Free Update

Nikmati update cerita Catatan Bunda langsung di smartphone Anda. GRATIS ^_^

Alasan Membuat Podcast, Menyebarkan Manfaat Positif Melalui Suara

Ada beberapa alasan membuat podcast yang patut disimak dalam sharing sederhana kali ini. Catatan Bunda akhirnya membuat podcast keluarga. Norak banget, ya? Hehehe, maaf ya teman-teman. Maklum, beginilah kalau punya mainan baru. Ada keseruan tersendiri saat sedang mengoprek dunia podcast.

Bermula dari saat kami melihat status salah satu teman di Whatsapp. Dia membagikan link podcast pribadinya di status tersebut. Kami pun ikutan tertarik. Mulailah kami mendengarkan podcast miliknya.

Sebelum terjun sendiri, kami mencoba mencari tahu seperti apa sih dunia podcast. Banyak hal yang kami pelajari sebelum membuat podcast. Mulai dari membaca informasi di berbagai website. Melihat sharing tentang podcast yang banyak beredar di Youtube, hingga akhirnya mendengarkan beberapa podcast di aplikasi.

Ternyata, membuat podcast itu seru! Jadi, apa aja sih alasan membuat podcast? Sebelum itu, mari kita berkenalan sedikit dengan makhluk yang namanya podcast yuk.

alasan membuat podcast - catatan bunda

Apa itu Podcast

Apa sih podcast itu? Makhluk seperti apa sih? Podcast adalah satu rekaman audio yang bisa anda dengarkan di internet. Bisa jadi banyak diantara kita yang menganggap podcast itu sama dengan radio. Betul, memang ada kesamaan podcast dengan radio. Terutama dalam hal audio atau suara saja yang bisa dinikmati oleh pendengarnya.

Akan tetapi, ada juga hal yang membedakan podcast dengan radio. Apakah perbedaannya? Radio akan dinikmati siarannya secara langsung (LIVE) oleh pendengar. Sedangkan podcast merupakan siaran “tidak langsung”. Artinya, satu materi siaran akan direkam terlebih dahulu. Setelah siap, rekaman tersebut akan diupload ke server aplikasi sesuai jadwal yang sudah ditentukan oleh pemiliknya.

Oya, sebelum mengenal podcast lebih dalam. Kami ajak kenalan dulu ya dengan podcast Catatan Bunda. Anda bisa mendengarkan di aplikasi Anchor. Selain di Anchor, anda juga bisa mendengarkan celotehan podcast kami di Spotify. Download gratis di Google Playstore atau Apple Store.

Podcast Catatan Bunda di Anchor bisa ditemukan pada link berikut ini:

Atau KLIK DI SINI untuk mendengarkan episode yang sudah tayang sebelumnya.

Alasan Membuat Podcast ala Catatan Bunda

Jadi, apa aja alasan membuat podcast keluarga ala Catatan Bunda? Well, ada beberapa faktor menurut kami. Mudah-mudahan sharing kali ini bermanfaat bagi pembaca sekalian. Siapa tahu bisa memotivasi juga untuk membuat podcast. Berikut ini ulasan singkatnya untuk anda. Simak yuk 😀

Modal Minimalis

Membuat video untuk Youtube dengan membuat materi untuk podcast tentu jauh berbeda. Terlebih lagi dalam peralatan yang diperlukan. Membuat materi podcast jauh lebih sederhana dan mudah jika dibandingkan membuat video untuk ditayangkan di Youtube. Modal minimalis ini yang menjadi satu faktor dan alasan membuat podcast menurut kami.

Anda pasti bisa membuat podcast juga. Modal yang diperlukan untuk memproduksi materi sangat sederhana. Anda cukup menggunakan smartphone saja saat memulai produksi konten podcast. Hampir setiap orang saat ini sudah memiliki smartphone sendiri, termasuk anda yang saat ini sedang membaca tulisan ini. Betul?

Sebagai perlengkapan tambahan, anda bisa menggunakan microphone bawaan smartphone. Tujuannya supaya suara yang direkam sebagai materi podcast, kualitasnya lebih jelas dan enak didengarkan.

Menurut kami, langsung menggunakan peralatan rekaman yang terlalu mahal memang tidak ada salahnya. Akan tetapi, lebih baik jika kita menggunakan perlengkapan yang sudah ada terlebih dahulu. Seiring berkembangnya channel podcast dan pendengar, baru kita bisa memikirkan perlengkapan rekaman ke tahap selanjutnya.

Bandingkan dengan peralatan kami jika ingin membuat video untuk Youtube. Saat di dalam ruangan, kami membutuhkan banyak sekali perlengkapan. Mulai dari lighting (pencahayaan untuk video), kamera beserta tripod dan microphone, beserta setting khusus untuk lokasi.

Saat jalan-jalan bersama keluarga atau wisata kuliner, perlengkapan video selalu dibawa. Minimal kami harus membawa kamera, microphone beserta tripodnya. Bandingkan dengan podcast yang cukup dengan membawa smartphone beserta microphone saja.

