7 Alasan Menggunakan WordPress, Optimasi Web Jadi Semakin Mudah

Halo teman-teman, kali ini kami ingin berbagi sedikit mengenai 7 alasan menggunakan WordPress. Seperti kita ketahui, wordpress merupakan salah satu platform besar untuk mengelola sebuah website. Bahkan, 30% lebih dari pengguna website di seluruh dunia memakai WordPress sebagai β€œmesinnya”. Termasuk yang kami lakukan dalam mengelola website Catatan Bunda dan beberapa website kami lainnya. Apakah anda juga termasuk salah satunya? Atau malah belum paham? Tidak perlu khawatir atau minder jika belum paham. Mari kita sama-sama belajar ya.

Ya, penggunaan website sudah menjadi hal wajib di jaman sekarang. Apalagi jika anda ingin terjun menjadi salah satu pelaku di dalam dunia online. Website memiliki peranan yang sangat penting. Dalam konteksnya di Catatan Bunda, kami bisa menghadirkan berbagai konten bermanfaat untuk anda. Semuanya bisa kami lakukan dalam sebuah website. Salah satu contohnya ialah saat kami menulis mengenai virus corona di Indonesia. Belum baca? Sempatin baca deh sebelum lanjut di sini.

Oleh sebab itu, penting sekali bagi anda untuk mempelajari ilmu tentang website. Walaupun topik yang lain seperti persiapan menjadi Youtuber juga sangat menarik untuk diikuti. Saat ini, topik yang akan coba kami bahas ialah 7 alasan menggunakan WordPress. Semoga sharing sederhana kali ini ada manfaatnya. Mari kita mulai πŸ˜€

Ingin konsultasi dan tanya jawab seputar website / toko online? Silakan bergabung dengan klik link di bawah ini:

Konsultasi Website

7 alasan menggunakan wordpress untuk website - catatan bunda 2020

7 Alasan Menggunakan WordPress dalam Mengelola Website

Sebelumnya, ijinkan kami memberikan informasi awal terlebih dahulu. Mungkin anda sudah familiar dengan nama WordPress. Nama ini dikenal sebagai salah satu platform untuk membuat blog secara gratis. Yap, anda memang tidak salah.

Akan tetapi, dalam kesempatan kali ini berbeda. WordPress yang kami maksud ialah platform untuk membuat website di self-hosted alias website berbayar. Oke, semoga bisa dipahami ya. Jika ada yang belum dipahami, anda bisa langsung tanyakan pada kami πŸ˜€

Lalu, apa saja 7 alasan menggunakan WordPress? Berikut ini ulasannya, selamat menikmati.

Software Gratis

WordPress merupakan sebuah software atau platform CMS yang bisa didapatkan secara gratis. Artinya, anda bisa menggunakannya sesuai keinginan untuk mengoptimalkan sebuah website. Yang dimaksud CMS di sini ialah Content Management System. Dari segi bahasanya bisa dibayangkan seperti apa fitur yang bisa didapatkan oleh pengguna.

Meskipun gratis, anda membutuhkan pendamping untuk bisa menggunakan wordpress secara optimal. Pendamping yang kami maksud ialah domain dan hosting. Sederhananya, domain merupakan alamat rumah anda di internet. Alamat inilah yang akan diketikkan oleh pengunjung di dalam browsernya (sebagai contoh ialah catatanbunda.com , idekreator.com, dan lain-lain).

Sementara hosting punya fungsi yang berbeda dari domain. Hosting merupakan sebuah wadah tempat menyimpan semua file instalasi website anda. Jika diibaratkan dengan dunia nyata, hosting ialah luas tanah yang anda miliki.

Bagaimana dengan kami? Ada beberapa rekomendasi penyedia domain dan hosting yang bisa anda gunakan. Ada dua penyedia yang akan kami informasikan. Anda bisa memilih sesuai keinginan. Berikut ini beberapa saran dari kami.

