Free Update

Nikmati update cerita Catatan Bunda langsung di smartphone Anda. GRATIS ^_^

Bandara Internasional Kertajati 2019, Perubahan Rute dan Info Lainnya

Indonesia kini memiliki bandar udara baru, yaitu Bandara Internasional Kertajati. Bandara ini menjadi bandar udara terbesar kedua di Indonesia berdasarkan luas wilayah setelah Bandara Internasional Soekarno Hatta di Jakarta. Bandara ini terletak di Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat.

Apakah ada pembaca setia Catatan Bunda yang tinggal di Majalengka? Salam kenal dan salam hormat dari kami ya.

Baru-baru ini juga muncul peraturan baru dari pemerintah. Ada beberapa rute penerbangan pesawat yang dialihkan. Awalnya pesawat akan lepas landas dan mendarat di Bandara Husein Sastranegara, Bandung. Pada peraturan yang baru, maskapai tersebut akan mulai beroperasi di Bandara Internasional Kertajati.

Rute penerbangan mana saja yang dialihkan ke Bandara International Kertajati? Bagaimana akses transportasi untuk menuju ke Bandara internasional yang baru? Simak informasi lengkapnya pada artikel berikut ini ya. Semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

info penting seputar bandara internasional kertajati 2019 - catatan bunda

Rute Penerbangan Bandara Internasional Kertajati 2019

Peraturan baru dari pemerintah akan berlaku efektif mulai tanggal 1 Juli 2019. Total ada 11 rute penerbangan yang dialihkan dari Bandara Husein Sastranegara (BDO) menuju Bandara Internasional Kertajati (KJT).

Hampir semua rute penerbangan yang dialihkan ialah rute maskapai penerbangan domestik. Sedangkan rute maskapai internasional masih dipertahankan di Bandara Husein Sastranegara. Salah satu pertimbangannya ialah mempertahankan potensi wisata Kota Bandung untuk menerima kedatangan wisatawan internasional.

bandara internasional jawa barat di majalengka - catatan bunda

Rute Penerbangan Maskapai di Bandar Udara Kertajati 2019

Berikut ini ialah rute Bandara Internasional Kertajati 2019 dari maskapai penerbangan lokal:

Maskapai Garuda Indonesia

Rute penerbangan tujuan Denpasar – Bali (DPS);

Maskapai Lion Air

Rute penerbangan tujuan Pekanbaru (PKU), Banjarmasin (BDJ), Medan (KNO), Batam (BTH), Makassar (UPG), Surabaya (SUB), Balikpapan (BPN), Lombok – Nusa Tenggara Barat (LOP), Pontianak (PNK);

Maskapai Citilink

Rute penerbangan tujuan Denpasar (DPS), Pekanbaru (PKU), Medan (KNO), Palembang (PLM);

Maskapai Air Asia

Rute penerbangan tujuan Denpasar – Bali (DPS);

Maskapai Xpress Air

Rute penerbangan tujuan Palembang (PLM) dan Padang (PDG).

rute penerbangan maskapai di bandara internasional kertajati 2019 - catatan bunda
Sumber foto: Dishub Jabar

Sedangkan rute penerbangan maskapai di Bandara Husein Sastranegara Bandung 2019 ialah sebagai berikut:

DOMESTIK

Maskapai Wings Air

Rute penerbangan tujuan Bandar Lampung (TKG), Solo – Jawa Tengah (SOC), Malang – Jawa Timur (MLG), Semarang (SRG), Halim Perdanakusuma Jakarta (HLP), Surabaya (SUB), Yogyakarta (JOG);

Maskapai Nam Air

Rute penerbangan tujuan Semarang (SRG);

Maskapai Citilink

Rute penerbangan tujuan Halim Perdanakusuma Jakarta (HLP);

INTERNASIONAL

Maskapai Silk Air

Rute penerbangan tujuan Singapura (SIN);

Maskapai Malindo Air

Rute penerbangan tujuan Kuala Lumpur – Malaysia (KUL);

Maskapai Air Asia

Rute penerbangan tujuan Singapura (SIN) dan Kuala Lumpur – Malaysia (KUL).

rute penerbangan bandara husein sastranegara bandung - catatan bunda
Sumber foto: Dishub Jabar

Perubahan rute penerbangan ini tentu akan mempengaruhi masyarakat sebagai pengguna transportasi udara. Akan ada masa adaptasi, apalagi bagi para penumpang yang sudah terbiasa terbang dan mendarat di Bandara Husein Sastranegara Bandung.

