Free Update

Daftar di sini untuk mendapat info menarik dari Catatan Bunda yang dikirim langsung ke alamat email Anda. 

Gratis ^_^

Bandung Creative Hub, Wadah Para Seniman untuk Berkarya

Siang itu cuaca Bandung cerah sekali. Beberapa hari sebelumnya cuaca lumayan bikin mager di rumah. Banyak mendung dan hujannya.

Akhirnya saat ada momen yang pas dan cuaca yang cerah, kami jalan keluar rumah.

Kali ini main ke mana? Yang dekat dari rumah saja, berkunjung ke satu lokasi baru yang keren banget menurut saya.

Tujuan gedung ini didirikan supaya bisa menjadi satu pusat kegiatan baru bagi warga kota Bandung, terutama di bidang seni.

Ya, namanya Gedung Bandung Creative Hub.

Ada apa saja di dalam gedung cantik ini? Ikuti yuk review dan kisahnya berikut ini 😀

Bandung Creative Hub - foto di bagian depan

Review Bandung Creative Hub, Pusat Kegiatan Seni di Paris van Java

Pertanyaan pertama yang muncul. Sebetulnya, tempat apa ini?

Gedung ini dirancang sebagai satu tempat berkegiatan bidang seni dari para seniman dan warga kota Bandung yang memiliki ketertarikan tersendiri pada area ini.

Oleh sebab itu, dari desain bagian luar gedungnya saja sudah terlihat nyentrik dan unik. Menandakan tempat ini ditujukan sebagai tempat berkarya di bidang seni yang biasanya identic dengan karya yang nyentrik dan unik. Selaras dengan desain dari gedung.

Keunikan lainnya ialah gedung ini terlihat memiliki warna yang macam-macam dan sangat terlihat mencolok dari jalanan di sekelilingnya.

 

Kapan Gedung Bandung Creative Hub diresmikan?

Gedung ini baru saja diresmikan oleh Walikota Bandung, Pak Ridwan Kamil beserta Wakil Walikota. Tanggal berapa peresmiannya?

Bandung Creative Hub diresmikan pada tanggal 28 Desember 2017. Baru kurang lebih satu bulan diresmikan.

Jadi saat kami ke sana, masih ada yang belum sempurna. Tidak masalah buat kami. Dalam waktu dekat, pasti para petugas akan berjuang untuk menyempurnakan seluruh fasilitas yang ada di dalamnya 😀

 

Alamat Lengkap Bandung Creative Hub

Jika mau berkunjung ke Bandung Creative Hub, di mana alamat lengkapnya?

Anda bisa menuju ke Jalan Laswi Nomor 5, Kacapiring, Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat 40271.

Letaknya dekat dari rumah kami. Cukup membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 15 menit jika jalan raya dalam keadaan yang tidak terlalu padat.

 

Waktu Operasional Bandung Creative Hub

Untuk kantor manajemen di gedung ini, normalnya beroperasi pada jam kerja. Yaitu dari jam 09.00 WIB hingga jam 16.00 WIB.

Lalu, untuk café yang ada di sini, waktu operasionalnya lebih panjang yaitu hingga jam 22.00 WIB. Sedangkan untuk area co working space yang gratis bisa digunakan sepuasnya.

 

Fasilitas dan Keunikan di Gedung Bandung Creative Hub

Gedung yang baru diresmikan ini memiliki 5 lantai dan ditambah dengan taman di atasnya. Anda bisa menikmati pemandangan sekeliling Kota Bandung dari atas atap gedung.

Bahkan kita bisa melihat hingga Stadion sepakbola dari Klub Persib yang ada di Jalan Ahmad Yani. Saat kami jalan-jalan hingga ke bagian atas, sedang berlangsung pertandingan sepakbola yang bisa kami nikmati dari atap Bandung Creative Hub.

 

Tempat Parkir

Bagi anda yang membawa kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil, jangan khawatir. Anda bisa memarkir kendaraan di tempat parkir yang telah disediakan.

Untuk motor, anda bisa parkir di bagian basement gedung. Sedangkan mobil, tersedia lahan parkir di area belakang gedung.

 

Tempat Sholat

Bagi anda yang beragama Islam, anda bisa sholat di mushola yang sudah disediakan di dalam gedung ini. Anda bisa menemukannya di area lantai 1.

Recommended Info  20 Tips Liburan Hemat Menyenangkan Bersama Keluarga

 

Co-Working Space Gratis

Begitu jalan kaki mengarah masuk gedung, kita akan berjalan ke atas melalui tangga warna-warni yang sangat unik dan mencuri perhatian.