Pertama, anda bisa menggunakan Hawkhost. Provider ini merupakan salah satu provider domain dan hosting luar negeri. Kami menggunakan provider ini untuk mengelola Catatan Bunda.

Kedua, anda bisa memilih hosting untuk website anda dari GapuraHoster. Jika provider yang pertama merupakan provider asing, provider yang kedua ini merupakan provider asli Indonesia.

Ketiga, ialah Dewabiz Hosting. Satu alternatif pilihan hosting yang berasal dari Indonesia.

Tiap provider domain dan hosting memiliki keunggulannya masing-masing. Lain waktu akan coba kami ulas secara singkat. Silakan sesuaikan dengan kondisi dan kesukaan teman-teman ya. Lebih suka provider domain hosting luar negeri atau provider lokal? Share pendapat anda di kolom komentar yuk.

wordpress untuk optimasi blog - catatan bunda 2020

Integrasi Mudah dengan Berbagai Themes dan Plugins

Lebih dari 30% pengguna website di dunia menggunakan WordPress. Dari jumlah tersebut, tidak semuanya berprofesi sebagai desainer website atau programmer. Lalu, mengapa para pengguna memilih WordPress sebagai mesin website mereka?

Satu faktor utamanya ialah alasan kemudahan yang ditawarkan oleh WordPress. Platform website ini bisa dipadukan dengan ribuan themes dan plugins. Hal ini tentu menjadi daya tarik yang sangat kuat. Termasuk untuk kami yang sangat gaptek sekalipun.

Themes wordpress banyak sekali jenisnya. Fitur-fitur yang ditawarkan pun melimpah. Mau mulai membangun website dari themes gratis? Tentu bisa.

Jika ingin langsung lebih baik dengan fleksibilitas lebih tinggi, anda bisa mempertimbangkan untuk memilih themes WordPress premium. Biasanya ada fitur-fitur khusus yang tersedia di dalamnya. Fitur ini akan membantu anda untuk mengoptimalkan fungsi website yang anda miliki.

Rekomendasi dari Catatan Bunda, anda bisa menggunakan themes premium buatan anak bangsa. Themes WordPress Premium ini kami gunakan untuk mengelola website catatanbunda.com dan idekreator.com secara penuh. Mulai dari mengubah tampilan homepage, membuat landingpage, mengubah warna, mengubah jenis huruf dan lain sebagainya.

Sama seperti themes, demikian juga halnya dengan plugin wordpress. Ada banyak jenis plugin wordpress, mulai dari yang gratis hingga yang berbayar. Pilihan fungsinya pun sangat bermacam-macam.

Themes dan plugin ini fungsinya bisa saling melengkapi. Anda harus pandai-pandai dalam memadukan keduanya. Tujuannya ialah supaya bisa memfungsikan website anda secara optimal.

pengelolaan website dengan mudah dengan wordpress - catatan bunda 2020

Pengelolaan yang Mudah

7 alasan menggunakan wordpress berikutnya adalah kemudahan saat mengelola website. Seluruh pengaturan posting, tampilan website, update versi wordpress, update themes maupun plugin bisa dilakukan dalam satu dashboard website saja. Saat ada notifikasi untuk update,

Hal ini belum ditambah bila anda melibatkan tim untuk mengelola website. Anda bisa menambahkan anggota tim ke dalam website sebanyak yang anda suka. Peran satu orang dengan lainnya pun bisa dibedakan. Dengan demikian, anda tetap bisa menjaga keamanan dan privasi website. Bahkan, anda bisa mengelola dashboard website anda dari smartphone jika diperlukan.

SEO Friendly

Satu standar kami menggunakan wordpress ialah platform yang SEO friendly. Artinya, wordpress disusun sehingga mesin pencari Google menyukainya. Saat kita menulis konten artikel atau konten lainnya, maka ada peluang lebih besar dengan WordPress untuk menembus halaman satu Google.