Sebelum bepergian menggunakan pesawat, tentu ada persiapan yang harus dilakukan. Jangan lupakan aneka tips traveling sebelum anda berlibur naik pesawat bersama keluarga.

Daftar Operator Moda dan Tarif Bandara Internasional Jawa Barat 2019

Salah satu tujuan didirikannya Bandara Internasional Kertajati ialah meningkatkan kualitas dari bandara sebelumnya, yaitu Bandara Husein Sastranegara Bandung. Bandar udara kebanggaan kota Bandung ini memiliki keterbatasan saat akan dikembangkan. Pihak pengelola juga mengalami kesulitan saat akan meningkatkan panjang landasan pacu pesawat.

Untuk menambah landasan pacu menjadi 2.200 meter saja, pihak pengelola Bandara Husein Sastranegara harus menebang gunung yang ada di sekitar bandara. Sementara itu, Bandara Internasional Kertajati saat ini memiliki landasan pacu tunggal sepanjang 2.500 meter. Dalam perkembangannya, landasan pacu ini akan ditingkatkan lagi menjadi 3.000 meter.

Apakah sudah ada operator transportasi yang membuka rute menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB)? Saat ini sudah ada beberapa operator yang siap melayani para penumpang. Rutenya pun berasal dari berbagai kota yang terletak di sekitar Bandara Kertajati. Beberapa diantaranya ialah dari kota Bandung, Cirebon, Cikarang, Kuningan, Tasikmalaya, Sumedang, Indramayu, Purwakarta, dan Majalengka.

Berikut ini tabel beberapa operator yang siap melayani para penumpang untuk menuju Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Daftar operator transportasi menuju bandara kertajati 2019 - catatan bunda
Sumber foto: Dishub Jabar

Informasi tariff tiap operator moda transportasi bisa berubah sewaktu-waktu. Ada baiknya, para calon penumpang menghubungi tiap operator untuk menanyakan update tariff yang berlaku.

Rute Aksesibilitas Dari dan Ke Bandar Udara Kertajati 2019

Sebagai salah satu calon pengguna bandara, kami sekeluarga belum terbayang akses jalan menuju ke sana. Kebiasaan selama ini, kami terbang melalui Bandara Soekarno Hatta di Jakarta atau Bandara Husein Sastranegara di Bandung. Untuk menuju ke Bandara di Bandung, sudah tidak perlu dibayangkan lagi. Proses menuju bandara Husein bisa sangat cepat dan mudah.

Sedangkan untuk menuju Bandara Soekarno Hatta di Jakarta perlu persiapan lebih panjang. Seperti saat liburan Idul Fitri 2019 beberapa waktu lalu. Saat itu, kami pergi dari Bandung menuju ke Bandara Soekarno Hatta untuk terbang ke rumah kakak di Pekanbaru. Minimal sisihkan waktu 5 jam (lebih banyak lebih baik) untuk perjalanan dari Bandung menuju ke bandara.

Kehadiran bandara Kertajati diharapkan bisa mendongkrak perekonomian dari kawasan yang berada di sekitar lokasi bandara. Baik itu perekonomian kota, kabupaten, provinsi Jawa Barat, hingga perekonomian nasional secara keseluruhan.

Oleh sebab itu, akses menuju Bandara terus menerus ditambah dan ditingkatkan. Saat tulisan ini ditulis, memang sudah ada beberapa jalan tol yang sedang dalam proses pembangunan. Salah satunya ialah jalan tol Cisumdawu (Cileunyi – Sumedang – Dawuan).

Sebagai gambaran, berapa sih jarak dari berbagai kota menuju Bandara Kertajati sekaligus waktu tempuhnya? Berikut ini ilustrasi sederhananya:

lokasi dan jarak bandara kertajati dari kota lain - catatan bunda
Sumber foto: Dishub Jabar

Untuk keperluan lain-lain, anda bisa hubungi langsung pihak bandara. Anda bisa hubungi Bandara Kertajati melalui Call Centre resmi dengan nomor telepon 138.

Demikian informasi singkat mengenai Bandara Internasional Kertajati 2019. Semoga ulasan sederhana ini bisa membuat para pembaca sekalian lebih mengenal bandara baru ini. Jika ada informasi dan update terbaru seputar Bandara Kertajati, akan kami update secara berkala melalui blog Catatan Bunda.

Sekian dulu sajian informasi seputar Bandara Kertajati. Sampai jumpa lagi pada cerita dan perjalanan kami lainnya. Terimakasih banyak 😀

(Visited 27 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ada Pertanyaan?

Channel Youtube

Copyright 2017 - Catatan Bunda