Ada yang unik di sini. Apa itu?

Di bagian kanan dan kiri dari tangga, telah disediakan co-working space yang bisa anda gunakan secara GRATIS. Selama tempatnya kosong, anda bebas untuk memanfaatkan tempat tersebut untuk bekerja, rapat, atau berdiskusi mengenai berbagia macam hal.

Bandung Creative Hub - co working space gratis

Pada bagian ini disediakan meja panjang beserta dengan kursi yang nyaman untuk digunakan. Tentunya dilengkapi dengan colokan kabel bagi anda yang memerlukan daya listrik untuk bekerja dan beraktivitas.

Apa minusnya di sini? Yang kami rasakan dari pemantauan sekilas, suara kendaraan yang lalu lalang di jalan depan gedung masih terdengar di sini.

Barangkali anda yang membutuhkan konsentrasi tinggi saat beraktivitas akan memerlukan alat bantu seperti headset khusus supaya suara bising dari jalanan bisa lebih teredam.

 

Cafe Anak Muda yang Kozi

Selesai anda mendaki anak tangga, anda akan langsung dihadapkan dengan satu ruangan yang dilapisi oleh kaca yang bening.

Setelah kami lihat, ternyata ruangan tersebut digunakan sebagai cafe. Namanya cafe Kozi 😀

Cafe unik yang ditujukan untuk para pengunjung Bandung Creative Hub. Nuansa yang modern, penataan ruang yang keren, membuat para pengunjung bisa memanfaatkan ruangan café ini untuk bekerja.

Bandung Creative Hub - Cafe Kozi - blog catatan bunda

Sesuai dengan namanya yang pelesetan dari cozy atau nyaman. Tempat ini menyajikan satu kenyamanan tersendiri bagi aktivitas pekerjaan anda di sini, baik sendiri atau bersama dengan komunitas.

Pada setiap meja di dalam cafe Kozi, telah dipasang colokan kabel. Jadi selain sebagai tempat makan dan minum, cafe ini berfungsi ganda sebagai co-working space juga. Tempat bekerja.

Saat kami ke sana, kami melihat ada beberapa orang yang sedang asyik beraktivitas dengan laptopnya. Di samping itu, kami sempat melihat ada komunitas kecil yang sedang belajar Bahasa Jepang.

Sambil santai, sambil nongkrong, bisa disertai kegiatan bermanfaat seperti belajar bahasa asing hingga bekerja.

Ada apa saja menu makanan dan minuman di cafe Kozi?

Variasi menunya masih sedikit. Entah karena baru saja buka sebulan yang lalu atau memang didesain dengan jumlah menu yang tidak terlalu banyak. Kami tidak tahu pasti.

Harga menu makanan dan minuman di cafe ini tidak terlalu mahal. Masih terjangkau oleh orang-orang dan anak muda zaman now 😀

Anda bisa memesan dan melakukan pembayaran langsung di meja kasir. Saat pesanan makanan dan minuman anda sudah siap, nama anda akan dipanggil oleh mas-mas petugas yang mengelola cafe ini. Setelah itu anda mengambil dan membawa sendiri pesanan ke meja makan anda.

Menu yang ditawarkan kurang lebih tercantum di gambar berikut ini:

Bandung Creative Hub - menu cafe - blog catatan bunda

 

Oya, saat kami berkunjung ke sana, pembayaran makanan dan minumannya masih harus cash / menggunakan uang tunai. Mesin EDC untuk pembayaran dengan kartu debit masih belum tersedia.

Anda kurang kenyang makan di sini? Gampang, saat anda selesai jalan-jalan keliling di sini, anda bisa langsung cusss aja ke tujuan kuliner Bandung lainnya, seperti makan di bakso tengkleng 😀

 

Kantor Manajemen

Jika anda membutuhkan informasi lebih jauh seputar Bandung Creative Hub, anda bisa mampir ke kantor manajemen. Letaknya di satu lantai yang sama dengan café Kozi.

Recommended Info  Tempat Wisata di Baturaden, Aneka Destinasi Berlibur yang Indah

Anda bisa berjalan ke arah belakang dari café Kozi. Tepat di ujung koridor, anda bisa menemukan kantor manajemen.

Secara umum, ada beberapa peraturan khusus yang diterapkan manajemen pada seluruh pengunjung. Peraturan ini ditetapkan supaya tercipta kenyamanan dan kebersihan di area gedung bagi seluruh warga yang sedang beraktivitas.

