Free Update

Dapatkan update mingguan GRATIS dari Catatan Bunda yang akan dikirim langsung ke alamat email Anda

Bakso President Malang, Sensasi Kuliner di Pinggir Rel Kereta Api

Bakso President Malang.Β Cerita kali ini merupakan bab ketiga dari rangkaian traveling saya dan suami ke Malang. Salah satu tujuan kami pergi keluyuran berdua ialah berburu tempat makan enak di Malang. Ya, kami berdua doyan banget sama makanan enak.

Buktinya, di blog ini banyak banget tulisan soal makanan, seperti salah satunya Bebek Kaleyo Bandung. Itulah salah satu kegemaran kami πŸ˜€

Nah, pada kesempatan kali ini kami menikmati Bakso President, salah satu tempat kuliner yang ada di Malang. Seperti apa cerita selengkapnya?

Lokasi Bakso President Malang di Pinggir Rel Kereta Api - Catatan Bunda

Review Bakso President Malang

Kami tiba di kota Malang hari Jumat pagi. Seperti cerita kami di bagian pertama dan kedua, saya dan suami baru check in ke Hotel Atria Malang saat Jumat siang, setelah Sholat Jumat. Istirahat sejenak, mandi dan membersihkan badan sudah membuat kami segar kembali.

Kami menyadari, waktu perjalanan di Malang tidak lama. Jadi saya dan suami sepakat untuk tidak membuang waktu untuk berdiam diri saja di dalam hotel. Kalau hanya mau banyak istirahat dan tidur-tiduran, di rumah sendiri pun bisa πŸ˜€

Akhirnya setelah selesai sholat Asar, kami melanjutkan petualangan di Malang. Ke mana destinasi kami kali ini? Sekarang waktunya untuk wisata kuliner. Kami sepakat untuk pergi ke Bakso President Malang. Saat browsing dan mencari informasi sebelumnya, tempat makan ini banyak menjadi rekomendasi para wisatawan. Kami pun jadi penasaran untuk ikutan coba seenak apa sih rasa Bakso President Malang.

Bakso President Malang berdiri sejak tahun 1977. Nama Bakso President ini timbul karena lokasinya dulu yang berada di belakang Bioskop President yang saat ini sudah tutup. Saat ini Bioskop President sudah berganti menjadi Hotel Savana Malang.

Alamat Lengkap Bakso President Malang

Di mana alamat lengkap Bakso President Malang? Kita bisa menemukan kedai bakso ini di Jalan Batanghari No 5, Rampal Celaket, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65111.

Baca juga  Bakso Mantep Solo, Wisata Kuliner Bandung yang Pedasnya Juara

Kami berdua jalan kaki dari Hotel Atria ke lokasi Bakso President Malang. Jaraknya jauh? Gak juga, kami perlu waktu sekitar 20 menitan untuk jalan kaki dari hotel ke lokasi.

Jalan kaki, serius tuh? Iya beneran, kami jalan kaki. Kesempatan ini kami manfaatin untuk tanya ke Om Google. Dari Google Maps, bisa dilihat jarak dari hotel sekitar 1,5 km. Teman-teman bisa lihat di peta yang terlampir di bawah ini. Kami ikuti rute yang ada tanda titik-titik berwarna biru.

Jalan kaki dari hotel atria - catatan bunda

Kami pikir, wah lumayan lah, ga terlalu jauh. Jalan santai aja dulu. Sekalian lihat suasana yang ada di sekeliling jalanan kota Malang. Akhirnya, jalan deh kami sampai ke tempat. Saat kami jalan dan mengamati Jalan S. Parman, kami melewati banyak showroom jual beli mobil bekas.

Dari kumpulan informasi ini, langsung masuk ke memori kami berdua bahwa Jalan S. Parman jadi satu sentra jual beli mobil bekas di Kota Malang. Jalurnya gimana?

Berhubung kami tidak tahu jalan pintas, kami nurut saja dengan arahan yang ada di Google Maps. 20 – 30 menit kemudian, kami tiba di lokasi. Pas sampai di alamat, langsung deh kami bisa lihat kedai bakso yang lokasinya unik. Ada di pinggir rel kereta api πŸ˜€

Kedai Bakso President Malang buka setiap hari, dari Senin sampai hari Minggu. Anda bisa datang mulai dari jam 08.00 WIB hingga jam 21.30 WIB.

Aneka menu di Bakso President - catatan bunda

Menu dan Harga Bakso President Malang

Sesampainya di alamat Bakso President Malang, kami langsung masuk untuk melakukan pemesanan.

Ada menu apa saja di sana? Kita bisa menikmati olahan bakso daging sapi tentunya. Ditambah aneka variasi menu seperti bakso urat, bihun, mie kuning, ati ampela, dan beraneka jenis bakso. Aneka jenis bakso yang disediakan di sini diantaranya bakso kecil, bakso besar, bakso tulang muda, bakso telur, dan bakso bakar.

