Free Update

Dapatkan update mingguan GRATIS dari Catatan Bunda yang akan dikirim langsung ke alamat email Anda

33 Alternatif Kegiatan Bersama Anak – Panduan Untuk Orangtua

Alternatif kegiatan bersama anak. Sebuah panduan sederhana untuk dipraktekkan orangtua saat berada di rumah, berkumpul bersama dengan anak. Siapa sih orang tua yang tidak mau dekat dengan anak? Punya hubungan emosional yang dekat dengan anak?

Tentunya setiap orang tua menginginkan hal tersebut. Termasuk kami berdua mengidamkan supaya bisa lebih dekat dengan kedua anak kami. Lalu, bagaimana caranya supaya orang tua bisa lebih dekat dengan anak?

Salah satu cara yang bisa dilakukan tentunya adalah banyak hadir di dalam kehidupan anak. Banyak melakukan kegiatan dan aktivitas bersama dengan anak. Dengan melakukan banyak kegiatan atau aktivitas bersama-sama, baik anak maupun orang tua akan menyimpan memori indah tersebut di dalam dirinya.

Semakin banyak memori indahnya, semakin bermakna kegiatannya, maka akan terjalin ikatan batin dan emosional yang luar biasa antara orang tua dan anak. Kali ini kami coba berbagi sedikit panduan untuk orang tua, mengenai aneka ragam aktivitas yang biasa kami lakukan bersama kedua anak kami.

Semoga bermanfaat bagi anda semua ^_^

Alternatif Kegiatan Bersama Anak – Panduan Lengkap untuk Orang Tua

Alternatif kegiatan bersama anak ini tidak harus langsung dikerjakan serentak dan dalam waktu singkat. Aktivitas ini bisa dikerjakan secara fleksibel. Saya pun begitu.

Tujuan menyusun puluhan alternatif kegiatan bersama anak ini adalah berbagi ide dan inspirasi. Selain itu, kumpulan kegiatan ini menjadi gudang ide bagi saya. Supaya tidak kehabisan ide kegiatan yang bisa dikerjakan bersama anak di rumah.

Barangkali anda, para orang tua yang lain, memiliki aktivitas unik yang lain, saya dengan senang hati akan meniru dan mengadopsi kegiatan tersebut. Share kegiatan anda bersama anak di kolom komentar yaah πŸ˜€

Berikut ini ialah rangkaian alternatif kegiatan bersama anak yang sering keluarga kami lakukan bersama-sama.

Alternatif Kegiatan Bersama Anak – 10 Aktivitas Pertama

#1 MEMBACA BUKU

Kegiatan pertama yang biasa kami lakukan bersama anak ialah membaca buku. Buku apa saja.

Mulai dari buku yang berisi kisah Nabi dan Rasul, buku yang menceritakan berbagai kisah hikmah, hingga buku yang menceritakan ilmu pengetahuan.

Kebetulan Mirza juga suka sekali saat diceritakan atau dibacakan kisah dari sebuah buku oleh ayah atau saya. Dia akan menyimak dan mendengarkan dengan baik. Sesekali Mirza akan menanyakan hal yang tidak dia mengerti pada ayah ataupun saya.

Selesai membaca, memorinya akan menyerap informasi yang dia dapatkan dari buku yang baru saja diceritakan padanya. Terkadang, tiba-tiba akan muncul pertanyaan atau pernyataan dari mulutnya mengenai tema buku yang pernah dia dengarkan sebelumnya.

Kebetulan kakak banyak dapat “buku warisan” dari sepupu yang sudah pada gede. Jadi bahan bacaannya bisa langsung banyak.

#2 MEWARNAI GAMBAR

Aktivitas yang satu ini merupakan salah satu kegiatan favorit anak kami di rumah. Ya, kakak suka sekali mewarnai gambar. Saya amati, kakak sangat konsisten dan telaten saat mewarnai gambar.

Tidak bosan-bosannya kakak minta terus ke saya, β€œMa, kakak mau mewarnai buah apel”

Atau di lain kesempatan, β€œMa, kakak mau mewarnai gambar Iron Man”

Dan lain-lain.

Setelah mewarnai, kakak tidak mau gambarnya dibuang. Akan tetapi, saya ajarkan untuk menyimpan dan mendokumentasikan gambar yang sudah diwarnai. Jadilah tembok rumah kami penuh oleh beraneka gambar yang sudah diwarnai dengan penuh cinta oleh Kakak πŸ˜€

Anda bisa juga mencoba kegiatan dengan buah hati, salah satunya dengan mewarnai gambar bersama.