Apa saja peraturan yang ditetapkan? Beberapa peraturan dasar sebagai berikut:

  • Dilarang membawa makanan;
  • Dilarang membawa binatang atau hewan peliharaan;
  • Dilarang merokok di dalam area gedung;
  • Dilarang membuat kegaduhan di dalam gedung.

 

Ruang Perpustakaan

Tepat di sebelah ruang manajemen, terdapat ruang perpustakaan. Saat kami masuk, ada satu komunitas kecil yang lagi berkumpul dan berdiskusi. Kami tidak tahu, mereka dari komunitas apa.

Tepat saat akan masuk ke ruang perpustakaan Bandung Creative Hub, anda dipersilakan untuk melepas sandal atau sepatu yang anda kenakan.

Desainnya asyik banget. Di dalamnya disediakan tempat-tempat khusus seperti saung, hanya saja dalam bentuk yang modern dan kekinian. Dilengkapi dengan alas duduk di dalamnya.

Bandung Creative Hub - saung baca di perpustakaan - blog catatan bunda

Lalu, anda bisa duduk dan membaca buku dengan posisi yang sangat santai dan rileks. Wah, bisa jadi salah satu surga para penikmat buku nih. Apakah anda salah satunya?

Ketika itu, koleksi bukunya belum banyak. Masih banyak rak buku yang kosong. Mudah-mudahan dalam beberapa minggu atau bulan ke depan, koleksi bukunya bisa jauh lebih banyak dan lengkap.

Ruang perpustakaan ini bisa anda gunakan hingga maksimal jam 17.00 WIB. Setelah jam tersebut, ruangan akan ditutup.

 

Ruangan Fungsional Lainnya

Saat anda menjelajahi gedung Bandung Creative Hub, anda bisa jalan kaki dengan naik tangga atau naik menggunakan lift yang terletak di tengah-tengah gedung.

Lift ada dua buah. Satu untuk naik dan satu untuk turun. Ukuran liftnya tidak terlalu besar ya, jadi tidak akan muat untuk memuat terlalu banyak orang.

Bandung Creative Hub menyediakan banyak ruangan yang bisa digunakan untuk berbagai tujuan. Tentunya masih berhubungan dengan kegiatan seni.

Jenis ruangan yang tersedia di sana diantaranya ialah sebagai berikut:

  1. Ruang kelas
  2. Studio musik
  3. Studio fotografi
  4. Studio fashion
  5. Studio kriya
  6. Studio tari
  7. Studio game anemasi dan render
  8. Ruang rapat atau workspace khusus
  9. Aula
  10. Ruang bioskop atau teater

 

Yang menarik, salah satu ruangan fungsional yang tersedia di sini ialah BDA (Bandung Design Archive). Ruangan ini digunakan untuk mengarsipkan karya desain dan karya lain yang masih berkaitan dengan perkembangan desain di Bandung.

Bandung Creative Hub - design archive - blog catatan bunda

Sejak tanggal 11 Desember 2015, UNESCO menobatkan kota Bandung menjadi kota desain. Jadi Bandung Design Archive akan menjadi langkah awal untuk menjaga perkembangan desain di sini.

Pada waktu mendatang, akan dikembangkan lagi menjadi konsep Museum Desain. Saat kami berkunjung ke sana, ruangannya masih dikunci, belum dibuka untuk umum.

 

Aneka Lukisan Unik

Pemandangan menarik lainnya yang bisa kita temui saat ada di dalam gedung ialah hampir pada tiap dinding di tiap lantai diisi dengan lukisan.

Bandung Creative Hub - lukisan dinding - blog catatan bunda

Baik itu lukisan yang menggunakan frame khusus berukuran kecil, lukisan abstrak, hingga lukisan karikatur tokoh khas Jawa Barat seperti Cepot berukuran besar di dinding. Anda bisa menemuinya di setiap lantai.

Tiap lantai lukisannya berbeda-beda, jadi anda tidak akan bosan dengan lukisan yang sama di setiap lantainya.