Baca juga  Restoran Everfresh Fish Market Jakarta, Surganya Pecinta Seafood

Berapaan harganya?

Anda bisa menikmati satu porsi bakso mulai dari harga Rp 15.000 hingga Rp 31.000 per porsinya.

Saat itu, kami pesan bakso campur biasa dengan harga Rp 16.000 per porsi. Selain itu, salah satu yang terkenal di Bakso President Malang ialah bakso bakarnya. Kami pesan satu porsi yang berisi 4 tusuk dengan harga Rp 12.000 per porsi. Satu tusuknya berisi 4 buah bakso bakar.

Porsi yang disajikan kurang? Tenang, anda bisa pesan baksonya secara satuan. Misalkan anda mau tambah bakso tulang muda, bakso urat, siomay atau lainnya. Anda bisa langsung bilang saja ke karyawan yang bertugas.

Tempat Penyajian Bakso President - catatan bunda

Setelah pesanan lengkap, anda bisa langsung melakukan pembayaran di kasir. Apakah bisa melakukan pembayaran dengan kartu debit? Sayangnya di Kedai Bakso President Malang tidak bisa. Anda hanya bisa melakukan pembayaran secara tunai di sini.

Kita bisa memilih meja makan, apakah mau di dalam ruangan atau di luar. Jika tidak mau terlalu pengap, anda bisa pilih lokasi meja makan yang ada di bagian luar. Bentuk kedainya sederhana, tidak terlalu besar. Saat kami masuk ke kedai utama dan melakukan pemesanan, terasa agak gelap dan pengap saat itu. Jadi akhirnya kami pilih meja makan yang di bagian luar saja.

Keunikan Bakso President Malang

Bagaimana rasa dari Bakso President? Menurut kami, rasanya enak. Baksonya empuk, kuah kaldunya juga enak. Kami tambahin sambal ke mangkok bakso kami, karena kami suka banget sama makanan yang pedas. Rasa pedas dari sambalnya ga main-main, pedasnya terasa.

Jadi, tips sederhana buat anda, nambahin sambalnya sedikit dulu lalu cobain, sudah pas atau belum. Jangan sampai kebanyakan sambal, baksonya ga bisa dinikmati kalau anda kepedesan πŸ˜€

Selain bakso campur, kami pesan satu porsi bakso bakar.

varian bakso bakar di bakso president - catatan bunda

Bakso bakar, sesuai namanya, bakso ini diolah dengan cara dibakar. Setelah matang, diberi kuah kecap. Jadi manis banget rasanya. Menurut kami, bakso bakarnya enak. Dominan banget rasa manisnya karena disiram kuah kecap. Selain itu, terasa banyak tepung atau kanjinya dibandingkan daging. Berasa kenyal banget saat kami kunyah. Pikiran kami langsung melayang ke salah satu kuliner khas Bandung, yaitu cilok πŸ˜€

Baca juga  Bakso Tengkleng Mas Bambang Bandung, Porsi Mantap Harga Terjangkau

Anda bisa makan langsung atau anda bisa tambah dulu dengan sambal yang tersedia di tiap meja makan. Awas, netes air liurnya πŸ˜€

Kami pilih meja makan yang ada di bagian luar. Tepat di sebelah rel kereta api. Saat kami menikmati makan bakso, tiba-tiba kereta api melintas. Langsung bergetar deh meja makan kami πŸ˜€

Awalnya kami dengar suara klakson keretanya saja dari kejauhan. Saya dan suami mulai excited, sampai menunggu keretanya lewat. Sensasinya beda dan unik buat kami berdua. Sesekali menikmati makan bakso di tempat makan enak sambil melihat kereta api yang lewat.

Buat kami, turis yang baru datang ke Malang, hal ini jadi pengalaman baru yang menarik sekali πŸ˜€

Selain melihat kereta api, jika beruntung, anda bisa menikmati β€œhiburan” lainnya.

Apa itu?

Sering ada β€œbencong” atau β€œwaria” yang mengamen dan menyanyi beberapa lagu di lokasi Bakso President Malang. Jika anda kebagian momen tersebut, nikmati saja ya, hihi πŸ˜€

Bakso President Malang - catatan bunda

Jika anda sedang wisata dan berlibur ke Malang, anda bisa sisihkan waktu untuk wisata kuliner di Bakso President Malang. Mau jalan kaki seperti kami? Boleh banget, hehehe πŸ˜€

Rencana awalnya, kami cuma mau pesan satu porsi saja, karena mau melanjutkan wisata kuliner ke tempat lainnya. Akan tetapi, saat sampai ke lokasi, berasa sayang kalau ga pesan. Jadinya pesan masing-masing deh, ahahahaha πŸ˜€

Selesai juga petualangan kami di Bakso President Malang. Waktunya kami melanjutkan petualangan keluyuran ke tempat menarik lainnya yang ada di kota Malang. Sampai ketemu di episode berikutnya.

(Visited 1,572 times, 11 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe Channel Youtube

Copyright 2017 Blog Catatan Bunda