Free Update

Dapatkan update mingguan GRATIS dari Catatan Bunda yang akan dikirim langsung ke alamat email Anda

Bahaya Microsleep Saat Mudik, Begini Tips Mudah untuk Mencegahnya

Apa saja bahaya microsleep saat mudik? Pada kesempatan kali ini, kami akan coba membahasnya secara singkat. Semoga bisa menemani perjalanan mudik anda ke kampung halaman.

Hari raya Idul Fitri sudah di depan mata. Kita sedang menjalani satu proses ritual tahunan dalam skala yang luar biasa besar. Skala satu negara, bahkan bisa lintas negara.

Apakah itu? Ritual tahunan yang dimaksud ialah mudik ke kampung halaman. Terutama bagi anda yang pergi merantau jauh dari kampung halaman. Kesempatan ini tidak akan dilewatkan begitu saja. Tiap orang akan berusaha keras untuk bisa pulang saat Idul Fitri.

Berkumpul bersama keluarga, bertemu orang tua, menikmati suasana kampung halaman menjadi daya tarik utama. Belum lagi keinginan untuk bisa wisata kuliner khas dari daerah masing-masing. Tak heran, kita sudah disajikan berita mudik ini di layar televisi mulai 7 hari sebelum Idul Fitri. Para warga bergerak menuju kampung halamannya masing-masing.

Pilihan kendaraan yang digunakan pun beragam. Ada yang memilih memakai kendaraan umum seperti bus, kereta api, dan pesawat. Selain itu, tidak sedikit yang lebih suka mudik memakai kendaraan pribadi. Pilihan kendaraan pribadi yang banyak digunakan ialah mobil dan sepeda motor. Tujuannya sama, supaya bisa pulang ke rumah orang tua masing-masing.

Ulasan singkat kali ini mencoba melihat bahaya besar yang mengintai pemudik, terutama yang mengendarai mobil atau motornya sendiri. Tidak jarang banyak pengemudi yang mengalami microsleep. Apa saja bahaya microsleep saat mudik? Ikuti terus ya ceritanya.

bahaya microsleep saat mudik - catatan bunda

Bahaya Microsleep Saat Mudik ke Kampung Halaman

Perjalanan mudik ke kampung halaman tentu memiliki kesan yang sangat tinggi. Walaupun perlu waktu lama, tetap akan dijalani hingga tiba di kampung halaman. Jarak yang jauh akan membuat tubuh lelah, baik orang dewasa hingga anak-anak sekalipun.

Apalagi bagi anda yang mengendarai mobil sendiri. Microsleep menjadi satu resiko besar yang harus anda hadapi. Apa sih yang dimaksud dengan microsleep?

Microsleep ialah keadaan tertidur sekejap dalam waktu 1 detik hingga 30 detik. Bayangkan resikonya bila terjadi pada seorang yang sedang mengemudi mobil di jalan raya atau jalan tol. Tentu resiko terjadi kecelakaan lalu lintas bisa semakin besar.

Penyebab Microsleep

Seorang pengemudi mobil yang microsleep bisa tidak sadar bahwa dirinya baru saja mengalami kondisi ngantuk tersebut. Apa saja penyebab terjadinya microsleep? Dengan mengetahui penyebabnya, kita bisa menghindari bahaya microsleep saat mudik.

Satu penyebab utama ialah kondisi tubuh yang sangat kelelahan. Kondisi jalan raya tidak bisa diprediksi. Apalagi perjalanan saat mudik lebaran. Sering kita lihat bagaimana jalan raya yang macet luar biasa karena dipenuhi para pemudik.

Dengan situasi yang penuh ketidak pastian, seorang pengendara harus mampu cepat beradaptasi. Perubahan yang cepat tersebut bisa sangat mempengaruhi kondisi fisik seorang pengemudi.

Contoh lainnya, saat anda melewati jalan tol. Biasanya lintasan jalan tol banyak berupa jalan lurus. Bentuk lintasan seperti itu bisa membuat seorang pengemudi mudah ngantuk lho. Sedangkan tingkat konsentrasi harus tetap tinggi.

Terkadang saat kami bepergian pun mengalami hal tersebut, saat suami mengemudi mobil di jalan tol. Jika tidak disadari, maka kondisi tersebut bisa merupakan penyebab bahaya microsleep saat mudik.

Contoh lainnya ialah saat seorang pengemudi masih banyak pekerjaan atau aktivitas sebelum berangkat. Mulai dari menyelesaikan tugas padat di kantor, hingga aktivitas lainnya yang tidak penting, tetapi tetap dilakukan. Aneka kegiatan tersebut bisa menjadi penyebab tubuh kelelahan ketika perjalanan mudik. Dengan tubuh yang lelah, seorang pengendara bisa mengalami microsleep saat menyetir mobil.

berkendara dengan aman selama mudik - catatan bunda

Ciri-Ciri Microsleep

Banyak tanda yang bisa diamati pada seorang pengemudi yang mengalami microsleep. Bila para penumpang lain melihat gejala ini, maka anda harus segera mengambil tindakan. Jika tidak, bahaya microsleep saat mudik akan merugikan semua penumpang yang ada di dalam kendaraan tersebut.

Microsleep memiliki ciri-ciri khas. Beberapa diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Tubuh tersentak beberapa kali
  • Tidak mampu mengingat kejadian beberapa menit sebelumnya
  • Mata sering berkedip
  • Menundukkan kepala lalu tiba-tiba menyentak
  • Tatapan mata kosong

Bila anda merasa mengalami ciri-ciri di atas, segera lakukan tindakan pencegahan supaya tidak terjadi kecelakaan.

Tips Mengatasi Bahaya Microsleep Saat Mudik

Ada banyak cara untuk mengatasi bahaya microsleep saat mudik. Jika anda berposisi sebagai pengemudi, anda bisa rasakan perubahan di dalam diri anda sendiri. Bila anda sebagai salah satu penumpang, maka anda bisa amati ciri-ciri yang terjadi pada pengemudi.

#1 Bergantian saat Mengemudi

Jika anda merasa kelopak mata mulai terasa sangat berat, kondisi tersebut merupakan satu gejala. Artinya tubuh anda mulai kelelahan. Tidak heran, bila melihat perjalanan jauh yang harus ditempuh selama mudik.

Bila penumpang lain ada yang bisa menyetir, maka anda bisa melakukan tips kali ini untuk menghindari bahaya microsleep saat mudik. Tipsnya sangat mudah. Anda cukup bergantian dengan penumpang lain untuk menyetir.

Misalkan ada adik anda, atau anggota keluarga lain yang bisa menyetir. Serahkan tugas menyetir pada yang lain. Sementara anda bisa memulihkan kondisi tubuh.

Perjalanan tetap bisa dilanjutkan, tidak menghabiskan banyak waktu, dan faktor keselamatan tetap menjadi prioritas. Semua penumpang tetap dalam kondisi yang aman.

#2 Istirahat Berkala

Istirahat secara berkala juga menjadi satu tips mencegah kecelakaan selama perjalanan. Bahaya microsleep saat mudik sangat tinggi. Oleh sebab itu, tingkat kesadaran anda untuk menjaga keamanan haruslah tinggi.

Jangan tunggu hingga tubuh terlalu lelah. Anda bisa tentukan interval istirahat sendiri. Kondisi tubuh setiap individu akan berbeda. Biasanya, rata-rata tubuh kelelahan setelah 2 hingga 3 jam menyetir mobil. Nah, anda bisa beristirahat dalam rentang waktu tersebut.

Jika perlu tidur, maka anda bisa tidur. Jika tidak, maka anda bisa istirahat sambil melakukan kegiatan ringan. Seperti berjalan keliling, melakukan sholat Sunnah atau sholat wajib, dan berbagai kegiatan lainnya.

resiko microsleep saat berkendara waktu mudik - catatan bunda

#3 Tidur sejenak

Tips berikutnya untuk menghindari bahaya microsleep saat mudik ialah dengan tidur sejenak. Tepikan kendaraan anda ke pinggir jalan. Bila anda melintasi jalan tol, anda bisa masuk ke dalam rest area yang banyak tersedia.

Jika anda melewati jalan biasa (non – jalan tol), anda tinggal menyesuaikan dengan kondisi jalan yang dihadapi. Anda bisa pilih untuk berhenti di sebuah mushola, sebuah SPBU, atau beristirahat di bawah pohon rindang.

Setelah itu, anda bisa tidur untuk memulihkan kondisi. Kondisi seperti ini berlaku bagi anda yang tidak memiliki pengganti. Tidak ada penumpang lain yang bisa menyetir.

Tidurnya pun tidak perlu terlalu lama, sesuaikan dengan kondisi tubuh anda masing-masing. Waktu 15 hingga 30 menit sudah cukup untuk memulihkan kembali kondisi tubuh yang kelelahan. Mata anda pun akan kembali segar.

Setelah tidur, anda bisa meneruskan kembali perjalanan mudik anda. Ulangi kembali istirahatnya bila gejala tubuh kecapekan muncul kembali. Nikmati perjalanan mudik anda sekeluarga. Tidak perlu terburu-buru dan memaksakan diri untuk terus menyetir.

Apakah artinya memaksakan diri bila akhirnya terjadi kecelakaan? Impian untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarga di kampung halaman bisa pupus. Lebih baik anda menyetir dengan hati-hati sambil terus berdzikir dan berdoa mohon keselamatan pada Allah SWT. Saat muncul gejala lelah, langsung beristirahat kembali.

Doa kami bagi anda yang sedang melakukan perjalanan mudik sekeluarga. Semoga perjalanan anda aman, nyaman, dan selamat tiba di tujuan. Baik ketika mudik ke kampung halaman hingga kembali ke rumah.

Kami sekeluarga mengucapkan, Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 H. Mohon maaf lahir dan batin.

Demikian cerita singkat kami mengenai bahaya microsleep saat mudik. Semoga memberikan inspirasi dan manfaat bagi para pembaca sekalian. Sampai jumpa di cerita kami lainnya ya 😀

(Visited 57 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe Channel Youtube

Copyright 2017 Blog Catatan Bunda