Bandung Creative Hub - lukisan karikatur - blog catatan bunda

 

Ruangan di Tiap Lantai

Ada ruangan apa saja di tiap lantai Bandung Creative Hub? Berikut ini informasi lengkapnya:

Recommended Info  Teras Cihampelas Bandung, Ikon Wisata Unik di Tengah Kota

Lantai 1

  • Lobi utama
  • Cafe
  • Mushola
  • Toko desain
  • Lift

 

Lantai 2

  • Lobi utama
  • Kantor manajemen
  • Ruang co-working
  • Perpustakaan
  • Cafe
  • Lift

 

Lantai 3

  • Auditorium
  • Studio tari, game animasi dan render
  • Studio musik
  • Ruang arsip
  • Lift

 

Lantai 4

  • Studio fotografi
  • Kantor
  • Ruang kelas 1, 2, 3, dan 4
  • Lift

 

Lantai 5

  • Aula
  • Studio kriya dan FEALAC Youth
  • Studio fashion
  • Lift

 

Bagaimana video tampilan building tour yang kami lakukan saat di Bandung Creative Hub yang baru saja resmi dibuka? Anda bisa nikmati pada video perjalanan kami berikut ini:

Jangan lupa untuk subscribe yah 😀

Untuk toilet, sudah tersedia di tiap lantai, jadi jangan khawatir. Toilet juga tersedia dalam dua jenis, yaitu toilet untuk pria dan toilet untuk wanita.

Anda bisa menemukan beraneka macam spot foto menarik di dalam gedung ini. Tentunya spot foto yang instagrammable 😀

Bandung Creative Hub - spot foto instagrammable - blog catatan bunda

 

Syarat Pinjam Ruangan di Bandung Creative Hub

Dengan begitu banyaknya ruangan, apakah bebas untuk digunakan oleh siapapun? Sebelum menggunakan aneka ruangan yang ada di Bandung Creative Hub, ada baiknya anda ikuti penjelasan berikut ini.

Konsepnya, gedung ini digunakan untuk para pekerja seni dan yang bidang-bidang yang masih terkait dengan seni.

Oleh sebab itu, ada syarat khusus yang harus anda perhatikan supaya bisa meminjam ruangan di sini.

Satu syarat utama yaitu kegiatan anda harus berkaitan dengan satu dari 16 sub sektor ekonomi kreatif berikut ini:

  1. Musik
  2. Kuliner
  3. Kriya
  4. Fotografi
  5. Film, animasi, dan games
  6. Fashion
  7. Desain produk
  8. Desain komunikasi visual
  9. Desain interior
  10. Arsitektur
  11. Aplikasi dan game developer
  12. Televisi dan radio
  13. Seni rupa
  14. Seni pertunjukan
  15. Periklanan
  16. Penerbitan

Itulah 16 sub sektor yang diperbolehkan untuk mengajukan peminjaman ruangan yang ada di Bandung Creative Hub.

Syarat selanjutnya apa?

Anda harus mengirim semacam surat pengantar kepada pihak manajemen gedung. Di dalam suratnya, anda bisa menjelaskan asal instansi atau komunitas anda, jenis kegiatan yang ingin anda lakukan di sana, tanggal berapa pelaksanaannya, nomor kontak dan penjelasan lain yang diperlukan.

Setelah itu, anda serahkan surat pengantar tersebut untuk diatur jadwalnya oleh pihak manajemen gedung. Jika surat pengantar anda diterima, maka anda akan mendapatkan izin untuk menggunakan ruangan untuk kegiatan anda.

Berapa biaya yang dibutuhkan untuk meminjam ruangan di Bandung Creative Hub?

Biaya pinjam ruangan di gedung ini GRATIS. Anda tidak usah bayar biaya sewa untuk pinjam 😀

Siapkan saja dana secukupnya untuk memberi upah bagi petugas kebersihan yang bertugas di ruangan tempat anda meminjam ruangan.

Selama kegiatan anda memenuhi syarat di 16 kategori di atas dan tidak bentrok jadwalnya dengan kegiatan lain, maka kemungkinan besar peminjaman ruangan anda akan diterima.

Asyik ya, wadah bagi anda yang bergerak di bidang seni sudah bertambah. Semoga bisa dijaga dan dimanfaatkan sebaik-baiknya dengan karya yang terbaik.

Demikian kisah jalan-jalan singkat kami di siang hingga sore hari yang cerah kala itu. Jika tertarik dengan seni, anda bisa memasukkan lokasi ini sebagai salah satu tujuan anda saat berlibur ke Bandung.

Semoga ada manfaatnya bagi para pembaca yang berkunjung di blog kami. Sampai jumpa di episode selanjutnya.

Jika bermanfaat, bantu share ya supaya makin banyak yang tahu wadah untuk seni di Bandung Creative Hub 😀

(Visited 88 times, 3 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mari Berteman di Media Sosial

Subscribe Catatan Bunda di Youtube

Copyright 2017 Blog Catatan Bunda

Template Mewarnai untuk AnakDownload di sini
+ +

Hadiah untuk Anda

Download PULUHAN TEMPLATE halaman mewarnai untuk anak di rumah.

GRATIS ^_^

You have Successfully Subscribed!