Selain SEO friendly dari wordpress, anda masih bisa mengoptimasi SEO website lebih jauh lagi. Misalnya dari sisi themes hingga plugin wordpress. Anda bisa menggunakan plugin SEO yang sudah tersedia di daftar plugin WordPress. Dengan setting yang benar dan konten yang berkualitas tinggi, maka konten anda berpeluang merangsek ke halaman satu Google.

Platform yang Relatif Aman

7 alasan menggunakan wordpress berikutnya adalah alasan keamanan. Dari pengalaman kami mengelola blog Catatan Bunda dan website lainnya, kondisi keamanan website kami relatif baik. Tentu kualitas keamanan wordpress menjadi satu hal utama yang menjadi prioritas pihak pengembangnya.

Akan tetapi, yang namanya internet tentu tidak bisa lepas dari keberadaan pihak iseng dan jahat. Pasti ada saja pihak tertentu yang suka berbuat jahat terhadap website pihak lain. Tidak jarang kita mendengar kabar sebuah website yang diambil alih (di-hack) oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya anda mempersiapkan sistem keamanan tambahan pada website yang anda miliki. Lebih baik sedia payung sebelum hujan, setuju? πŸ˜€

Ramah Terhadap Berbagai Media

7 alasan menggunakan wordpress selanjutnya ialah ramahnya wordpress terhadap berbagai jenis media. Contohnya seperti yang sudah anda temukan di website catatanbunda.com. Kami menampilkan berbagai macam media sekaligus.

Mulai dari tulisan panjang berupa artikel. Ada juga konten yang berupa foto-foto keluarga maupun foto pendukung di dalam tulisan. Selain itu, kami juga menampilkan konten berupa video kami yang berasal dari channel Youtube. Tidak sampai di situ, beberapa kali kami juga mencantumkan konten audio dari channel Podcast Catatan Bunda di Anchor.

Sangat beragam, bukan? Jadi, ramahnya wordpress terhadap berbagai jenis media bisa sangat membantu kebutuhan content creator seperti kami sekeluarga.

dashboard website blog dengan platform wordpress - catatan bunda 2020

Fleksibilitas Tinggi

Faktor berikutnya yang membuat kami memilih platform WordPress ialah tingkat fleksibilitas yang sangat tinggi. Maksudnya, kami bisa menggunakan wordpress sebagai mesin untuk membuat berbagai jenis website.

Contoh websitenya seperti apa? Ada contoh blog yang saat ini anda nikmati tulisannya di catatanbunda.com. Lainnya, ialah membuat website bisnis seperti toko produk digital terbaru dari Catatan Bunda. Tidak hanya itu, wordpress juga bisa anda gunakan untuk membangun website dengan tujuan sebagai toko online.

Tidak sampai di situ, wordpress juga bisa dijadikan platform untuk membangun website dengan sistem membership. Selain itu, platform wordpress juga ramah untuk para course creator. Ingin membangun kursus online? Pertimbangkan untuk mengoptimalkan platform yang satu ini.

Ingin konsultasi dan tanya jawab seputar website / toko online? Silakan bergabung dengan klik link di bawah ini:

Konsultasi Website

Banyak banget ya? Fleksibilitas ini yang membuat kami semakin menyukai platform wordpress. Bagi teman-teman yang sudah jago, mungkin memiliki platform favoritnya masing-masing. Akan tetapi, bagi yang baru saja akan memulai perjalanan di dunia digital, semoga 7 alasan menggunakan WordPress ini bisa menjadi pertimbangan anda. Pada akhirnya, keputusan untuk memilih platform yang anda butuhkan berada di tangan anda sendiri.

Demikian ulasan sederhana kali ini tentang 7 alasan menggunakan WordPress. Semoga memberikan tambahan informasi bermanfaat untuk semua. Terimakasih banyak sudah berkenan menyimak. Sampai jumpa di cerita pengalaman kami selanjutnya πŸ˜€

(Visited 58 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *