Grup Diskusi

Ada pertanyaan dari informasi di Catatan Bunda? Bisa ditanyakan langsung di Grup

Bandeng Presto Semarang, Oleh-Oleh Khas Langganan Keluarga

Jauh-jauh pulang kampung, belum lengkap rasanya jika belum beli bandeng presto Semarang. Sudah menjadi tradisi kami sekeluarga untuk membeli oleh-oleh khas Semarang yang satu ini. Oleh sebab itu, pada hari terakhir liburan, kami sempatkan untuk pergi ke toko.

Agenda di hari terakhir liburan memang sudah santai. Kami fokuskan pada wisata kuliner ke beberapa lokasi. Pagi harinya kami menikmati soto ayam Mbak Lin. Selesai sarapan soto ayam, kami baru pergi untuk membeli oleh-oleh. Salah satunya ialah bandeng presto Semarang.

Bagaimana cerita perjalanan kami berburu oleh-oleh khas Semarang? Ikuti terus cerita lengkapnya di bawah ini ya. Selamat menyimak 😀

toko oleh-oleh khas bandeng presto semarang - catatan bunda

Berburu Bandeng Presto Semarang di Toko Langganan

Pulang kampung atau jalan-jalan selalu identik dengan berburu oleh-oleh. Termasuk saat kami liburan keluarga di Semarang. Sudah pasti kami akan membawa oleh-oleh khas Semarang saat pulang kembali ke Bandung.

Ada banyak oleh-oleh khas Semarang yang bisa dibeli oleh para wisatawan. Beberapa diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Bandeng presto
  • Wingko babat
  • Lumpia khas Semarang
  • Roti Ganjel Rel
  • Tahu bakso
  • Mochi gemini
  • Lontong Spekkoek Waiki
  • Tumpi
  • Kue Sarang Madu
  • Roti Brillian
  • Brownies Opium
  • Torakur

Bagaimana dengan keluarga kami? Oleh-oleh yang biasa kami buru biasanya hanya bandeng presto dan wingko babat saja. Saat pulang kampung lagi, kami akan coba berburu oleh-oleh khas Semarang yang lainnya.

Bagi para wisatawan yang pernah ke Semarang, tentu sudah tidak asing dengan jenis oleh-oleh di atas. Bagaimana dengan anda? Apa oleh-oleh khas Semarang yang menjadi favorit? Silakan share di kolom komentar yah 😀

Siang itu sangatlah panas. Setelah selesai makan, kami berangkat menuju toko langganan tempat membeli oleh-oleh. Kami biasa membeli di Toko Bandeng Juwana. Toko ini merupakan salah satu legenda dalam pusat belanja oleh-oleh khas, termasuk bandeng presto khas Semarang.

suasana toko bandeng presto semarang - catatan bunda

Lokasi Toko Bandeng Juwana Semarang

Toko Bandeng Juwana sudah berdiri sejak tahun 1981. Hingga saat ini, Bandeng Juwana sudah memiliki beberapa cabang yang tersebar di kota Semarang. Dengan demikian, para pengunjung bisa memilih lokasi yang lebih dekat dan lebih nyaman. Biasanya kami berkunjung ke lokasi toko yang ada di Jalan Pandanaran Semarang. Akan tetapi, ada tantangan tersendiri saat mau mampir ke toko tersebut.

Toko di Jalan Pandanaran terletak di jalan raya yang sangat padat. Salah satu jalan utama di kota Semarang. Akan tetapi, lahan parkir yang tersedia sangat terbatas. Dengan demikian, seringkali kami kesulitan untuk mendapatkan parkir mobil. Bahkan, kami pernah parkir di restoran cepat saji yang terletak di seberang jalan toko Bandeng Juwana.

Untungnya sekarang Toko Bandeng Juwana sudah bertambah. Jadi, kami bisa lebih leluasa berkunjung ke lokasi lainnya. Di mana saja letak cabang toko yang lain? Berikut ini informasinya:

Bandeng Juwana Elrina – Pandanaran

Jalan Pandanaran nomor 57 Semarang 50244 (buka setiap hari pukul 07.00 – 23.00 WIB

Bandeng Juwana Elrina – Pamularsih

Jalan Pamularsih nomor 70 Semarang 50148 (buka setiap hari pukul 07.00 – 21.00 WIB)

Elrina Restaurant

Jalan Pandanaran nomor 83 Semarang (buka setiap hari pukul 07.00 – 22.00 WIB)

Bandeng Juwana Elrina – Ngaliyan

Jalan Prof. Dr. Hamka nomor 41, Ngaliyan Semarang (buka setiap hari pukul 07.00 – 21.00 WIB)

Ke mana pilihan kami untuk membeli bandeng presto Semarang? Pastinya tidak di cabang jalan Pandanaran. Faktor utamanya ialah kesulitan parkir saat berada di lokasi. Kami akhirnya memilih untuk datang ke cabang yang ada di Jalan Pamularsih. Anda bisa temukan lokasi pembelian bandeng presto khas Semarang pada peta di bawah ini:

Setiba di sana, pilihan kami benar. Lahan parkirnya masih tersedia dalam jumlah memadai. Gedungnya juga masih terlihat baru. Sepertinya usia cabang di Pamularsih ini masih belum lama. Saat datang, kami tidak kesulitan untuk parkir mobil. Pengunjung juga belum terlalu ramai, jadi lebih nyaman saat memilih oleh-oleh.

Pilihan Oleh-Oleh di Toko Bandeng Juwana Semarang

Bisa dibilang, toko Bandeng Juwana ini merupakan pusat oleh-oleh khas Semarang yang serba ada. Beragam jenis oleh-oleh tersedia di toko yang satu ini. Salah satu produk favorit kami sekeluarga ialah bandeng presto khas Semarang.

Beberapa jenis makanan dan oleh-oleh yang tersedia di Bandeng Juwana antara lain:

  • Olahan ikan bandeng;
  • Wingko babat;
  • Lumpia
  • Roti
  • Tahu bakso;
  • Pia
  • Kerupuk dan keripik;
  • Jenang / dodol;
  • Abon;
  • Gula-Gula;
  • Aneka jenis minuman;

Olahan ikan bandeng yang tersedia pun sangat banyak variasinya. Dijamin anda bisa kebingungan saat memilih karena jenis olahan yang sangat banyak. Mulai dari bandeng teriyaki, bandeng duri lunak, bandeng dalam sangkar, bandeng otak-otak, bandeng duri keras asap. Ukuran tiap menu juga beragam, mulai dari ukuran kecil hingga yang besar.

belanja oleh-oleh khas semarang di toko bandeng juwana - catatan bunda

Harga tiap menu bandeng presto Semarang juga berbeda. Contohnya, untuk harga bandeng duri lunak ialah sebagai berikut:

Isi 5 – 6 ekor harganya Rp 102.000 / kg;

Isi 4 ekor harganya Rp 107.000 / kg;

Isi 3 ekor harganya Rp 112.000 / kg.

Kami beli bandeng presto khas Semarang tidak banyak. Cukup untuk menuntaskan rasa kangen saja. Rasa bandeng presto Semarang di toko ini sangat khas. Ada rasa gurih dari ikan bandeng yang sudah sangat lunak tersebut. Ya, seluruh bagian ikan bandeng ini bisa dimakan karena proses masaknya dengan cara presto.

Selain itu, tiap ikan bandeng diberi pendamping berupa sambal dengan ciri khas Bandeng Juwana. Tenang saja, rasa sambel pendampingnya tidak terlalu pedas. Justru dominan rasa manisnya. Akan tetapi, sangat nikmat saat dipadukan dengan bandeng presto Semarang yang sudah dibeli sebelumnya.

Tidak hanya bandeng presto Semarang yang bisa anda dapatkan di sini. Tahu bakso misalnya. Anda bisa membeli tahu bakso mulai dari Rp 6.500 / pcs – Rp 8.000 / pcs. Perbedaan harga tahu bakso terletak dari isian pada tiap tahu bakso. Variasi isiannya ada daging ayam, daging bandeng, daging sapi, dan daging kepiting.

bandeng presto semarang salah satu oleh-oleh khas - catatan bunda

Bagi para penikmat lunpia, anda bisa membeli juga di toko ini. Harganya bervariasi. Mulai dari Rp 150.000 hingga Rp 170.000 / besek. Tiap besek berisi 10 buah lunpia. Perbedaan harganya juga sama, terlihat dari tambahan isian dari tiap jenis lunpia. Ada yang memakai isian daging ayam, daging sapi, daging bandeng, dan daging kepiting. Isian utama lunpia tetap sama, yaitu terdiri dari rebung dan telur.

Oleh-oleh khas Semarang lainnya yang jadi favorit banyak orang ialah wingko babat. Berapa harganya? Ada tipe apa saja? Wingko babat punya banyak variasi isian. Sangat memanjakan para wisatawan dengan berbagai selera yang berbeda. Beberapa isian wingko babat yang bisa dinikmati ialah sebagai berikut:

  • Kelapa muda (Rp 3.500 / pcs);
  • Nangka (Rp 4.500 / pcs);
  • Coklat (Rp 4.000 / pcs);
  • Durian (Rp 5.500 / pcs);
  • Aren (Rp 4.000 / pcs);
  • Coklat Chip (Rp 4.500 / pcs);
  • Pisang (Rp 3.700 / pcs);
  • Kopi (Rp 3.700 / pcs);

Satu paket berisi 20 buah wingko babat. Jika anda mau pesan dengan berbagai rasa juga bisa. Toko Bandeng Juwana menyediakan paket wingko babat dengan isian campur. Satu dus dijual dengan harga Rp 87.500 / dus. Selain itu, disediakan juga wingko babat ukuran mini dengan harga Rp 53.000 / dus.

Selesai memilih bandeng presto Semarang, kami menuju kasir untuk membayar. Pembayaran pesanan sangat fleksibel. Selain memakai uang tunai, pengunjung bisa membayar dengan kartu debit dari berbagai bank. Jika anda perlu mengambil uang tunai, di bagian bawah toko juga tersedia beberapa ATM dari bank besar di Indonesia seperti Mandiri, BCA, dan BNI.

Bagi anda yang sedang berlibur di Semarang, pastikan untuk membeli oleh-oleh khas Semarang. Jenisnya sangat banyak, seperti yang sudah kami sebutkan pada awal cerita. Salah satu tempat favorit kami untuk membeli oleh-oleh ialah di Toko Bandeng Juwana. Anda bisa mendapatkan berbagai jenis oleh-oleh di satu tempat. Satu jenis yang jadi favorit keluarga ialah bandeng presto Semarang.

Demikian cerita kami saat berburu oleh-oleh khas Semarang. Semoga memberikan informasi yang bermanfaat bagi para pembaca. Selamat menikmati suasana Semarang dan berkeliling ke berbagai tujuan wisata. Seperti salah satunya ialah kawasan Simpang Lima dan Grand Maerakaca Semarang. Terimakasih banyak sudah berkenan menyimak. Sampai jumpa pada kisah perjalanan keluarga kami berikutnya 😀

(Visited 678 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Grup Diskusi

Channel Youtube

Copyright 2017 - Catatan Bunda