Grup Diskusi

Ada pertanyaan dari informasi di Catatan Bunda? Bisa ditanyakan langsung di Grup

Bakmi Jowo DU 67, Wisata Kuliner Otentik dengan Nuansa Pedesaan

Petualangan kuliner kali ini waktunya untuk menikmati Bakmi Jowo DU 67. Salah satu jenis kuliner yang umurnya sudah cukup lama. Dari mana kami tahu? Sejak beberapa tahun yang lalu, kami pernah mengajak kedua orangtua untuk makan di tempat makan tersebut. Tepatnya sebelum anak pertama kami lahir 2013 silam. Hingga saat ini, restoran Bakmi Jowo DU 67 masih tegak berdiri untuk melayani para pelanggan.

Di Bandung, banyak sekali tempat makan baru yang bermunculan. Akan tetapi, hal tersebut tidak membuat restoran Bakmi Jowo yang satu ini tergusur. Seperti halnya nasi kuning Pak Rowi, salah satu tempat kuliner legendaris di Bandung. Kami lihat, restoran ini tidak kehilangan pelanggan. Masih banyak konsumen yang datang untuk menikmati sajiannya.

Kami akhirnya bisa mendatangi lagi tempat makan tersebut setelah 5 tahun kemudian. Perjalanan kali ini sederhana saja. Kami rencananya mau menikmati makan malam, lalu kembali pulang setelah selesai. Jadi, kami berangkat dari rumah sore hari menjelang waktu sholat Maghrib.

Ada menu makanan apa saja di restoran Bakmi Jowo DU 67?

Ada hal yang berbeda sejak kami kulineran di sana 5 tahun yang lalu?

Berapa harga makanannya?

Ikuti cerita lengkap kami saat kulineran di sana yuk. Selamat menyimak dan semoga menjadi informasi yang bermanfaat bagi anda sekalian. Jika bermanfaat, silakan share ya, gak perlu ijin πŸ˜€

suasana restoran bakmi jowo DU 67 bandung - catatan bunda

Menikmati Bakmi Jowo Klasik di Bandung

Kangen menikmati sajian kuliner khas Jawa menjadi salah satu penyebabnya. Hal tersebut sudah cukup membawa kami datang ke Bakmi Jowo DU 67. Sore itu cuaca cerah, di rumah sedang tidak masak. Oleh sebab itu, kami memilih untuk kulineran di luar saja. Sambil menerawang dan mengingat tempat, tiba-tiba suami nyeletuk, β€œGimana kalo makan malam di Bakmi Jowo aja?”

Bakmi Jowo yang dimaksud ini ialah restoran yang pernah kami coba 5 tahun yang lalu. Kami pun sepakat dan langsung bersiap-siap. Perjalanan menuju ke lokasi tidak memerlukan waktu lama. Kondisi jalanan Bandung sedang ramah sore itu. Jalanan terlihat padat, tetapi pada arah yang berlawanan dengan tujuan kami. Jadi perjalanan relatif lancar dan tidak memakan waktu lama. Setelah perjalanan kurang lebih 30 menit, kami sudah tiba di lokasi.

Kendaraan langsung kami parkir di depan restoran. Pengunjung sedang tidak terlalu ramai, mungkin karena belum masuk primetime untuk makan malam. Berbeda jika sedang waktu makan malam, parkiran akan sangat penuh. Kami belum tentu bisa langsung parkir kendaraan di lahan yang tersedia.

Alamat Lengkap Bakmi Jowo DU 67

Letak restoran Bakmi Jowo yang satu ini tidak berubah. Sejak 5 tahun yang lalu hingga saat ini, lokasinya masih sama. Restoran terletak di jalan yang strategis dan dekat dengan keramaian. Oleh sebab itu, pengunjung sangat mudah untuk datang dan wisata kuliner di dalamnya.

Di mana alamat lengkapnya?

Restoran Bakmi Jowo DU 67 bisa ditemukan di Jalan Dipati Ukur nomor 67, Kota Bandung 40132.

