Ada yang tahu Bakso Solo belakang BIP? Banyak yang begitu karena dulu posisinya di belakang BIP. Rata-rata kalau pernah jadi mahasiswa di Bandung harusnya tau hehe.

Jadi pertama kali saya coba bakso ini, kapan ya? Zaman dahulu kala deh. Sekitar tahun 2004, saat masih jadi mahasiswa. Terbiasa makan bakso itu kudu pedas, begitu semangkok bakso pesanan saya datang. Langsung cemplung cemplung cemplung. 3 sendok sambel masuk ke mangkok. Aduk-aduk siap disantap, sambil tiup supaya tidak terlalu panas.

Haaap. Begitu sampai mulut rasanya jeggeerrr, puuueeedes dan paaanaass. Tapi yang namanya the power of mahasiswa. Sayang uang daripada perut, dengan segenap jiwa raga saya habiskan seporsi cabe rasa bakso itu (karena lebih terasa cabe dari pada baksonya) 😀

Lokasi Kedai Bakso Manteb Solo

Sempat lama sekali saya ga pernah mampir lagi ke kedai bakso Suroto di belakang BIP ini. Pas pernah lewat lagi di sana, kedainya sudah tidak ada. Wah, kedai bakso mantep Solo ini pindah kemana ya? Pikir saya.

Saya browsing deh. Sampai akhirnya ketemu lokasi kedai barunya. Di mana lokasi alamat lengkap Bakso Mantep Solo yang baru?

Nah, bagi anda yang ingin menjelajah salah satu wisata kuliner Bandung, anda bisa menemukan restoran ini di Jalan Aceh No 41, Babakan Ciamis, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40117.

Nama yang tertera di spanduknya Bakso Mantep Gunung Giri Solo. Kalau di Google Map namanya “Bakso Mantep Cabang Solo”.

Restoran Bakso Mantep Solo berbentuk ruko yang ada parkiran di halamannya. Lokasinya strategis, ada di seberang Masjid Al-Ukhuwah dan Restoran BMC (Bandoengsche Melk Centrale). Mereka sudah pindah ke lokasi ini kurang lebih 5 tahunan.

kedai bakso mantep solo -blog catatan bunda

Tantangan di Kedai Bakso Mantep Solo

Parkirannya tidak terlalu besar, hanya muat untuk beberapa mobil saja di dalam halaman Kedai Bakso Manteb Solo. Ditambah beberapa mobil yang diparkir paralel di luar halaman. Untuk parkir motor, anda bisa parkir di seberang jalan. Tepat di depan ruko.

Jadi, jangan heran saat anda ke sini, salah satu tantangannya ialah mendapatkan tempat parkir mobil. Tak jarang anda harus antri untuk sekedar mendapatkan tempat parkir untuk kendaraan pribadi anda. Mau hari biasa atau hari libur sekalipun, lokasi wisata kuliner satu ini selalu penuh pengunjung yang penasaran ingin menikmati kelezatan dan sensasi pedasnya 😀

Salah satu tipsnya, anda bisa parkir di area basement Masjid Al-Ukhuwah Kota Bandung yang terletak di seberang Restoran Bakso Mantep Solo. Setelah itu, tinggal berjalan kaki dari Masjid ke lokasi restoran. Akan tetapi, jangan ditanya jika saat weekend (hari Sabtu dan Minggu) atau hari libur nasional.

Parkiran bisa sangat penuh oleh pengunjung. Baik di basement masjid hingga ke halaman parkir Bakso Mantep Solo. Anda harus lebih sabar menunggu untuk mendapat tempat parkir.

halaman parkir kedai bakso mantep solo - blog catatan bunda

Ada yang kurang dari Bakso Suroto ini. Jadi tantangan tersendiri buat anda. Apa itu? Kurang gede tempatnya 😀

Jadi tamu banyak yang susah dapat tempat duduk. Mau di tempat lama atau yang sekarang, sama saja. Akan tetapi, dengan reputasinya yang sangat baik, pengunjung pun tetap setiap menanti tersedia tempat duduk yang kosong.
Begitu anda melihat ada bangku kosong, langsung “tancepin” aja.. Anda duduk di situ.

kedai bakso mantep solo yang penuh tiap hari - blog catatan bunda

Saat itu, saya dan suami membawa rombongan keluarga besar kami untuk mencicipi kuliner di Bakso Manteb Solo. Total rombongan kami sekitar 9 orang. Saat itu kondisi kedai Bakso Manteb Solo sangat ramai.

Rombongan kami tidak langsung dapat tempat duduk semua. Jadi harus rela antri dan menunggu tempat duduk lain kosong, baru kami bisa duduk. Saat ada tempat duduk kosong, saya langsung memanfaatkan barang bawaan kami, seperti tas, topi, buku, sandal atau apa saja buat nge-tag bangku kosong itu untuk tempat duduk keluarga saya hihihi 😀

Tempat yang sekarang sebenarnya sudah jauh lebih nyaman saya rasa, karena sudah seperti  tempat makan pada umumnya ada meja panjang dan bangku. Ukurannya sudah jauh lebih besar. Kalau tempat dulu, berasa makan di gerobak tukang bakso emperan saja. Ada tempat duduk, tapi makan bakso sambil pegang mangkoknya.

Waktunya Makan Bakso Mantep Solo 😀

Seporsi bakso Solo komplit ini berisi:

Mie / bihun, bakso halus dan urat, tahu, yang disiram oleh kuah kaldu. Lalu ciri khas dari Bakso Mantep Solo ini ada tetelan daging dan tulang rawan.

Bagi yang suka, di sini disediakan tambahan untuk menyantap semangkok bakso. Apa itu?

Mereka menyiapkan kacang atom. Ceritanya sebagai pengganti kerupuk. Anda tinggal ambil saja berapa banyak kemasan kacang atom yang anda perlukan. Kurang lebih satu porsi bakso mantep Solo akan terlihat seperti ini.

Bakso Mantep Solo Wisata Kuliner Bandung yang Nikmat dan Pedas - blog catatan bunda

Apa lagi keunikan dari bakso solo yang satu ini? Yang juara di sini, seperti cerita saya di awal, yaitu tingkat kepedasan sambalnya yang mantab jiwa 😀

Buat pecinta pedas, boleh ditambah sambelnya.  Tapi hati-hati cobain 1 sendok kecil dulu ya. Jika kurang pedas, tinggal ditambah lagi sambelnya. Seporsi bakso ini dilengkapi dengan tambahan merica di dalamnya, jadi makin panas dan pedas.

Jika anda doyan makan pedas, tidak masalah dengan merica. Tips bagi anda yang tidak terlalu suka rasa pedas yang terlalu menyengat, bisa bilang ke karyawan bakso Mantep Solo saat melakukan pemesanan, “Tidak usah ditambahi merica”.

antrian pesanan bakso mantep solo - blog catatan bunda

Nanti anda tinggal menambahkan sambalnya saja, sesuaikan dengan tingkat pedas yang anda inginkan. Lain waktu, saya ke sana lagi. Dengan pengalaman makan sebelumnya, saya hanya mengambil sambelnya cukup sesendok kecil aja. Saat saya santap, waaah, jauh lebih terasa maknyusnya.

Berapa harga satu porsi bakso mantep Solo? Saat ini, harga satu porsinya Rp Rp 20.000 per mangkok.

Anda bisa pilih isinya, apakah bakso Solo yang komplit atau tidak. Di sini harga per porsinya dipukul rata sama semua, yaitu Rp 20ribu per porsi, mau anda pesannya bakso yang komplit atau bukan.

Jika anda minta seporsi bakso tanpa tahu, misalkan, maka di mangkok anda akan ditambahi lebih banyak bakso atau tetelan daging. Untuk kacang atom, dijual dengan harga Rp 2.000 per bungkus.

Sedangkan minuman seperti teh botol atau air mineral, dijual dengan harga Rp 4.000 per botol. Oya, di sini hanya menerima pembayaran dengan uang tunai saja. Saat kami makan di sana, pihak pengelola bakso mantep Solo belum menyediakan mesin pembayaran untuk kartu debit.

Seperti apa preview lokasinya? Simak dalam video sederhana berikut ini:

Info Menarik Lainnya

Setelah selesai makan dan melakukan pembayaran, ada banyak pilihan aktivitas yang bisa anda lakukan. Terlebih jika anda masih ingin melakukan aktivitas di sekitar lokasi kedai Bakso Manteb Solo.

Bagi yang muslim, anda bisa sholat di Masjid Al-Ukhuwah yang terletak di seberang jalan dari lokasi Kedai Bakso. Jalan kaki sebentar, sudah sampai ke lokasi masjid. Masjidnya besar dan sejuk. Anda bisa wudhu di tempat wudhu yang disediakan di bagian bawah. Begitu selesai, tinggal menuju ke ruang sholat di lantai atas.

Selanjutnya, selain ke Masjid Al-Ukhuwah, Anda juga bisa jalan kaki sedikit lebih jauh. Mengarah ke seberang jalan lagi dari lokasi Masjid, yaitu ke lokasi Balaikota Bandung dan Taman Sejarah. Anda bisa menikmati pemandangan dan kegiatan bersantai seperti yang kami rasakan saat bermain bersama anak di Taman Sejarah.

Mudah-mudahan saat anda berkunjung, cuacanya sedang cerah dan tidak terlalu ramai ya tamannya. Jadi bisa lebih asyik saat jalan-jalannya dan bisa menikmati suasana. Ingin menikmati suasana yang berbeda?

Anda bisa berkunjung ke Gedung Perpustakaan Kota Bandung untuk wisata edukasi anak yang terletak di Jalan Ambon.  Jika sedang ingin menikmati indahnya pemandangan alam, anda bisa ke arah utara kota Bandung. Lalu menikmati wisata alam ke Orchid Forest Cikole

Alternatif lainnya, anda bisa bermain di arena permainan anak yang ada di pusat perbelanjaan besar di Bandung seperti Kidzoona yang ada di Paskal Hypersquare. Demikian cerita kami saat berwisata kuliner di Kedai Bakso Mantep Solo. Kini, saatnya anda mencoba dan nikmati sensasinya.

Selamat mencoba 😀

(Visited 4,611 times, 2 visits today)