Download puluhan template mewarnai yang telah kami sediakan. KLIK DI SINI

#3 OLAH RAGA DI TEMPAT GYM BERSAMA AYAH

Ya, terkadang kami mengajak Mirza untuk mencoba kegiatan yang baru. Salah satu alternatif kegiatan bersama anak yang kami kerjakan ialah mengajak kakak ikut ayah untuk olahraga di tempat Gym.

Kakak ikutan nge-GYM ???

Tentu bukan mengikuti ayah untuk olahraga angkat bebannya πŸ˜€

Kebetulan di tempat gym langganan suami, ada satu aktivitas kegiatan atau olahraga yang ditujukan untuk anak-anak.

Namanya aktivitas Ninja Warrior. Diadakan 1x seminggu, biasanya pada hari Sabtu pagi. Jadi ayah bisa olahraga di gym sambil menemani kakak yang main-main di Ninja Warrior.

β€Ž#4 BERKREASI MEMBUAT KOLASE

Alternatif kegiatan bersama anak berikutnya ialah membuat kolase atau mozaik. Bahan-bahannya pun sederhana. Gampang ditemukan di rumah.

Tinggal berkreasi dengan bentuk gambar yang akan dibuat menjadi kolase atau mozaik. Bisa memilih gambar berbentuk hewan, tumbuhan, ataupun gambar pemandangan alam.

tips membatasi akses handphone
membuat kolase

Saat menyelesaikan kegiatan menyusun kolase ini, kakak bisa tenang dan menikmatinya sampai selesai. Saya pun mendampingi dan memberi contoh dulu di awal tentang bagaimana cara bermain kolase ini. Setelah mengetahui caranya, kakak bisa bergerak sendiri untuk menyelesaikan kolase gambarnya.

Tak lupa ditempelkan ke dinding saat mozaik gambarnya selesai disusun πŸ˜€

β€Ž#5 MAIN SEPEDA KELILING KOMPLEK

Saat sore hari, biasanya kakak dan adik akan saya ajak keluar rumah. Ketemu dengan teman-teman lainnya yang sekomplek. Kadang kakak main sama temannya.

Alternatif lainnya, saya ajakin aja kakak untuk main sepeda dan keliling komplek perumahan. Dari main sepeda, langsung ngebut deh si kakak. Happy banget saat bisa naik sepeda keliling komplek perumahan.

Sedangkan saya, bisa sambil menyuapi makanan untuk adik. Saat adik selesai makan dan sudah menjelang Maghrib, baru saya ajakin kakak untuk selesai main sepeda dan masuk kembali ke rumah.

Bisa jadi satu alternatif kegiatan bersama anak yang sederhana dan gampang dilakukan. Pas cuaca cerah ya ngajak main keluarnya πŸ˜€

β€Ž#6 KELILING KOMPLEK NAIK MOBIL

Gimana sih rasanya bosen di rumah, tetapi belum lancar bicara untuk menyampaikannya? Mungkin begitu yang dirasakan saat kakak kecil dulu. Saat itu, ayah akan ngajakin kakak untuk keliling komplek perumahan dengan naik mobil. Simple.

Gitu aja sudah seneng banget. Berasa diajak jalan dan pergi jauh. Hehehe πŸ˜€

Sekarang kakak sudah gede, jadi tidak pernah lagi diajak dengan metode ini. Akan tetapi, dilanjutin ke adik, yang masih kecil. Aktivitas sederhana ini bisa jadi satu senjata saya dan suami sebagai alternatif kegiatan bersama anak, terlebih saat anak bosen di rumah.

β€Ž#7 LATIHAN MENULIS DI WHITEBOARD

Aktivitas lainnya yang biasa saya lakukan bersama anak-anak ialah menulis di papan whiteboard. Ukurannya tidak terlalu besar. Sedang-sedang saja. Ditempelkan di dinding, setinggi anak saya, yang penting mereka bisa menjangkaunya untuk menulis atau menggambar di papan whiteboard tersebut.

Lalu, apa saja yang biasa kami lakukan dengan papan whiteboard?

Yang sederhana saja. Mulai dari menulis huruf awalnya. Melatih kakak untuk mengenal dan menulis namanya sendiri. Bagaimana bentuk hurufnya dan bagaimana cara mengeja namanya.