Dari alamat inilah muncul nama Bakmi Jowo DU 67. Inisial DU berasal dari nama jalan tempat restoran itu, yaitu Jalan Dipati Ukur (DU). Satu jalan penting yang terletak di Kota Bandung.

Restorannya terletak di seberang salah satu universitas swasta di Bandung. Tempat makan ini ukurannya lumayan besar. Dari perkiraan kami, tempat ini bisa menampung puluhan konsumen sekaligus jika sedang penuh.

Bakmi Jowo DU 67 terletak persis di belokan jalan. Mudah sekali ditemukan dan dilihat dari berbagai arah. Anda mau datang naik sepeda motor? Bisa sekali. Atau mau kulineran ke sana naik mobil? Bisa juga. Lahan parkir tersedia di depan restorannya.

Satu tips yang harus diingat, coba datang pada saat longgar. Di luar jam makan pada umumnya. Restoran akan lebih longgar dan nyaman untuk dinikmati.

meja kasir dan kedai kopi multatuli di bakmi jowo DU 67 bandung - catatan bunda

Pilihan Menu Makanan dan Harga

Menu makanan apa saja yang bisa dinikmati di restoran ini? Sesuai namanya, pengunjung akan disuguhi menu kuliner khas Jawa. Khususnya menu makanan khas Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sepertinya pemilik tempat kuliner enak ini berasal dari kabupaten tersebut. Para pembaca bagaimana, ada yang berasal dari Gunung Kidul juga? πŸ˜€

Bakmi Jowo DU 67 menyediakan beberapa makanan sebagai berikut:

  • Bakmi godhog, nyemek, dan goreng;
  • Bihun godhog, nyemek, dan goreng;
  • Nasi goreng mawut, magelangan, soloan, dan nasi goreng putih;
  • Capcay godhog, nyemek, dan goreng;
  • Zupa soup;
  • Krengsengan sayap, brutu, paha, kepala, ayam suwir, ati ampela.

Jika anda menghendaki lauk tambahan, pilihannya pun ada banyak. Pengunjung bisa memilih lauk tambahan seperti sayap ayam, brutu, ati ampela, paha, ayam suwir, extra telur, telur ceplok, dan telur dadar. Selain itu, tersedia juga berbagai pilihan kerupuk, tempe bacem, tahu bacem, dan telur puyuh bacem sebagai lauk pelengkap.

Bagaimana dengan harga menu makanannya? Harga menu di Bakmi Jowo DU 67 bervariasi, tergantung pada jenis makanannya. Untuk pilihan menu makanan utama, harganya Rp 27.000 untuk porsi kecil dan Rp 30.000 untuk porsi biasa. Baik itu menu bakmi, bihun, nasi goreng, dan capcay semua harganya sama.

Sementara lauk tambahan dan krengsengan harganya berbeda. Harganya berkisar antara Rp 8.000 hingga Rp 16.000 per porsi. Sementara untuk kerupuk dan bacem, kisaran harganya antara Rp 4.000 hingga Rp 7.000 per buahnya.

Selain menu utama, pengunjung bisa memesan menu jajanan lainnya. Menu modern mulai disediakan oleh pihak restoran. Ketika 5 tahun yang lalu kami wisata kuliner ke restoran tersebut, pilihan menu baru ini belum tersedia. Area penyedia jajanannya diberi nama Kopi Multatuli.

Beberapa jajanan yang disediakan di Kopi Multatuli antara lain roti bakar dan aneka kopi. Bagi anda penggemar kopi, bisa juga lho ngopi-ngopi di sini. Pilihannya lumayan banyak. Bagaimana dengan kami? Seperti pemirsa tahu, kami merupakan penikmat kopi susu. Jadi, cappuccino panas menjadi opsi yang menarik untuk kami. Harga cemilannya berkisar antara belasan ribu hingga dua puluh ribuan per porsinya πŸ˜€

sajian kopi capuccino hangat di kopi multatuli bakmi jowo DU 67 bandung - catatan bunda

Suasana Tempat Makan

Secara desain, kami melihat ada perbedaan dari desain tempat makan sebelumnya. Tampilannya sudah jauh berbeda. Jendela lebar dengan kaca menjadi salah satu perbedaannya. Ruangan menjadi terlihat lebih modern, tetapi nuansa tradisionalnya tetap terasa.

Nuansa kayu dan bambu di dalam ruangan menjadi penyebabnya. Pengunjung dibawa ke dalam suasana pedesaan yang tradisional. Ditambah alunan musik Jawa makin mempertebal suasana jadul yang diusung oleh restoran Bakmi Jowo DU 67. Pengunjung bisa makin hanyut saat menikmati sajian makanan. Berasa menikmati makanan sambil berada di pedesaan.

Lampu yang dipasang juga tidak terlalu terang. Lampu warna orange menjadi pilihan. Dengan demikian, nuansanya terasa lebih hangat jika dibandingkan memakai lampu berwarna putih terang.

Faktor lainnya ialah dari para pegawai. Seluruh pegawai dan pramusaji di restoran ini memakai pakaian batik. Menurut kami sebagai pengunjung, pakaian batik bisa menyimbolkan beberapa hal. Pertama, para pegawai terlihat lebih rapi dan bersih. Kedua, makin terasa nuansa Jawa di dalam restoran tersebut.

Tata letak lainnya yang berubah ialah letak dapurnya. Jika dulu dapur diletakkan menghadap ke Jalan Multatuli, kini diubah. Dapur tempat memasak pesanan pengunjung diarahkan menghadap ke Jalan Dipati Ukur. Kami rasa karena jalan Dipati Ukur jauh lebih ramai dilewati orang.

Dengan demikian, letak dapur yang terbuka bisa menjadi daya tarik bagi orang yang sedang melewati jalan tersebut. Para pengunjung bisa melihat secara langsung bagaimana pesanannya sedang dimasak. Seluruh koki yang memasak pun seragamnya sama, yaitu menggunakan seragam batik.

Citarasa Makanan

Kami langsung saja pesan beberapa menu. Pilihan kami jatuh kepada menu mie godhog alias mie rebus yang pedas untuk kami berdua, nasi goreng pedas untuk adik, dan mie rebus tanpa cabe untuk anak-anak. Satu porsi mie rebus ini cukup untuk dimakan berdua oleh anak-anak.

Ukuran porsi biasanya lumayan besar. Jadi, bagi anda yang sedang kelaparan, cocok banget untuk memilih menu ukuran biasa. Sedangkan bagi anda yang sedang diet atau belum terlalu lapar, pilihan ukuran kecil patut menjadi pertimbangan. Ukurannya tidak terlampau jauh, tetapi lumayan untuk tidak terlalu menyiksa perut.

dapur terbuka tempat memasak di warung bakmi jowo DU 67 bandung - catatan bunda
dapur terbuka

 

tempat makan bakmi jowo DU 67 bandung hadir dengan nuansa baru - catatan bunda

Makanan yang dipesan pengunjung dimasak sesuai pesanan. Para pengunjung juga bisa melihat cara memasaknya di dapur yang terbuka. Uniknya, proses memasak makanan di Bakmi Jowo DU 67 dilakukan memakai kompor berbahan bakar arang. Tidak ada kompor yang memakai bahan bakar gas.

Selang beberapa waktu menunggu, akhirnya pesanan mulai diantarkan ke meja. Saat restoran sedang sepi, kami tidak perlu menunggu terlalu lama. Jika restoran ramai, maka sudah pasti waktu tunggu akan bertambah karena pesanan akan dimasak satu persatu. Jadi, sabar menunggu ya saat agak ramai.

Seluruh makanan disajikan di atas piring. Kemudian dilapisi dengan daun pisang sebelum dituang nasi, bakmi, atau bihunnya. Untuk bakmi rebus tentu tidak ada lapisan daun pisangnya ya πŸ˜€

Seperti apa bentuk makanannya? Kurang lebih seperti ini bentuk bihun dan bakminya. Awas ngiler yah πŸ˜€

bakmi rebus pedas di restoran bakmi jowo DU 67 bandung - catatan bunda
bakmi godhog

 

wisata kuliner nasi goreng di bakmi jowo DU 67 bandung - catatan bunda
nasi goreng

Jenis bakminya berbeda dari bakmi pada umumnya. Kami tidak tahu apakah pihak restoran membuat sendiri bakminya atau bagaimana. Yang jelas, ukuran bakminya terlihat lebih gemuk.

Bagaimana citarasa menu makanan yang disediakan oleh restoran Bakmi Jowo DU 67?

Rasa kuah bakminya segar dan gurih. Bakminya terasa segar dan kenyal. Enak banget dinikmati saat masih panas. Oya, menu bakmi rebusnya dibuat tidak memakai kecap. Para pengunjung bisa menambah kecap sesuai selera saat sudah dihidangkan. Jika kurang pedas, bisa tambah lagi dengan sambal dan merica yang sudah disediakan di tiap meja.

Rasa pedas dari potongan cabenya kurang nendang menurut kami. Jadi, kami menambahkan sambal dan mericanya lagi sampai sesuai dengan keinginan. Sambil menghabiskan bakmi rebus, secara bergantian kami menyuapi anak-anak.

Anak-anak sangat menikmati bakmi rebusnya. Hanya menunggu sebentar saja saat masih panas. Begitu mulai mereda, anak-anak mulai bisa menyantap bakminya dengan perlahan. Baik kakak dan adik bisa makan dengan lahap. Jadi, bagi anda yang mau membawa anak untuk wisata kuliner di Bakmi Jowo DU 67, tetap bisa. Anda tinggal memesan menu yang tidak pedas, tanpa memakai cabe dan merica.

Satu porsi ukuran kecil bisa dihabiskan oleh kedua anak kami. Jadi, kami nilai mereka cocok dengan rasa bakmi rebusnya. Lain waktu, kami akan mencoba untuk pesan nasi goreng atau bakmi gorengnya. Mudah-mudahan tetap cocok di lidah kedua anak kami.

roti bakar coklat jumbo di bakmi jowo DU 67 bandung menu makanan ramah anak - catatan bunda

Selain itu, kami juga pesan roti bakar rasa coklat dengan ukuran besar. Satu porsinya ada 4 potong. Ukurannya juga jumbo. Sangat mengenyangkan. Setelah selesai makan bakmi rebus, roti bakar menjadi tujuan selanjutnya. Kami makan bareng, masing-masing mengambil satu potong supaya tidak terlalu kenyang. Bisa pingsan juga jika harus menghabiskan 4 potong roti bakarnya sendirian.

Menurut kami, aneka sajian di Bakmi Jowo DU 67 cukup layak untuk dinikmati. Saat sedang liburan bersama keluarga atau traveling sendirian ke Bandung, anda bisa wisata kuliner di restoran khas yang satu ini. Cocok untuk semua usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Pilihan menunya pun ada menu tradisional khas Jawa dan cemilan nuansa modern.

Selesai menghabiskan makanan, kami membayar pesanan di meja kasir. Oya, pembayaran hanya memakai uang tunai saja. Restoran ini tidak menyediakan pembayaran dengan kartu debit. Jadi, pastikan anda membawa uang tunai dalam jumlah yang cukup ya. Jika kelupaan, anda bisa jalan kaki ke seberang restoran. Tepatnya jalan ke arah kampus. Di halamannya, kita bisa menemukan beberapa mesin ATM dari berbagai bank, seperti Bank Mandiri, BNI, dan BCA.

Selesai juga petualangan kuliner kami di Bakmi Jowo DU 67 Bandung. Semoga cerita dan ulasan kali ini bermanfaat ya. Selamat berburu kuliner khas Jawa di restoran yang satu ini. Jika bermanfaat, silakan share cerita kali ini.

Terimakasih banyak sudah menyimak cerita wisata kuliner di Bakmi Jowo DU 67. Sampai ketemu di petualangan selanjutnya πŸ˜€

(Visited 143 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Grup Diskusi

Channel Youtube

Copyright 2017 - Catatan Bunda