
  3. Bentuk makhluk aneh sampai menyeramkan yang mungkin menjadi inspirasi pembuat cerita komik seperti Pokemon dan juga cerita monster lainnya.
  4. Semakin dalam laut, semakin sepi karena tidak semua mampu bertahan hidup dengan kondisi ekstrim di dasar lautan.

kegiatan keluarga di rumah saja - catatan bunda 2020

Dengan fakta-fakta dari proses belajar aneka hewan di lautan, kami tersadar kekuasaan Allah yang Maha Besar dan tidak ada batasannya. Tidak ada yang mustahil bagi-Nya.

Pada kondisi laut dingin dan bisa membekukan semuanya, ada hewan lautan yang bernama Patagonian Toothfish. Hewan ini memiliki protein anti beku di jaringannya untuk mencegah pembekuan pada suhu di bawah nol.

Jumlah makanan sangat langka di laut dalam. Makhluk laut dalam telah beradaptasi dengan kondisi makanan yang langka seperti ini. Salah satunya ialah Giant Isopoda yang bisa bertahan hidup selama lima tahun tanpa makan.

Pada tanggal 23 Januari 1960, sekitar 9 tahun sebelum pendaratan di bulan, manusia pergi ke tempat yang belum pernah mereka alami sebelumnya. Dua orang pria, Jacques Piccard dan Don Walsh, berada di dalam kapal selam Trieste perlahan turun ke Palung Mariana.

Lalu, apakah Jacques Piccard dan Don Walsh berhasil mencapai titik dasar lautan terdalam?

Nah, bagi Ayah dan Bunda yang penasaran, bisa mengajak buah hati tercinta untuk beraktivitas bersama putra / putri tercinta. Anda bisa belajar aneka hewan di lautan dengan menjelajah laut dalam pada link berikut ini:

https://neal.fun/deep-sea/

Selamat belajar bersama keluarga! Have fun 😀

(Visited 89 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *