Free Update

Dapatkan update mingguan GRATIS dari Catatan Bunda yang akan dikirim langsung ke alamat email Anda

Asmila Hotel Bandung, Tempat Singgah Nyaman Sebelum Wisata ke Lembang

Anak masih libur sekolah, kami putuskan untuk ngeluyur dan menginap di Asmila Hotel Bandung. Ide untuk menginap di hotel sekeluarga muncul begitu saja. Kami pun tidak melakukan persiapan yang aneh-aneh.

Tujuan kali ini ialah mengajak anak-anak untuk beraktivitas di luar rumah. Salah satunya ialah berenang (baca: main air) di hotel. Jika anda mengikuti cerita perjalanan keluarga yang dituliskan di blog Catatan Bunda, main air merupakan salah satu kegiatan favorit kedua anak kami.

Cerita sebelumnya ialah saat kami mengajak anak-anak menginap dan bermain air di Clove Garden Hotel. Jika anda belum membaca, kami persilakan untuk mampir dulu ya. Jika sudah, kami ucapkan terima kasih banyak. Kini saatnya berpetualang ke hotel berikutnya 😀

Pilihan liburan singkat keluarga kali ini jatuh ke satu hotel di kawasan jalan Setiabudi. Nama tempat menginap tersebut ialah Asmila Hotel Bandung. Seperti apa cerita lengkapnya? Ikuti terus ya kisah petualangan keluarga kami berikut ini.

asmila hotel bandung tempat menginap sebelum ke lembang - catatan bunda

Pengalaman Keluarga Menginap di Asmila Hotel Bandung

Tidak ada preferensi yang aneh-aneh bagi kami saat menginap di hotel. Kami sering melakukan semuanya secara spontan. Termasuk saat mencari hotel yang menjadi tempat tujuan penginapan.

Selama hotel tersebut menyediakan fasilitas yang cocok untuk anak, maka akan masuk ke dalam pertimbangan. Terutama fasilitas seperti kolam renang untuk tempat bermain bagi anak. Sedangkan bagi kami, yang penting koneksi internet di dalam kamarnya cepat saat digunakan.

Saat mau menginap di Asmila Hotel Bandung, kami baru memesan 1 hari sebelumnya. Bukan jauh-jauh hari, hehehe. Betul-betul spontanitas saja.

Kami browsing di aplikasi pemesanan hotel. Setelah beberapa waktu mencari dan memilih, jatuhlah pilihan kami ke Asmila Hotel Bandung. Tanpa pikir panjang, satu buah kamar langsung dipesan untuk tempat kami menginap.

Seperti biasa, kami menggunakan aplikasi Traveloka dan Agoda untuk mencari perbandingan harga kamar hotel pilihan. Dua aplikasi ini sudah menjadi favorit sejak lama. Saat menginap di Clove Garden Hotel hingga saat kami berdua hunting kamar di Zest Hotel Bogor, dua aplikasi ini selalu menjadi andalan.

Lalu, kami pilih Agoda atau Traveloka? Mana yang harga penawarannya paling murah, maka aplikasi itulah yang saya pilih untuk booking kamar hotel. Saat itu, Agoda harganya lebih murah dibandingkan Traveloka. Jadi, pilihan kami jatuh menggunakan aplikasi Agoda.

Setelah selesai urusan pesan kamar, mulailah persiapan selanjutnya. Yaitu, mempersiapkan pakaian dan perlengkapan bermain yang mau dibawa ke hotel. Bawaan kami tidak terlalu banyak, karena waktu menginapnya hanya satu malam.

Selain itu, fokus kegiatan utamanya ialah menemani anak bermain. Jadi, barang yang kami bawa saat menginap di Asmila Hotel Bandung diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Pakaian renang anak;
  • Pakaian anak dan orang tua;
  • Perlengkapan berenang anak, seperti pelampung tangan, ban pelampung untuk adik, kacamata renang, dan bola karet;
  • Perlengkapan mandi;
  • Dan beberapa barang kecil lainnya.

kamar deluxe king di asmila boutique hotel - catatan bunda

Alamat Lengkap Asmila Hotel Bandung

Perjalanan kali ini merupakan pengalaman pertama kami menginap di Asmila Boutique Hotel. Kami pun tidak tahu persis alamat hotelnya di mana. Di sela-sela melakukan packing barang-barang, kami browsing di google maps untuk melihat lokasi persisnya ada di mana.

Ternyata alamatnya terletak di salah satu jalan besar di kota Bandung. Alamat lengkap Asmila Hotel Bandung ialah di Jalan Dr. Setiabudi no. 54, Cidadap, Kota Bandung 40141.

Bila ada pertanyaan lebih lanjut, anda bisa langsung hubungi pihak hotel via telepon. Anda bisa telepon Hotel Asmila di nomor 022 – 82066222.

Untuk waktu check in, ditetapkan pada pukul 14.00 WIB. Sedangkan untuk waktu check out, kebijakan hotel sama seperti kebanyakan hotel lainnya, yaitu pada pukul 12.00 WIB.

Baca juga  Clove Garden Hotel Bandung, Main Air Sepuasnya Bareng Anak

Akhirnya tiba hari H kami untuk menginap. Menjelang waktu check in, kami berangkat ke lokasi hotel. Berhubung tidak tahu persis lokasinya, kami gunakan aplikasi Waze untuk membantu mengarahkan ke hotel.

Perjalanan lancar, tidak ada kemacetan parah di sepanjang perjalanan. Sebelum ke hotel, kami sempatkan untuk makan siang terlebih dahulu. Supaya ketika tiba di hotel, kami tidak kelaparan dan heboh untuk langsung makan siang dengan pergi keluar hotel.

Manfaat lainnya, kami bisa menikmati suasana kamar hotel yang sudah dipesan. Anak-anak bisa kenalan dengan kamarnya. Bisa berlarian di dalam kamar, bisa bersantai di kasur sambil menonton TV.

Aneka kegiatan tersebut memberi kami waktu untuk merencanakan aktivitas menarik lainnya yang bisa dilakukan bersama-sama dari siang hingga keesokan harinya. Apakah kegiatan di dalam hotel saja, atau kegiatan bersama di luar hotel seperti wisata kuliner, main ke tempat wisata yang letaknya dekat hotel, atau alternatif lainnya.

review menginap di asmila hotel bandung - catatan bunda

Suasana Asmila Boutique Hotel

Perjalanan menuju hotel sangat lancar. Kami melewati Jalan Cipaganti yang akan langsung belok kiri ke arah Jalan Setiabudi. Ternyata letak hotelnya berada di sisi lajur jalan Setiabudi yang menuju ke arah bawah, tepatnya menuju ke Jalan Cihampelas dan Jalan Ciumbuleuit Bandung.

Di tengah Jalan Setiabudi juga diletakkan pembatas jalan berupa tali yang memanjang. Kami tidak bisa berbelok langsung ke lokasi. Jadi, kami harus mencari tempat untuk memutar balik untuk masuk ke parkiran hotel. Untungnya ada sebuah SPBU di dekat lokasi, jadi kami bisa memanfaatkan area SPBU tersebut untuk memutar balik kendaraan.

Kondisi ini sedikit banyak agak merepotkan bagi para pengunjung. Apalagi bagi kami yang bergerak dari Jalan Cipaganti.

Akhirnya, kami tiba di parkiran hotel. Kami bisa memarkir mobil tepat di depan lobi Asmila Hotel Bandung yang tidak terlalu luas. Syukurlah ada satu spot parkir yang kosong saat itu. Jika tidak, kami harus turun ke basement hotel untuk memarkir kendaraan.

Tiba di sini, kami menyadari sesuatu. Ternyata letak Asmila Hotel Bandung berada tepat di seberang Factory Outlet terkenal di Bandung, Rumah Mode. Selama ini cuma lewat-lewat hotelnya saja, tanpa pernah memperhatikan.

Saya dan anak-anak langsung menuju ke resepsionis untuk check in. Sedangkan suami membantu mengeluarkan barang bawaan. Alhamdulillah ada satu petugas yang membantu suami membawa barang keluar dari mobil.

Proses check in lancar, kamar yang kami pesan sudah dipersiapkan. Sambil menunggu di lobi, kami melihat sekeliling. Nuansa lampu di ruangannya remang-remang, tidak menggunakan lampu yang menyilaukan. Bagi para pengunjung, bisa mengambil welcome snack dan welcome drink di area yang sudah disediakan pihak hotel.

Jalan Setiabudi merupakan satu jalan strategis di Bandung. Jalan ini menjadi salah satu akses utama untuk menuju ke banyak tempat wisata menarik yang terletak di Lembang, Bandung Utara.

Jadi, setiap hari jalanan ini selalu padat dan dilalui banyak kendaraan. Terutama pada saat hari libur nasional dan akhir pekan. Banyak wisatawan yang bergerak untuk jalan-jalan ke wilayah Lembang.

Kamar yang kami pesan di Asmila Hotel Bandung ialah kamar tipe Deluxe King. Tarif per malam dari kamar Deluxe King yang kami pesan ialah sekitar Rp 500ribuan per malam. Ruangannya luas, salah satu hal yang kami cari saat booking kamar hotel.

Kami membawa dua anak, jadi kami perlu kamar yang luas. Alhamdulillah ketemu dengan hotel boutique yang satu ini. Kamar Deluxe di hotel ini memiliki luas ruangan kurang lebih 30 meter persegi.

Relatif lebih luas daripada ukuran kamar pada hotel-hotel lain yang berkisar 20-an meter persegi. Bahkan ada hotel yang ukuran kamarnya berkisar 16 hingga 18 meter persegi saja.

Baca juga  Puncak Bintang Bandung, Hiking Seru Berburu Surprise Egg

Dengan ukuran kamar yang luas, anak-anak bisa leluasa bergerak. Mau naik turun kasur, mau lari-lari di dalam kamar juga bisa, hehehehe 😀

Kamar kami terletak di lantai 4. Saat naik menggunakan lift, ada petugas yang membantu kami membawa barang bawaan. Mulai dari koper pakaian berukuran kecil, hingga mainan anak untuk berenang. Kamar hotelnya bersih dan nyaman. Tidak ada yang perlu dikeluhkan mengenai kebersihan kamar Deluxe yang sudah kami pesan.

Satu fasilitas lain yang kami perlukan di kamar hotel ialah koneksi wi-fi untuk internet. Asmila Hotel Bandung menyediakan akses wifi gratis bagi setiap pengunjung yang menginap, termasuk kami.

Saat kami coba, koneksi internetnya tidak terlalu baik. Sering sekali putus dan susah sekali saat mau menghubungkan kembali koneksi internet di dalam kamar. Baik koneksi melalui smartphone maupun koneksi melalui laptop.

kolam renang di asmila hotel bandung - catatan bunda

Aktivitas Anak Main Air di Hotel

Saat mencari destinasi liburan singkat di hotel, ada satu fasilitas yang kami perlukan. Apa itu? Kami memerlukan fasilitas kolam renang. Tujuan utamanya ialah memberi kesempatan pada kedua anak kami untuk bermain air.

Demikian halnya saat menginap di Asmila Hotel Bandung. Salah satu faktor kami memilih Hotel Boutique Asmila ialah adanya kolam renang di hotel tersebut.

Kolam renangnya berada di lantai bawah, tepat di area bagian belakang hotel. Ukurannya tidak terlalu besar. Bahkan lebih kecil daripada kolam renang yang ada di Clove Garden Hotel.

Ukuran kolam renang bukan masalah besar bagi kami sekeluarga. Anak-anak sudah sangat gembira bisa melihat kolam renang tepat di hadapan matanya. Kami hanya perlu menentukan waktu untuk nyebur ke dalam kolam.

Kami pun memutuskan untuk bermain air di kolam pada pagi hari. Harapannya kondisi kolam masih sepi dan bersih. Anak-anak pun setuju.

Saat pagi hari datang, kami langsung bersiap-siap. Anak-anak pun sudah tidak sabar. Mereka sangat bersemangat saat mengetahui waktunya bermain di kolam renang. Selain itu, jadi lebih gampang ketika mau dibangunin 😀

Tak lupa perlengkapan bermain di kolam harus dibawa. Kakak membawa bola karet dan kacamata renang, sedangkan suami membawa ban pelampung untuk anak bungsu.

Kami bermain di kolam renang hanya sebentar saja. Kurang lebih 30 menit, setelah itu kami naik kembali masuk ke kamar. Air kolam renangnya sangat dingin pagi itu. Anak-anak sampai menggigil kedinginan.

Kakak dan adik bisa mengerti. Keinginan untuk berhenti main air juga berasal dari mereka sendiri. Kami hanya bertanya, “Masih mau dilanjutin main airnya?”

Kakak dan adik menjawab, “Sudah ma”, sambil badannya menggigil karena kedinginan, hehehe. Kami berdua pun senyum-senyum sendiri, sambil buru-buru masuk lagi ke kamar untuk mandi dan membersihkan badan 😀

menu sarapan di asmila hotel bandung - catatan bunda

Menikmati Sarapan di Asmila Hotel Bandung

Selesai mandi dan membersihkan badan, kami turun ke lantai dasar. Restoran hotel berada di lantai ini. Ya, kami memesan paket kamar yang sudah termasuk sarapan pagi di hotel. Lumayan terjangkau tarif kamarnya untuk hotel bintang 4 di Bandung.

Kami sekeluarga sarapan di hotel sekitar pukul 07.00 WIB. Suasana restoran masih sepi, hanya ada satu dua keluarga lain yang sedang menikmati sarapan.

Setelah memilih meja makan dan mendudukkan anak-anak di kursi, kami berkeliling melihat menu makanan yang disajikan. Variasi menunya banyak. Beberapa menu yang tersedia antara lain:

  • Nasi putih;
  • Nasi goreng;
  • Tumis brokoli;
  • Bihun goreng;
  • Sosis goreng;
  • Roti panggang;
  • Aneka buah-buahan;
  • Bubur ayam;
  • Dan lain-lain.
Baca juga  Bakso Bakar Pak Man Malang, Lezat dan Pedasnya Bikin Ketagihan

Banyak ya variasinya. Cukup untuk memuaskan para pengunjung hotel yang sarapan di Asmila Hotel Bandung. Jika kurang, anda bisa memesan omelette ke koki yang stand by di dalam area restoran.

Kami sekeluarga menikmati makanan dengan lahap. 30 – 60 menit kami habiskan di dalam restoran. Selain makan sendiri, kami bergantian mengurus dan menyuapi anak-anak.

Rasa makanannya enak. Aneka rotinya juga nikmat dan empuk. Kakak bisa makan banyak pagi itu. Anak bungsu saja yang lagi agak susah makan. Sudah menjadi salah satu tantangan orangtua saat traveling atau liburan, anak tiba-tiba ada yang susah makan.

Bagi anda yang mau menjelajah kuliner Bandung ketika berlibur, jangan khawatir. Banyak sekali tempat makan yang bisa anda cicipi. Baik rombongan kecil hingga rombongan keluarga besar, pilihan restorannya banyak untuk anda jelajahi. Jika anda membawa rombongan keluarga besar, salah satu opsi restoran keluarga di Bandung yang menarik untuk dicoba ialah Boemi Mitoha. Cobain deh 😀

menikmati sarapan di asmila hotel - catatan bunda

Jalan-Jalan Keluarga di Lembang

Jatah untuk check out dari Asmila Hotel Bandung ditetapkan hingga pukul 12.00 WIB. Akan tetapi, kami tidak menggunakan jatah maksimal tersebut. Selesai sarapan pagi, kami beberes barang bawaan dan langsung check out.

Mumpung sedang berada di area Bandung utara, mengapa tidak kami manfaatkan untuk explore tujuan wisata Lembang saja? Akhirnya, kami pun memutuskan untuk memaksimalkan waktu yang ada untuk mendatangi beberapa tempat wisata.

Pada hari pertama, kami check in ketika siang hari. Setelah selesai sholat Asar, daripada bengong di Asmila Hotel Bandung, lebih baik kami ngeluyur aja ke tujuan wisata yang ada di Lembang. Masih ada waktu sampai malam hari. Selesai jalan-jalan, kondisi badan sudah lelah, kami tinggal masuk lagi ke hotel untuk tidur dan beristirahat.

Jadi, ngeluyur kemana aja kami sekeluarga saat itu? Pada hari pertama, kami menikmati sore hari dengan jalan-jalan di Farmhouse Susu Lembang. Lokasinya tidak jauh dari Asmila Hotel Bandung.

Kemudian, keesokan paginya, kami meneruskan petualangan ke lokasi selanjutnya. Setelah menyelesaikan proses check out dari hotel, kami datangi salah satu lokasi wisata Lembang favorit keluarga. Namanya Floating Market Lembang dan Kota Mini.

Maksud kami berangkat pagi ada dasarnya. Saat itu hari libur, jadi tempat wisata di Lembang akan sangat padat. Oleh sebab itu, kami check out dari Asmila Hotel Bandung jauh lebih awal lalu langsung menuju ke tempat wisata di Lembang.

Jadi, bagi anda yang mau jalan-jalan di Bandung, bisa pertimbangkan untuk singgah dan menginap di Asmila Hotel Bandung. Satu alternatif tempat menginap bila tujuan wisata anda ialah ke arah Lembang atau kawasan Bandung utara.

Banyak tujuan wisata menarik yang bisa anda kunjungi. Salah satu wisata alam menarik di kawasan Bandung utara ada Puncak Bintang. Patut anda masukkan sebagai salah satu destinasi saat anda berlibur.

Alhamdulillah, semua agenda wisata yang disusun mendadak bisa berjalan dengan lancar. Anak-anak happy bisa jalan-jalan di Lembang. Satu pengalaman baru bagi kedua anak kami.

Lalu, seperti apa cerita jalan-jalan keluarga di Farmhouse Susu Lembang, Floating Market Lembang, dan Kota Mini? Kami akan ceritakan pada kesempatan selanjutnya ya. Stay tune terus di Blog Catatan Bunda.

Semoga blog sederhana ini bisa menjadi inspirasi untuk keluarga Indonesia lainnya. Bisa dekat dengan keluarga, jalan-jalan, dan eksplorasi aneka tujuan wisata kuliner enak.

Demikian cerita keluarga saat menginap di Asmila Hotel Bandung. Terima kasih banyak sudah berkenan menyimak celotehan kali ini. Sampai ketemu pada kisah petualangan keluarga kami yang lainnya 😀

(Visited 32 times, 1 visits today)

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe Channel Youtube

Copyright 2017 Blog Catatan Bunda