Saya memberikan contoh dulu, bagaimana cara menulis namanya. Setelah itu, kakak tinggal mengikuti bentuk tulisan yang saya contohkan di atas.

Baca juga  Jalan-Jalan di Ciwalk, Menghabiskan Waktu Libur Idul Fitri Bersama Anak

β€Ž#8 LATIHAN MENULIS DI BUKU

Selain menulis di papan whiteboard, alternatif kegiatan bersama anak yang biasa saya lakukan, ialah dengan menulis di buku tulis. Tujuannya?

Tidak lain tidak bukan, supaya kakak terbiasa dan terlatih untuk menulis di buku. Tak perlu menulis yang rumit, dan tidak perlu dipaksakan untuk langsung bagus hasilnya. Nikmati saja. Perlahan-lahan diberikan contoh tulisan.

Selain namanya sendiri, kami mengenalkan bagaimana bentuk tulisan dan ejaan nama ayah, mama, dan adik.

β€Ž#9 MENGGAMBAR

Aktivitas berikutnya yang biasa kami lakukan ialah menggambar bersama-sama. Medianya cukup menggunakan kertas HVS dan alat mewarnai seperti pensil warna, crayon, atau spidol.

Menggambar apa saja. Bebas.

Terkadang saya memberikan cerita dulu, lalu mengajak kakak untuk mencoba menggambar sesuai dengan tema yang saya ceritakan di awal. Selesai menggambar, lalu dilanjutkan dengan mewarnai apa yang telah digambar.

mirza melukis kaos - catatanbunda
mirza melukis kaos

Bahkan kakak beberapa kali menggambar dengan media kaos, mulai dari kaos milik ayah, miliknya sendiri, hingga kaos milik adik. Hehehe πŸ˜€

#10 MANDI HUJAN

Ini merupakan salah satu kegiatan asyik yang ditunggu-tunggu oleh kakak. Ya, saya sering mengajak kakak untuk hujan-hujanan di luar rumah. Tentu saat hujannya deras ya πŸ˜€

Kalo cuma gerimis dan kecil saja hujannya, tentu tidak enak saat bermainnya. Saat hujan deras, kakak akan langsung keluar, lalu berlarian di jalan depan rumah.

alternatif kegiatan bersama anak - main hujan
kakak main hujan

Enjoy banget si kakak saat menikmati alternatif kegiatan bersama anak ini. Sampai beberapa foto bisa saya abadikan dan melihat gimana ekspresi cerianya saat bermain air hujan. Tak perlu terlalu lama, secukupnya saja. Selesai main air hujan, kami lalu masuk ke rumah untuk mandi dan membersihkan tubuh πŸ˜€

10 Aktivitas Kedua

#11 JALAN KAKI KELUAR KOMPLEK

Biasanya saya ngajak suami dan anak untuk jalan kaki keluar komplek perumahan. Kebetulan jalan masuk untuk ke komplek saya nanjak lumayan tinggi. Jadi seru saat dipakai untuk jalan kaki. Lumayan menguras energi dan tenaga.

Sambil berjalan kaki, kami sambil cerita-cerita. Apa aja bisa digunakan untuk bahan cerita. Mulai dari cerita kakak dan teman-temannya saat di sekolah, pemandangan di sepanjang perjalanan, dan banyak bahan cerita lainnya.

Biasanya alternatif kegiatan bersama anak ini tidak terlalu lama. Secapeknya kakak saja. Beda halnya kalo jalan kaki berdua bareng suami saja, tanpa bawa anak.

Bisa lebih jauh ke atas. Paling tidak sampai menikmati sunrise (matahari terbit). Pemandangannya indah di atas sana. Bisa melihat banyak pemandangan di kota Bandung. Mulai dari pepohonan, rumah, awan, hingga matahari terbit.

Kami seringnya memilih hari libur sekolah, antara sabtu dan minggu untuk berjalan kaki saat pagi hari.