Podcast jauh lebih sederhana, bukan?

alat rekam untuk memproduksi podcast - catatan bunda

Fleksibilitas yang Tinggi

Materi video di Youtube akan memerlukan tampilan tertentu. Bisa dipahami karena Youtube menampilkan visual yang bisa dinikmati oleh mata pemirsanya. Akan tetapi, beda halnya dengan materi podcast yang hanya berupa audio atau suara.

Anda bisa merekam materi kapan dan dimana saja. Bahkan saat anda belum mandi sekalipun, anda bisa merekam suara untuk dijadikan konten podcast. Mudah banget, ya? Cukup untuk menjadi alasan membuat podcast, bukan? 😀

Ide bisa datang kapan saja. Begitu anda terpikir sebuah ide, anda bisa langsung mengeksekusi ide tersebut. Anda juga tidak butuh dandan untuk membuat podcast. Jam produksi bisa disesuaikan dengan aktivitas sehari-hari. Waktu yang dibutuhkan untuk merekam juga tidak terlalu lama.

Sebagai contoh, anda bisa rekaman saat waktu istirahat siang. Dengan demikian, produksi juga tidak akan mengganggu aktivitas dan tugas anda yang lain.

tips memproduksi konten untuk podcast - catatan bunda

Bisa Dinikmati Kapan Saja

Inilah salah satu alasan membuat podcast. Berbeda dengan radio yang menayangkan siarannya secara langsung. Pada podcast, anda bisa mendengar kontennya kapanpun, sesuai keinginan anda. Bahkan, pada saat sibuk sekalipun, anda bisa tetap mengerjakan sebuah laporan atau tugas sambil mendengarkan podcast.

Media on demand seperti podcast seperti ini akan menjadi primadona bagi banyak orang karena fleksibilitasnya. Bandingkan dengan radio yang sudah memiliki jam tayang pasti. Jika sedang sibuk, maka anda tidak bisa mendengarkan tayangan acara radio favorit anda. Sedangkan podcast bisa menunggu. Anda bisa fokus menyelesaikan pekerjaan atau aktivitas anda, baru lanjut untuk mendengar konten podcast saat sudah kondisi santai.

Konten podcast hanya berupa audio atau suara. Jadi, pendengar cukup fokus untuk mendengarkan materinya saja. Berbeda dengan materi video pada Youtube yang membutuhkan fokus lebih banyak berupa audio ditambah visualnya.

Mendengarkan bisa jadi aktivitas yang lebih seru. Mengapa? Karena anda akan memainkan theatre of mind di dalam pikiran anda sendiri saat mendengarkan materi podcast.

membuat podcast dengan mudah dan murah - catatan bunda

Membangun Kedekatan dengan Pendengar

Komunikasi manusia dominan dilakukan dengan berbicara dan mendengarkan. Oleh sebab itu, podcast bisa memberikan dampak yang lebih powerful kepada pendengar. Mereka hanya berfokus untuk mendengarkan, tanpa direpotkan dengan visual yang biasa ada di dalam video.

Dengan sering menyimak konten podcast, pendengar bisa merasa lebih dekat dan akrab dengan “sang penyiar” di podcast tersebut. Terlebih lagi dengan pembawaan konten yang dilakukan dengan santai dan seperti orang ngobrol dengan pendengarnya. Hal sederhana tersebut akan membuat pendengar lebih nyaman dan betah mendengarkan sharing di podcast.

Anda bisa memiliki banyak teman baru melalui siaran podcast. Dengan rutin update konten podcast, pendengar pasti akan betah untuk datang dan mendengarkan kembali sharing anda. Alasan membuat podcast yang bagus menurut kami. Channel podcast anda bisa terus bertumbuh dan teman juga akan terus bertambah banyak.

mengenal apa itu podcast - catatan bunda

Semua Orang Bisa Bicara

Hampir semua orang yang ada di dunia bisa berbicara. Akan tetapi, belum tentu semua akan merasa nyaman untuk tampil di depan kamera. Seperti yang dilakukan saat merekam video untuk Youtube.

Podcast akan menyederhanakan masalah tersebut. Hal ini bisa menjadi alasan membuat podcast yang menarik. Anda cukup berbicara, tanpa perlu repot disorot oleh kamera. Dengan fokus berbicara, gagasan yang ada di dalam pikiran akan lebih mudah untuk disampaikan. Biasanya ide atau pemikiran akan mengalir dengan sendirinya begitu sudah mulai dibicarakan.

Demikian juga halnya dengan tulisan. Tidak semua orang pandai menuliskan ide yang ada di dalam pikirannya. Oleh sebab itu, tidak banyak orang yang bisa menjadi penulis buku atau blogger yang handal. Akan tetapi, jika disuruh untuk komentar atau berbicara tentang sebuah tema atau kejadian, sepertinya setiap orang bisa melakukan hal tersebut. Hehehehe 😀

Semoga sharing tentang alasan membuat podcast kali ini bermanfaat ya. Sudah mulai tertarik memiliki saluran podcast sendiri? Dengan podcast, kita bisa membantu menyebarkan konten positif dan bermanfaat kepada orang lain.

Bukankah sebaik-baik orang ialah orang yang bermanfaat untuk orang lain. Setuju? 😀

(Visited 30 times, 3 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ada Pertanyaan?

Channel Youtube

Copyright 2017 - Catatan Bunda