#12 PERGI KE TAMAN KOTA BANDUNG

Pilihan lain yang bisa kami manfaatkan untuk beraktivitas bersama anak ialah main ke taman yang ada di kota Bandung. Tamannya banyak banget. Belum semuanya kami kunjungi juga, hehehe πŸ˜€

Kakak seneng banget saat diajak main dan jalan-jalan ke taman. Beberapa taman kota Bandung yang pernah kami kunjungi, diantaranya:

  1. Taman Jomblo di bawah Jembatan Pasupati
  2. Taman Superhero di jalan Bengawan
  3. Taman Sejarah yang lokasinya ada di Jalan Aceh (sebelah kantor Pak Walikota Bandung)
  4. Taman Balaikota Bandung
  5. Taman Lansia di sebelah Gedung Sate
  6. Taman Lalu Lintas di Jalan Belitung
  7. Taman Cibeunying

Saat di taman superhero, bisa melihat berbagai patung superhero seperti Spiderman, Gatotkaca, Ironman, Thor dan lain-lain. Sayangnya patung-patung tersebut tidak terlalu awet.

Saat beberapa kali kesana, kondisi patungnya ada yang sudah mulai rusak. Sedangkan saat bermain di Taman Sejarah, kakak asik main air di kolam yang ada di Taman. Tips dan triknya kami bagi di artikel terkait.

Masih banyak lagi taman kota Bandung yang harus kami kunjungi. Stay tune terus ya di Blog kami untuk update cerita berikutnya πŸ˜€

#13 MENGINAP DI HOTEL

Nah, kegiatan yang satu ini memang tidak terlalu sering. Lumayan juga kalo terus-terusan menginap di hotel πŸ˜€

Biasanya kami main dan menginap di hotel yang masih di dalam kota Bandung. Buat apa? Sekedar menikmati suasana aja.

Supaya kakak dan adik bisa merasakan suasana hotel, punya pengalaman menginap di hotel. Bisa cerita ke teman atau gurunya saat diperlukan. Untuk kegiatan menginap di hotel dalam kota Bandung ini kami lebih memilih hotel bintang 4 atau bintang 5 sekaligus. Kenapa?

Biar maksimal fasilitasnya dan nyaman juga saat menginap di sana. Saat traveling, biasanya ada biaya transportasi dan akomodasi penginapan yang memakan porsi paling besar dari budget biaya traveling.

Nah, karena biaya transportasi kami kecil (dalam kota ini), jadi budgetnya bisa kami maksimalkan ke biaya menginap hotel. Kami biasa mencari tiket hotel di berbagai aplikasi terkenal. Paling sering di aplikasi Agoda dan Traveloka. Tinggal bandingkan saja harganya, mana yang lebih murah.

Biasanya kami hanya menginap di hotel 1 malam saja, lalu keesokan harinya langsung pulang ke rumah. Bahkan terkadang kami pulang dari hotel, 15 menit kemudian sudah sampai ke rumah πŸ˜€

#14 BERENANG

Alternatif kegiatan bersama anak yang berikutnya ialah berenang. Main air sih lebih tepatnya πŸ˜€

Kami bisa memanfaatkan momen saat sedang menginap di hotel untuk mengajak anak-anak berenang (baca: main air) πŸ˜€

Jadi, saat kami memilih hotel, biasanya memilih hotel yang memiliki fasilitas kolam renangnya. Di samping fasilitas lainnya seperti koneksi internet (Wi-Fi) dan tempat gym. Walaupun hanya 1 malam, anak-anak bisa puas main air di kolam renang hotel. Mereka minimal bisa 2 kali main air selama menginap di hotel.

Tujuan kami menginap memang salah satunya membuat anak-anak happy, biar mereka libur, refreshing, dapat suasana baru. Jadi, puas-puasin saja untuk berenang.

alternatif kegiatan bersama anak - berenang
berenang di kolam sabuga

Selain berenang saat di hotel, kami biasa memilih kolam renang umum sebagai tempat berenang untuk anak-anak. Beberapa lokasi yang pernah kami coba, diantaranya kolam renang Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) dan kolam renang Siliwangi.

#15 ANTAR JEMPUT ANAK KE SEKOLAH

Saat tulisan ini ditulis, kakak sudah mulai sekolah di TK dekat rumah. Jadi salah satu kegiatan rutin saya dan suami tiap pagi ialah mengantar kakak berangkat ke sekolah. Lalu saat siang, kami menjemput kakak pulang dari sekolah.

Jika suami saya tidak sempat, tugas saya lah untuk mengantar dan menjemput kakak dari sekolah. Jadi fleksibel saja. Kegiatan sederhana ini bisa menjadi bahan cerita kami untuk kakak.

Bahwa kakak harus bersyukur dan berterimakasih pada Allah SWT, karena berangkat ke sekolah, pulang lagi ke rumah, bisa didampingi oleh orang tua (mama atau ayah).

Coba lihat anak-anak yang lain. Ada yang diantar dan dijemput sekolah oleh tukang ojek. Ada juga yang diantar dan jemput oleh kakeknya. Kami ingin menyampaikan pesan ke kakak bahwa orang tua akan selalu ada untuk mendampinginya sampai kapanpun.

Baca juga  Perumahan Chevron Duri, Cerita Berlibur di Rumah Kakak

#16 MEMBUAT MAINAN SPINNER

Beberapa waktu yang lalu, diadakan acara Market Day di sekolah kakak. Singkat cerita, kami akhirnya membuat mainan berupa Spinner dari barang bekas. Hingga akhirnya laku terjual saat acara Market Day berlangsung.

Sampai saat ini pun, membuat spinner dari barang bekas ini masih terus dilakukan oleh kakak. Kakak sering membuat mainan ini, lalu saat ada teman yang main ke rumah, spinner ini dihadiahkan ke temannya.

proses pembuatan spinner mirza
proses pembuatan spinner mirza

#17 MEMBUAT PLAYDOH

Alternatif kegiatan bersama anak lainnya ialah saya mengajak dan mengajari kakak untuk membuat playdoh sendiri. Tentunya dari bahan yang saya pilih sendiri dengan keamanan yang baik.

Saya mengajari kakak dulu, bagaimana cara dan langkah-langkah membuat playdoh sendiri. Lalu, kakak pilih, mau warna apa untuk playdohnya. Kakak biasa memilih warna merah, hijau, biru atau kuning untuk playdohnya.

Setelah jadi, kakak akan asyik bermain playdoh, membuat bentuk sendiri dari playdoh atau kreasi bentuk tertentu yang dibayangkan oleh kakak sebelumnya.

#18 PERGI KE TOKO BUKU

Jalan-jalan ke toko buku menjadi aktivitas asyik berikutnya. Biasanya kami ke toko buku yang dekat dari rumah, seperti toko buku Togamas dan Rumah Buku yang ada di Jalan Supratman Bandung.

Alternatif lainnya, kami pergi ke toko buku Gramedia yang ada di Jalan Merdeka, seberang Mall BIP (Bandung Indah Plaza). Di toko buku, kami bisa melihat-lihat banyak buku yang menarik. Terlebih bagi kakak Mirza dan suami saya.

Mereka bisa tenggelam dan melihat-lihat berbagai macam buku di toko buku tersebut. Minimal mereka berdua akan beli masing-masing 1 buku. Bahkan kadang bisa lebih banyak.

Jadi, di rumah kami ada banyak sekali buku, mulai dari buku kakak sampai buku bacaan ayah yang sudah tersimpan di rak buku.

#19 PERGI KE MUSEUM GEOLOGI KOTA BANDUNG

Kegiatan yang satu ini juga sangat murah dan terjangkau. Terkadang kami mengajak kakak dan adik untuk jalan-jalan ke Museum Geologi. Museum ini terletak di Jalan Diponegoro kota Bandung, seberang Taman Lansia.

Harga tiket masuk ke Museum Geologi juga sangat murah. Di sini kakak bisa melihat bentuk berbagai jenis dinosaurus dalam bentuk tulang belulang. Selain itu, ada video yang berisi kejadian menarik lainnya, seperti video tentang sejarah kejadian terbentuknya bumi.

Dari kegiatan seperti ini, akan banyak sekali cerita yang bisa kita olah untuk diceritakan pada anak. Anda bisa menemukan kreasi cerita dan kisah saat anda masuk ke Museum Geologi atau museum-museum lainnya.

#20 BERKUNJUNG KE RUMAH TEMAN

Tak jarang kami mengajak kakak dan adik untuk pergi berkunjung ke rumah teman. Baik itu teman saya ataupun teman suami. Saat sampai ke rumah teman, biasanya anak-anak akan berinteraksi dengan anak dari teman. Selanjutnya mereka akan bermain bersama.

Sementara kami bisa bersilaturahmi dan ngobrol dengan teman, membicarakan banyak hal. Mulai dari cerita masa sekolah, kuliah hingga strategi berbisnis.

10 + 3 Aktivitas Ketiga

#21 MENYUSUN DAN MERAPIKAN MAINAN YANG BERSERAKAN

Namanya anak-anak, tidak akan lepas dari hal yang namanya bermain. Begitu juga dengan kakak dan adik. Setiap hari selalu bermain dengan mainan yang ada di rumah dan setiap hari juga rumah akan sangat heboh (baca: berantakan) dari hasil bermain mereka.

Mulai dari mainan kecil sampai mainan besar seperti mobil-mobilan. Bisa tersebar di banyak penjuru rumah πŸ˜€

Oleh sebab itu, alternatif kegiatan bersama anak ini diinspirasi oleh kegiatan bermain mereka. Bagaimana caranya?

Yaitu dengan mengajak kakak dan adik untuk memasukkan dan merapikan kembali mainan mereka ke dalam tempat mainan yang sudah tersedia.

#22 MAIN MENYUSUN BRICKS (LEGO)

Salah satu mainan favorit kakak ialah mainan model bricks, seperti merk Lego. Salah satunya. Jika sudah berhadapan dengan mainan bricks, bisa lama dan betah berkreasi. Menyusun berbagai bentuk hasil imajinasi pikirannya.

Atau terkadang menyusun yang sudah ada pattern atau pola tertentu. Seperti membentuk sebuah bangunan atau rumah.

alternatif kegiatan bersama anak - menyusun mainan lego
menyusun mainan lego atau bricks

Setelah itu biasanya kakak akan bercerita pada kami, tadi dia membuat bentuk apa saja dari mainan bricks. Tentu kami tidak selalu membeli mainan bricks dengan merk Lego.

Masih banyak alternatif merk lain yang harganya lebih bersahabat, lebih ekonomis dengan fungsi yang sama. Jika anda tertarik, bisa browsing saja lewat marketplace seperti Shopee, Tokopedia atau Bukalapak untuk mendapatkan mainan model seperti ini dan menjadi salah satu pilihan dan alternatif kegiatan bersama anak di rumah.

alternatif kegiatan bersama anak - menyusun mainan bricks

Salah satu kreasi lego kakak Mirza bisa anda nikmati pada video berikut ini:

#23 JALAN KE CAR FREE DAY DAGO

Saat hari Minggu, banyak pilihan tempat yang bisa dikunjungi saat anda tengah liburan di Bandung. Baik wisata dengan keluarga atau rekreasi santai dengan teman-teman. Salah satunya ialah jalan pagi di Car Free Day di Jalan Dago.

Jika ingin menikmati sejuknya udara pagi dan jalanan yang belum padat, ada baiknya anda sudah ada di lokasi sekitar jam 6 pagi WIB. Dijamin, anda bisa berjalan kaki dengan sangat santai dan menikmati dinginnya udara Bandung di pagi hari.

Demikian pula halnya kami sekeluarga, saat memilih alternatif kegiatan bersama anak di akhir pekan dengan berjalan di Car Free Day Dago. Kami sudah bisa berada di jalan Dago sekitar jam 6.00 – 6.30 WIB, lalu bisa langsung menyusuri sepanjang Jalan Dago sambil menikmati berbagai pemandangan dan kegiatan dari masyarakat di sana.

Tak jarang juga kami membeli makanan atau minuman yang dijual pedagang di sepanjang jalan.

#24 JALAN DI LAPANGAN GASIBU

Satu pusat kegiatan masyarakat saat hari Minggu ada di Lapangan Gasibu. Kami memilih lokasi ini sebagai salah satu alternatif kegiatan bersama anak. Ya, area terbuka ini menyediakan ruang bagi masyarakat kota Bandung untuk bisa jogging, jalan santai hingga duduk santai menikmati suasana.

Jika anda ingin belanja di sini, tinggal berjalan ke arah kantor Telkom Japati yang ada di seberang lapangan Gasibu. Ada banyak sekali pedagang yang dipusatkan lokasinya, sehingga akan ramai sekali di sana.

Pilihan lainnya, bisa jalan kaki ke sekeliling Taman Lansia, Jalan Diponegoro hingga ke Jalan Trunojoyo. Masih ada pedagang yang berjualan, tetapi tidak sepadat yang ada di sekitar Gedung Telkom.

Kakak di sini bisa jalan santai hingga mengajak berlari keliling lapangan Gasibu. Lumayan, bisa dapat beberapa keliling sampai kakak yang kecapekan πŸ˜€

#25 MENDENGARKAN AYAH MENGAJI

Pilihan aktivitas lainnya yang biasa kami lakukan saat bersama dengan anak ialah mendengarkan ayah saat mengaji. Jika bukan orang tua yang mengenalkan ayat suci Al-Quran ke anak, maka siapa lagi yang bisa?

Baca juga  Perpustakaan Kota Bandung, Edukasi Anak Belajar Sambil Bermain

Dan tidak seharusnya para orang tua, termasuk kami berdua, menggantungkan pendidikan agama Islam sepenuhnya ke sekolah dan para guru. Tangungjawab utama tetap ada di tangan para ayah dan ibu.

Anak merupakan titipan amanah dari Allah SWT untuk para orang tua. Bukan titipan untuk mertua, asisten rumah tangga (pembantu). Bukan juga titipan untuk para guru di sekolah.

#26 MENGULANG BACAAN MENGAJI DI SEKOLAH

Saat di sekolah, Mirza belajar untuk mengenali dan membaca huruf arab sebagai dasar untuk mengaji Al-Quran. Nah, saya menggunakan kegiatan ini sebagai dasar untuk mengajak kakak berkegiatan saat di rumah. Yaitu dengan membaca bersama apa yang diajarkan di sekolah.

Bukan memaksa untuk menghafal. Akan tetapi, lebih pada partisipasi bersama, antara orang tua dan anak. Dari perjalanan selama ini, saat membaca bersama-sama, kakak bisa lebih mudah saat mengingat bacaan hurufnya.

#27 NAIK BUS BANDROS

Kegiatan wisata yang bisa dinikmati saat anda berekreasi ke kota Bandung ialah naik Bus Bandros, yang merupakan singkatan dari Bandung Tour on Bus.

Bus yang satu ini akan mengajak anda untuk berkeliling kota Bandung dengan perjalanan yang santai. Bahkan anda bisa duduk di lantai dua (bagian atas bus) sambil melihat pemandangan kota Bandung.

alternatif kegiatan bersama anak - naik bus bandros
naik bus bandros

Saat itu, kami mengajak kakak untuk keliling kota naik Bus Bandros. Naik dari Taman Cibeunying lalu jalan menuju Gedung Sate hingga ke Jalan Asia Afrika dan berlanjut ke Jalan Braga. Hingga akhirnya kembali lagi ke Taman Cibeunying.

Tarif Bus Bandros saat itu sekitar Rp 20.000 atau Rp 25.000 per orang.

Bisa anda jadikan satu alternatif kegiatan bersama anak ya. Baik anda yang tinggal di Kota Bandung maupun anda yang sedang berwisata dan berlibur di kota Bandung.

#28 JALAN DI ALUN-ALUN DAN MASJID AGUNG KOTA BANDUNG

Pengalaman selanjutnya yang kami lakukan saat berkegiatan dengan anak ialah mengajak jalan-jalan ke Alun-Alun dan Masjid Agung Kota Bandung. Lokasinya ada di Jalan Asia Afrika.

Jika bawa kendaraan sendiri, anda bisa parkir di basement yang sudah disediakan.

rekomendasi wisata keluarga bandung yang ramah anak - masjid agung dan alun-alun bandung 2
suasana alun-alun

Di sini, kakak bisa jalan-jalan keliling masjid Agung, lalu menikmati alun-alun Kota Bandung yang hijau dan sangat luas. Pengalaman aktivitas ini akan sangat menarik bagi anak dan tidak memerlukan waktu atau biaya yang besar. Jadi mudah untuk dipraktekkan.

#29 JALAN KAKI KE MASJID

Salah satu kegiatan favorit kakak ialah jalan kaki ke masjid yang ada di komplek perumahan kami. Masjid juga sangat dekat lokasinya, cukup 5 hingga 10 menit berjalan kaki dari rumah. Terkadang kakak lebih suka naik sepeda untuk berangkat ke masjid.

Saya ijinkan saja. Yang penting kakak bisa tertarik dulu untuk rajin berangkat ke masjid bersama ayah.

#30 MAIN KE AREA PERMAINAN ANAK

Satu kegiatan di luar rumah yang bisa dilakukan para orangtua dengan anak, yaitu dengan mengajak anak untuk bermain di area permainan khusus. Seperti yang kami lakukan saat bermain bersama anak di Kidzoona yang ada di Paskal Hyper Square Bandung.

Ada harga tiket khusus yang harus dibayar saat akan bermain di sini. Di sini kakak dan adik bisa bebas bermain dengan berbagai jenis permainan. Anda bisa mempertimbangkan untuk menjadikan ini sebagai alternatif kegiatan bersama anak. Tidak perlu lama-lama saat bermain di sana.

Bermain 1 jam saja sudah cukup. Yang penting anak bisa menikmati selama bermain di sana dan ada pengalaman (experience) khusus yang mereka rasakan saat bermain di tempat yang baru dan berbeda dari biasanya.

Atau bisa juga menikmati suasana di alam terbuka, seperti di lokasi Orchid Forest Cikole Lembang. Satu tempat wisata alam yang harus anda kunjungi saat berada di Bandung.

#31 MENEMANI AYAH BEKAM

Kegiatan yang satu ini baru saja kami lakukan beberapa hari yang lalu. Saat terpikir untuk perawatan tubuh secara rutin, terlintas kata β€œBEKAM” di pikiran kami.

Tanpa pikir panjang, saya dan suami langsung pergi ke tempat bekam yang dekat dengan rumah. Kami biasa bekam di BRC, singkatan dari Bekam and Ruqyah Centre. Lokasinya ada di komplek pertokoan Surapati Core yang terdekat dari rumah kami.

Berapa biaya untuk melakukan bekam?

Biayanya Rp 65.000 / orang untuk bekam. Jika ingin menambah titik yang akan dibekam, maka dikenakan tambahan biaya lagi sebesar Rp 5.000 / titik bekam. Saya terpikir untuk mengajak kakak supaya kakak mengenal bekam dan bisa melihat ayah saat proses bekam berlangsung.

Tentunya sambil kami lakukan penjelasan ke kakak, mengenai apa itu bekam, dan apa saja manfaat dari melakukan bekam secara rutin. Kakak pun bisa mengikuti penjelasan kami dengan balik bertanya apa-apa yang dia belum paham.

Sebuah pengalaman baru untuk kakak dan jadi satu alternatif kegiatan bersama anak yang bisa kami lakukan dalam waktu-waktu ke depan.

#32 NAIK KUDA

Kegiatan yang satu ini bisa dilakukan di beberapa lokasi yang ada di Kota Bandung. Beberapa lokasi tersebut ialah di sekitar Jalan Cisangkuy dan Taman Lansia, lalu ada lagi di Jalan Ganesha (depan kampus ITB).

Anda akan dibawa berkeliling Taman Lansia atau keliling jalan Ganesha hingga ke jalan Gelapnyawang dengan menggunakan kuda. Jika anak anda masih belum berani, anda bisa mendampingi dengan naik satu kuda bersama anak anda.

Sekali sewa kuda bisa bervariasi, berkisar Rp 20.000 hingga Rp 35.000 / satu keliling.

alternatif kegiatan bersama anak - naik kuda
naik kuda di jalan ganesha

#33 MEMBUAT PIZZA

Aktivitas yang satu ini pernah dirasakan oleh kakak bersama dua orang temannya. Alternatif kegiatan bersama anak ini kami ikuti di Restoran Domino’s Pizza yang ada di Jalan Buah Batu Bandung.

Mirza dan kedua temannya pun enjoy saat mengikuti arahan dari instruktur yang mendampingi saat proses mengolah pizza sendiri. Cara mendaftarnya pun sangat mudah. Hanya dengan menghubungi nomor telepon Domino’s Pizza untuk informasi yang lebih lengkap dan detail.

Waktu yang dibutuhkan saat menjalani kegiatan ini tidak terlalu lama. Durasi waktu kegiatan membuat pizza di Domino’s Pizza ini sekitar 1 sampai 2 jam saja.

alternatif kegiatan bersama anak - memasak pizza
Mirza beraksi membuat pizza

Demikian kisah kami mengenai alternatif kegiatan bersama anak. Ke depannya akan kami update informasinya saat ada kegiatan baru yang kami kerjakan bareng putra dan putri kami.

Nah, dari puluhan rangkaian dan alternatif kegiatan bersama putra-putri ini, mana yang jadi favorit anda? Atau anda punya aktivitas lain bersama anak?

Kami persilakan untuk share dan bercerita di kolom komentar ya, supaya kami juga bisa belajar dari pengalaman ayah dan bunda sekalian πŸ˜€

(Visited 380 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe Channel Youtube

Copyright 2017 Blog Catatan Bunda